PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM ASURANSI PADA PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE CABANG PRU CAHAYA JAKARTA SELATAN

research
  • 21 Dec
  • 2018

PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM ASURANSI PADA PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE CABANG PRU CAHAYA JAKARTA SELATAN

ABSTRAK

Siti Dwi Setiawati (21150060), Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi pada PT Prudential Life Assurance Cabang Pru Cahaya Jakarta Selatan

 

Perkembangan zaman yang terus meningkat tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi kesehatan penting bagi setiap orang guna melindungi dirinya dan keluarganya dari risiko keuangan yang disebabkan oleh biaya medis yang tinggi. Membayar dari dana sendiri untuk perawatan di rumah sakit, walaupun untuk waktu yang singkat, bisa menjadi sangat mahal. Penelitian ini dilakukan di PT Prudential Life Assurance Cabanf Pru Cahaya Jakarta Selatan dengan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena di dalamnya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosedur pengajuan klaim asuransi adalah dengan melengkapi segala persyaratan pengajuan klaim yang sudah tertera pada SOP klaim atau buku polis nasabah, kemudian seluruh dokumen diserahkan kepada agen untuk diteruskan ke bagian kantor pusat agar segera diproses dan ditindaklanjuti. Proses prosedur pengajuan klaim asuransi sudah sesuai dengan SOP, dalam syarat-syarat dan dokumen yang digunakan sudah cukup lengkap dan memadai. Untuk memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim sebaiknya agen atau leader memberikan penjelasan secara detail mengenai persyaratan yang dibutuhkan.

 


 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

A, W. O. S. N., Asis, I., & Lisnawaty. (2017). Studi Proses Pengajuan Klaim Pasien BPJS Instalasi Rawat Inap Rumah Ssakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2017, 2(6), 1–14. Retrieved from  ojs.uho.ac.id

 

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/klaim

 

Hansen, S., & Rostiyanti, S. F. (2017). Perspektif Pemilik Proyek Terhadap Permasalahan Dalam Manajemen Klaim Konstruksi. Jurnal Spektran; Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5, No. 2, Juli 2017, 5(2), 122–129. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/32934

 

Hasan, N. I. (2014). Pengantar Asuransi Syariah. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

 

Nitisusastro, M. (2013). Ausransi dan Usaha Perasuransian di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

 

PRU Fast Start. (2017). Jakarta: PRU Sales Academy.

 

Puspitasari, N. (2015). Manajemen Asuransi Syariah. Yogyakarta: UIII Press.

 

Rohmawati, A. A., Diba, F., & Saepudin, D. (2017). Pemodelan dan Simulasi Peluang Kebangkrutan Perusahaan Asuransi dengan Analisis Nilai Premi dan Ukuran Klaim Berdistribusi Eksponensial, 2, 1–10. https://doi.org/10.21108/indojc.2017.22.147

 

Sunyoto, D., & Putri, W. H. (2017). Manajemen Risiko dan Asuransi. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

 

Syamsiar, R. (2013). Manfaat Dan Mekanisme Penyelesaian Klaim Asuransi Prudential. Jurnal Ilmu Hukum, 7(1), 355–362. Retrieved from jurnal.fh.unila.ac.id

 


 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

A.    Biodata Mahasiswa

 

NIM                                        : 21150060

Nama Lengkap                        : Siti Dwi Setiawati

Tempat & Tgl Lahir                : Jakarta, 26 September 1996

Alamat Lengkap                     : Jl Kemang Utara G RT002/001 No 179

Kel Bangka Kec Mampang Prapatan Jak-Sel    12730

 

 

B.     Riwayat Pendidikan Formal

1.      SDN 07 Pagi Pela Mampang 2008, Jakarta Selatan

2.      SMPN 104 2011, Jakarta Selatan

3.      SMK Al Hidayah 1 2014, Jakarta Selatan

 

 

