ABSTRAK
Siti Dwi
Setiawati (21150060), Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi pada PT Prudential Life
Assurance Cabang Pru Cahaya Jakarta Selatan
Perkembangan zaman yang terus meningkat tidak dapat
dipungkiri bahwa asuransi
kesehatan penting bagi setiap orang guna melindungi dirinya dan keluarganya
dari risiko keuangan yang disebabkan oleh biaya medis yang tinggi. Membayar
dari dana sendiri untuk perawatan di rumah sakit, walaupun untuk waktu yang
singkat, bisa menjadi sangat mahal. Penelitian ini dilakukan di PT Prudential
Life Assurance Cabanf Pru Cahaya Jakarta Selatan dengan metode deskriptif
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena di dalamnya.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosedur pengajuan klaim asuransi adalah
dengan melengkapi segala persyaratan pengajuan klaim yang sudah tertera pada
SOP klaim atau buku polis nasabah, kemudian seluruh dokumen diserahkan kepada
agen untuk diteruskan ke bagian kantor pusat agar segera diproses dan
ditindaklanjuti. Proses prosedur pengajuan klaim asuransi sudah sesuai dengan
SOP, dalam syarat-syarat dan dokumen yang digunakan sudah cukup lengkap dan
memadai. Untuk memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim sebaiknya agen atau
leader memberikan penjelasan secara detail mengenai persyaratan yang
dibutuhkan.
TA_File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf
TA-SK_File_1 Lembar Judul.docx
TA-SK_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.docx
TA-SK_File_15 Surat Keterangan PKL.docx
TA-SK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.docx
TA-SK_File_3 Lembar Persetujuan Pubikasi Karya Ilmiah.docx
TA-SK_File_13 Daftar Pustaka.docx
TA_File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf
TA_File_12-Bab-IV-Penutup.pdf
TA_File_9-Bab-I-Pendahuluan.pdf
TA-SK_File_7 Abstraksi.docx
TA-SK_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.docx
TA-SK_File_16 Lampiran-Lampiran.docx
TA-SK_File_6 Kata Pengantar.docx
TA-SK_File_8 Daftar Isi, Daftar Simbol, Daftar Tabel, Daftrar Gambar, Daftar Lampiran.docx
DAFTAR PUSTAKA
A, W. O. S. N., Asis, I., & Lisnawaty. (2017). Studi Proses Pengajuan
Klaim Pasien BPJS Instalasi Rawat Inap Rumah Ssakit Umum Daerah Kota Kendari
Tahun 2017, 2(6), 1–14. Retrieved from
ojs.uho.ac.id
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/klaim
Hansen, S., & Rostiyanti, S. F. (2017). Perspektif
Pemilik Proyek Terhadap Permasalahan Dalam Manajemen Klaim Konstruksi. Jurnal
Spektran; Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5, No. 2, Juli 2017, 5(2),
122–129. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/32934
Hasan, N. I. (2014). Pengantar Asuransi Syariah.
Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Nitisusastro, M. (2013). Ausransi dan Usaha Perasuransian
di Indonesia. Bandung: Alfabeta.
PRU Fast Start. (2017). Jakarta: PRU
Sales Academy.
Puspitasari, N. (2015). Manajemen Asuransi Syariah.
Yogyakarta: UIII Press.
Rohmawati, A. A., Diba, F., & Saepudin, D. (2017).
Pemodelan dan Simulasi Peluang Kebangkrutan Perusahaan Asuransi dengan Analisis
Nilai Premi dan Ukuran Klaim Berdistribusi Eksponensial, 2, 1–10.
https://doi.org/10.21108/indojc.2017.22.147
Sunyoto, D., & Putri, W. H. (2017). Manajemen Risiko
dan Asuransi. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Syamsiar, R. (2013). Manfaat Dan Mekanisme Penyelesaian Klaim
Asuransi Prudential. Jurnal Ilmu Hukum, 7(1), 355–362. Retrieved
from jurnal.fh.unila.ac.id
DAFTAR RIWAYAT
HIDUP
A.
Biodata
Mahasiswa
NIM :
21150060
Nama Lengkap : Siti Dwi Setiawati
Tempat & Tgl Lahir : Jakarta, 26 September 1996
Alamat Lengkap : Jl Kemang Utara G RT002/001 No 179
Kel
Bangka Kec Mampang Prapatan Jak-Sel 12730
B.
