Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi Interaktif Untuk Mengenal Bangun Ruang 3 Dimensi

research
  • 26 Mar
  • 2018

Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi Interaktif Untuk Mengenal Bangun Ruang 3 Dimensi

Hapidzul Nurinadi (12146509), Aplikasi Pembelajaran Matematika Bangun Ruang 3 Dimensi Untuk Anak Sekolah Dasar Khususnya Kelas 5 dan Kelas 6.

Perkembangan teknologi smartphone saat ini bisa dimanfaatkan membuat suatu hal yang berguna dan berdampak positif untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD). Aplikasi pembelajaran untuk anak-anak saat ini diperlukan untuk membantu dan memudahkan dalam belajar, sebagai media sarana alternatif untuk belajar di rumah yang berupa aplikasi smarthphone. Aplikasi pembelajaran ini ditujukan agar anak-anak Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas 5 dan 6 bisa menjadi media sarana untuk melatih kemampuan dalam mengerjakan soal-soal materi tentang bangun ruang 3 dimensi. Aplikasi pembelajaran ini dibuat menggunakan aplikasi Construct 2 dengan metode pengembangan perangkat lunak berbasis multimedia. Hasil kuisioner dari 100 responden yang didapat dalam 3 kategori pertanyaan, kategori ke 1 tampilan mendapatkan 89,06% sangat baik, kategori ke 2 tujuan aplikasi mendapatkan 90,58% sangat baik, dan pada kategori ke 3 kemudahan aplikasi mendapatkan 86,58% sangat baik.  

Unduhan

 

REFERENSI

Anisa, dkk. E-tung Edugame Berhitung Sebagai Media Berhitung Untuk Anak Tk. Vol.7 No. 2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/ index.php/ talematika/ article/ view/246

Ariyati dan Misriati (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran
Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI Bekasi. Vol. II. ISSN.
2442-2436. Hal 116-121.

Ayuningtyas (2016). Kumpulan Rumus Matematika SD. Yogyakarta: Gradien Media Tama.

Firdausy, dkk. Aplikasi Android Hybrid Untuk Pemilihan Lokasi Kuliner. Vol 12 No. 1 September 2017. Diambil Dari: e-journal.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/220/pdf

Hakim, Dody (2015). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Bahasa inggris “Theme I Have A Pet” Untuk Kelas 4 SD Negeri
Randugunting.DiambilDari:journal.stekom.ac.id/index.php/JurnalMhs/article/ download/73/67

Hartanto, dkk. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct2 Dan Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1

Hasanah dan Nulhakim. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi
Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1, No. 1,
November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/ index.php/ JPPI/
article/ view/ 283

Iwan Binanto. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya.Yogyakarta: CV. Andi

Muhson. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari:
journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)

Munir, M.IT. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan.
Bandung.70

Murtiwiyati dan Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya
Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Volume 12 Nomor: 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/ jurnal+Android.pdf

Permana. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015. Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0

Rosa dan Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Safaat 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis
Android. Bandung: Informatika.

Setiyawan. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios.Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf

Soenyoto. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Soetam Rizky. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka

Usman Ependi. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar
Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol. 2 No. 2 Maret 2016.
Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115

Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/
telematika/ article /view/ 251

Zamroni, dkk. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil Dari:
journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf