Analisis pengaruh harga, merek, kualitas dan ciri/ keistimewaan terhadap keputusan pembelian susu kedelai as shofi Jakarta

research
  • 17 May
  • 2025

Analisis pengaruh harga, merek, kualitas dan ciri/ keistimewaan terhadap keputusan pembelian susu kedelai as shofi Jakarta

Persaingan usaha dewasa ini membutuhkan strategi dalam pemasaran, guna meningkatkan ekuisitas pendapatan keuntungan perusahaan, khususnya produk susu kedelai as shofi, maka diperlukanlah penelitian ini. Penelitian dilakukan di SMK Mandiri Kota Bekasi dengan populasi sebesar 264 (dua ratus enam puluh empat), dari populasi tersebut penulis mengambil sample sebanyak 160 (seratus enam puluh) dengan cara random sampling, metode penelitian deskriptif analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga (X1) berpengaruh kepada keputusan pembelian dengan R2 sebesar 6,9%, merek (X2) berpengaruh kepada keputusan pembelian dengan R2 sebesar 7,1%, kualitas (X3) berpengaruh kepada keputusan pembelian dengan R2 sebesar 10,6%, ciri/keistimewaan (X4) berpengaruh kepada keputusan pembelian dengan R2 sebesar 13,3% dan secara simultan X1, X2, X3 dan X4 berpengaruh kepada keputusan pembelian dengan R2 sebesar 19,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hendaknya harga susu kedelai As Shofi yang terjangkau tetap dipertahankan, hendaknya As Shofi sering melakukan promosi agar merek susu kedelai As Shofi lebih diingat, kualitas susu kedelai As Shofi yang ditawarkan dapat ditingkatkan dengan mengadakan inovasi-inovasi dan produk lebih kreatif-inovatif, baik rasa, promosi dan penggunaan teknologi.

Unduhan

 

REFERENSI

 

  1. Buku-Buku

 

Angel dkk, 1994. Perilaku Konsumen, Jilid 1, Binarupa Aksara , Jakarta

Angipora, Marinus, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi V, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Ghazali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss, UNDIP, Semarang.

Gitosudarmo, Indriyo, 1994. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Hartanto, dkk. 2005. Psikologi Ekonomi dan Konsumen. Penerbit Bagian Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Depok.

Irawan, dkk, 1996. Pemasaran: Prinsip dan Kasus, Edisi 2. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Karim, Helmi, 1997. Fiqh Muamalah, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Prenhallindo, Jakarta.

___________, 1999. Marketing. Jilid 1, penerbit Erlangga, Jakarta.

___________, 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid 1, Prenhallindo, Jakarta.

Kotler dan Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (Terjemahan). Erlangga, Jakarta.

_________.2003. Marketing Management. Prenticehall, New Jersey.

Malhotra, Naresh, 1996. Marketing Research : An Applied Orientation, Second Edition, Prentice Hall, Inc. New Jersew.

Mowen dan Minor, 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1, edisi kelima, penerbit Erlangga, Jakarta.

Nurbiyati dan Machfoed, 1995. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Penerbit Kayon, Yogyakarta.

Prasetijo, Ihalauw, 2004. Perilaku Konsumen. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Rustam, Effendi, 1996. Marketing Management. Penerbit IKIP Malang.

Rasjid, Sulaiman, 1994. Fiqh Islam, Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Setiadi, J. Nugroho, 2003. Perilaku Konsumen, Penerbit Prenada Media, Bandung.

Sihombing, Martin, 2005. Bisnis Ternak Sapi Potong Tetap Menguntungkan, 01 Maret 2005 www.Bisnis.com.

Singarimbun, dkk, 1987. Metode Penelitian Survey. LP3ES, Jakarta.

Staton dan Lamanto, 1984. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sudarmadi, 2006. Bisnis yang Menjanjikan di 2006, 12 Januari 2006 swa.co.id

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Administrasi, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, Ujang, 2001. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Swasta, Basu, 1999. Asas-Asas Marketing, Edisi Ketiga, Penerbit Liberti, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 2, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Walker, Boyd L, 1997. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Alih Bahasa Oleh Imam Nurmawan, Erlangga, Jakarta.

Chatamarrasjid. 2000. Menyingkapi Tabir Perseroan (Piercing the Corporate Vell): Kapita Selekta Hukum Perusahaan. Cet. 1. Jakarta: PT Citra Aditya Bakti.

Jhamtani, Hira (ed.). 2002. Consumers’ Association of Penang, Malaysia. Atau “Amankah ? yang Perlu Anda Ketahui tentang Makanan Rekayasa Genetika. terj. Erna Geni Ria. Cet.1. Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Shofie, Yusuf. 2003. Seri Panduan Konsumen: 21 Potensi Pelanggaran Hak Konsumen. Cet. 1. Jakarta: Lembaga Konsumen-PIRAC.