Riwayat
Pendidikan Formal
1.
SDN
07 Pagi Pela Mampang 2008, Jakarta Selatan
2.
SMPN
104 2011, Jakarta Selatan
3.
SMK
Al Hidayah 1 2014, Jakarta Selatan
C.
Riwayat
Pengalaman Berorganisasi / Pekerjaan
1.
Perbantuan
Kasir di Matahari Dept Store Pejaten Village Juni-Juli2014
2.
Staff
Admin di Surya Agency Agustus 2014-Feb 2015
3.
Staff
Admin di PT Cahaya Berkah Insani Maret 2015-sekarang.
Foto 3x4 Scan |
Jakarta,
12 Juli 2018
Siti
Dwi Setiawati
SURAT KETERANGAN
No.002/HRD-CBI/IV/2018
Yang
bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
Dian Reynita Sari
Jabatan : Office Manager
Dengan
ini menerangkan bahwa, yang tersebut dibawah ni :
Nama :
Siti Dwi Setiawati
NIM :
21150060
Alamat : Jl Kemang Utara G RT002/001 No 179 Kel
Bangka Kec Mampang Prapatan Jakarta Selatan 12730
adalah
benar melakukan Magang/Riset di PT Cahaya Berkah Insani Jakarta Selatan
terhitung mulai tanggal 01 Januari 2018 sampai dengan tanggal 30 Maret 2018,
dan yang bersangkutan telah melakukan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung
jawab.
Demikian
Surat Keterangan ini dibuat dengan benar, untuk dapat dipergunakan sebagaimana
mestinya.
Jakarta,
01 April 2018
Dian
Reynita Sari
Office
Manager
DAFTAR
PERTANYAAN WAWANCARA
Nama Pewawancara :
Siti Dwi Setiawati
Tanggal Wawancara :
02 Januari 2018
Lokasi Wawancara :
Menara 165 Lt 8 PT Prudential Life
Assurance (PRUCAHAYA) Jl TB Simatupang Kav 1
Cilandak Timur Jakarta Selatan 12560
Nama Narasumber :
Endah Muthiah
Institusi Narasumber :
PT Prudential Life Assurance
Jabatan / Posisi :
GA Owner
1.
Bagaimanakah prosedur dan
persyaratan untuk pengajuan klaim pada PT Prudential Life Assurance cabang Pru
Cahaya Jakarta Selatan?
Jawaban : Untuk pengajuan klaim disini tidak berbeda
jauh dengan pengajuan klaim asuransi di perusahaan lain. Nasabah hanya perlu
melampirkan dokumen-dokumen dari rumah sakit kemudian diberikan ke agen yang
mengurusnya, selanjutnya semua proses akan dibantu oleh agen tersebut.
2.
Bagaimanakah hasil dari pengajuan
klaim di PT Prudential Life Assurance cabang Pru Cahaya Jakarta Selatan, lebih
banyak klaim yang diapproved atau
ditolak?
Jawaban : Untuk pengajuan klaim, sejak kantor ini
berdiri yang saya tahu lebih banyak klaim yang di bayarkan dari pada yang
ditolak.
3.
Apakah penyebab dari penolakan
klaim di PT Prudential Life Assurance cabang Pru Cahaya Jakarta?
Jawaban :
Biasanya beberapa klaim yang ditolak bisa disebabkan karena kecurangan nasabah
yang tidak menyebutkan penyakit yang sudah ada pada pengajuan pertama, atau
bisa di karenakan nasabah mempunyai penyakit yang sudah ada sebelumnya.
4.
Kendala apa sajakah yang
menyebabkan klaim tidak di proses oleh PT Prudential Life Assurane?
Jawaban :
Kendala yang sering terjadi disini biasanya nasabah tidak melampirkan dokumen
secara lengkap.
5.
Dari kendala tersebut seperti
kekurangan dokumen klaim, biasanya apa yang di lakukan untuk mengatasi kendala
tersebut?
Jawaban :
Nasabah hanya perlu meminta kembali ke pihak rumah sakit tempat nasabah
dirawat.
Lampiran A.1.
Lampiran A.2.
Lampiran A.3.
Lamiran A.4.
Lampiran A.5.
Lampiran A.6.
Lampiran A.7.
Lampiran A.8.
Lampiran A.9.
Lampiran A.10.