C.    Riwayat Pengalaman Berorganisasi / Pekerjaan

1.      Perbantuan Kasir di Matahari Dept Store Pejaten Village Juni-Juli2014

2.      Staff Admin di Surya Agency Agustus 2014-Feb 2015

3.      Staff Admin di PT Cahaya Berkah Insani Maret 2015-sekarang.

 

 

Foto

3x4

Scan

                                                Jakarta, 12 Juli 2018

 

 

                                                                                                                                    Siti Dwi Setiawati


 

SURAT KETERANGAN

No.002/HRD-CBI/IV/2018

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

            Nama                           : Dian Reynita Sari

            Jabatan                                    : Office Manager

Dengan ini menerangkan bahwa, yang tersebut dibawah ni :

            Nama                           : Siti Dwi Setiawati

            NIM                            : 21150060

            Alamat                        : Jl Kemang Utara G RT002/001 No 179 Kel Bangka                                                  Kec Mampang Prapatan Jakarta Selatan 12730

 

adalah benar melakukan Magang/Riset di PT Cahaya Berkah Insani Jakarta Selatan terhitung mulai tanggal 01 Januari 2018 sampai dengan tanggal 30 Maret 2018, dan yang bersangkutan telah melakukan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan benar, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 

 

Jakarta, 01 April 2018

 

 

 

Dian Reynita Sari

Office Manager


 

DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA

 

Nama Pewawancara    : Siti Dwi Setiawati

Tanggal Wawancara    : 02 Januari 2018

Lokasi Wawancara     : Menara 165 Lt 8 PT Prudential Life Assurance       (PRUCAHAYA) Jl TB Simatupang Kav 1 Cilandak Timur Jakarta Selatan 12560

Nama Narasumber      : Endah Muthiah

Institusi Narasumber   : PT Prudential Life Assurance

Jabatan / Posisi            : GA Owner

 

1.        Bagaimanakah prosedur dan persyaratan untuk pengajuan klaim pada PT Prudential Life Assurance cabang Pru Cahaya Jakarta Selatan?

Jawaban   : Untuk pengajuan klaim disini tidak berbeda jauh dengan pengajuan klaim asuransi di perusahaan lain. Nasabah hanya perlu melampirkan dokumen-dokumen dari rumah sakit kemudian diberikan ke agen yang mengurusnya, selanjutnya semua proses akan dibantu oleh agen tersebut.

 

2.        Bagaimanakah hasil dari pengajuan klaim di PT Prudential Life Assurance cabang Pru Cahaya Jakarta Selatan, lebih banyak klaim yang diapproved atau ditolak?

Jawaban   : Untuk pengajuan klaim, sejak kantor ini berdiri yang saya tahu lebih banyak klaim yang di bayarkan dari pada yang ditolak.

 

3.        Apakah penyebab dari penolakan klaim di PT Prudential Life Assurance cabang Pru Cahaya Jakarta?

Jawaban : Biasanya beberapa klaim yang ditolak bisa disebabkan karena kecurangan nasabah yang tidak menyebutkan penyakit yang sudah ada pada pengajuan pertama, atau bisa di karenakan nasabah mempunyai penyakit yang sudah ada sebelumnya.

 

4.        Kendala apa sajakah yang menyebabkan klaim tidak di proses oleh PT Prudential Life Assurane?

Jawaban : Kendala yang sering terjadi disini biasanya nasabah tidak melampirkan dokumen secara lengkap.

 

5.        Dari kendala tersebut seperti kekurangan dokumen klaim, biasanya apa yang di lakukan untuk mengatasi kendala tersebut?

Jawaban : Nasabah hanya perlu meminta kembali ke pihak rumah sakit tempat nasabah dirawat.


 

Lampiran A.1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran A.2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran A.3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lamiran A.4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran A.5.

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran A.6.

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran A.7.

Lampiran A.8.

 

Lampiran A.9.

 

Lampiran A.10.