                       , 2002. Pelaku Usaha,Konsumen, dan Tindak Pidanan Korporasi. M.S.Khadafi (ed.). Cet. 1. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudaryatmo, et al. 2003. Konsumen Menggugat: Kiat Melindungi Hak dan Mendapatkan Ganti Rugi. Somi Awan (ed.). Cet. 1. Jakarta: Piramedia.

Windayanti, Hesty dan Ikan N. Krisnayanti (ed.). 2003. Bioteknologi: Imperialisme Modal & Kejahatan Globalisasi. Yogyakarta: INSIST Press.

Keegan, J. 2003. Manajemen Pemasaran Global (Terjemahan). PT. Prenhallindo, Jakarta.

Nitisusastro, Mulyadi, (2012), Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung.

Burhan Nurgiyantoro, Gunawan, Marzuki, (2002), Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Santosa Budi Purbayu, Ashari, (2005)

 

  1. Artikel-Artikel, Skripsi, Laporan Penelitian, Kajian dan Makalah-Makalah

“Analisis Yuridis Pembentukan Peraturan Perundang-undangan Mengenai Ketahanan Pangan dan Keamanan Hayati Produk Bioteknologi Hasil Rekayasa Genetika,” Indonesia Center for Environmental Law (ICEL). Diberikan untuk: Koalisi Ornop untuk Keamanan Hayati dan Keamanan Pangan.

Budiyono (Direktur Perlindungan Konsumen Ditjen Perdagangan Dalam Negeri-Deprindag). 2002. “Perlindungan dan Hak Konsumen atas Informasi yang Benar,” (Makalah disampaikan dalam diskusi sehari, “Regulasi, Aspek Keamanan & Pelabelan GM Food” yang diadakan oleh Gabungan Pengusaha Makanan & Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) di Sumba Room Hotel Borobudur Intercontinental Jakarta pada tanggal 28 Maret 2002).

Che Che Dewita Nilam. “Perbuatan Melawan Hukum Oleh Pelaku Usaha Dalam Bidang Makanan Ditinjau Dari Hukum Perlindungan Konsumen Sebelum dan Sesudah UU No. 8 Tahun 1999”. Skripsi Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, 2000.

Fardiaz, Dedi (Deputi III-Badan POM). 2002. “Regulasi dan Pengawasan Keamanan Pangan Rekayasa Genetika di Indonesia”. (Makalah disampaikan dalam diskusi sehari, “Regulasi, Aspek Keamanan & Pelabelan GM Food” yang diadakan oleh Gabungan Pengusaha Makanan & Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) di Sumba Room Hotel Borobudur Intercontinental Jakarta pada tanggal 28 Maret 2002).

Rajasa, Hatta (Menteri Riset dan Teknologi), 2002, “Sambutan Menteri Riset dan Teknologi”, (Makalah disampaikan dalam diskusi sehari, “Regulasi, Aspek Keamanan & Pelabelan GM Food” yang diadakan oleh Gabungan Pengusaha Makanan & Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) di Sumba Room Hotel Borobudur Intercontinental Jakarta pada tanggal 28 Maret 2002).

 

Widiarini, ari triana (2003) analisis label pada produk minuman ringan jenis jus buah dan teh kemasan yang beredar di kota semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

  1. Media Massa

C12. “Labelisasi Pangan Transgenik Belum Bisa Diterapkan”. Investor Indonesia. Rabu, 27 Maret 2002.

Keraf, A. Sonny. 2002. “Ilmu Pengetahuan, Kloning Manusia dan Etika Ilmu”. Majalah Respons. Vol. 7. No. 02/2002. Hal. 4.

 

 

  1. Media Elektronik

Awe, “Deptan Bantah Telah Lepas Tanaman Transgenik,” http://www.kompas.com/kompas-cetak/0002/02/iptek/dept10.htm. Terbit: Rabu,02 Februari 2000. Akses: Senin,05 Mei 2003.

“Diperlukan, Aturan Perlindungan Dampak Negatif Transgenik,” http://www.mediaindo.co.id/cetak/berita.asp?id=2002120200035672. Terbit: 02 Desember 2002. Akses: 08 Maret 2004.

 

Getrycia, Wanda dan Edin. S. Djatikusuma, Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada produk minuman berisotonik pada pocari sweat, , didownload di https://www.mysciencework.com/publication/read/1613528/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-keputusan-pembelian-konsumen-pada-produk-minuman-berisotonik-pocari-sweat#page-1. Akses: Rabu,01 Mei 3013