ABSTRAK
Nurul Hidayah (11170576), Animasi Interaktif Pengenalan Kebudayaan Nusantara
(BUDARA) pada RA Al-Bashir Nurhakim Kabupaten Purwakarta .
Pada tahap pendidikan anak usia dini, siswa akan cenderung lebih tertarik pada permainan
yang mudah dimainkan dan berisi gambar-gambar animasi. Tetapi materi pelajaran yang
disampaikan terkadang tidak mudah dipahami atau seringkali membuat siswa merasa jenuh
jika hanya membaca buku atau mendengarkan penjelasan saja. Perasaan jenuh saat belajar ini
akan berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Adanya perkembangan teknologi yang
membawa banyak perubahan, khususnya di dunia pendidikan dengan metode pembelajaran
berbasis animasi interaktif yang menarik, praktis, dan dapat dilakukan dimana dan kapan saja.
Maka dari itu, dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang kreatif akan lebih membuat
proses belajar lebih asik, menarik dan mudah dipahami. Pengembangan metode pembelajaran
dengan media belajar berbasis animasi interaktif ini digunakan dalam penyampaian materi
khususnya tentang pembahasan kebudayaan nusantara yang di rasa belum banyak siswa yang
tertarik dengan kebudayaan ini menjadi salah satu solusi agar siswa dapat lebih mudah
memahami dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Mengenai cara pembuatan
animasi interaktif ini dengan menggunakan ActionScript 2.0 yang ada di Adobe Flash
Profesional CS6. Dengan adanya media pembelajaran interaktif ini diharapkan mampu
meningkatkan prestasi belajar dan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.
ABSTRACT
Nurul Hidayah (11170576), Interactive Animation Introduction to Archipelago Culture
(BUDARA) at RA Al-Bashir Nurhakim Purwakarta Regency.
In the early childhood education stage, students will tend to be more interested in games that
are easy to play and contain animated images. But the subject matter delivered is sometimes
not easily understood or often makes students feel bored if only reading books or listening to
explanations. This feeling of boredom while studying will have a negative impact on student
learning outcomes. The existence of technological developments that bring many changes,
especially in the world of education with interactive animation-based learning methods that
are interesting, practical, and can be done anywhere and anytime. Therefore, by applying
creative learning methods will make the learning process more cool, interesting and easy to
understand. The development of learning methods with interactive animation-based learning
media is used in the delivery of material, especially on the discussion of the culture of the
archipelago which in the sense that not many students are interested in this culture is one
solution so that students can more easily understand and learning becomes more enjoyable.
Regarding how to create this interactive animation using ActionScript 2.0 in Adobe Flash
Professional CS6. This interactive learning media is expected to be able to improve learning
achievement and as a fun learning media.
TA_File_1_Lembar Judul.pdf
TA_File_2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_6_Kata Pengantar.pdf
TA_File_3_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_13_Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_18_Lampiran.pdf
TA_File_16_Daftar Pustaka.pdf
TA_File_10_Daftar Tabel.pdf
TA_File_11_Daftar Lampiran.pdf
TA_File_15_BAB IV Penutup.pdf
TA_File_12_BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_17_Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_7_Abstrak.pdf
TA_File_14_BAB III Pembahasan.pdf
TA_File_5_Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_8_Daftar Isi.pdf
TA_File_9_Daftar Gambar.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Ariyati, S., & T. Misriati. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran
Asmaul Husna. Teknik, Jurnal Amik, Komputer, II(1), 116–121.
Aslan, & Suhari. (2018). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta : Ebooksia
Publisher.
Astaman, Surni Kadir, M. R. M. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar. Bagian
Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, 57–993.
Diansah, R. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling. Journal of
Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Enterprise, J. (2020). Dasar-Dasar Animasi Komputer. Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo.
Enterprise, J. (2017). Mengupas Ide-ide Usaha Freelancer di Bidang Industri Kreatif.
Yogyakarta : Thinkjubilee.com JUD.
Faris, A., & Lestari, A. P. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf
Alfabet Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer Amik BSI(2), 59–
67.
Hardyana, S. E., & Heriawati. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Khas
Pulau Indonesia Berbasis Android pada TK Kupu-Kupu Mungil bekasi. 1(8), 9–
21.
Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran
Berbasis PowerPoint. Yogyakarta : Deepublish.
Maulana, Y. (2018). Jenius Membuat Mobile Edukasi Andriod: Solusi Cepat Belajar
Membuat Aplikasi Multimedia berbasis Mobile (W. WHP, WPA, ed.). Garut: CV.
Mobidu Sinergi.
Mulyadi, D. D. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Budaya Jawa Barat pada Siswa
SDIT Ar-Rasyidi Karawang. Fakultas Teknik Dan Informatika, 7–21.
Pratomo, A. (2019). Media Interaktif Berbasis Andriod. Yogyakarta : Deepublish.
Sarinah. (2019). Ilmu Sosial Budaya Dasar (Di Perguruan Tinggi). Yogyakarta :
Deepublish.
Sidik, & Annisa, N. (2017). Animasi Interaktif Pengetahuan Dasar Bahasa Dan
Matematika Berbasis Multimedia. Animasi Interaktif Pengetahuan Dasar Bahasa
Dan Matematika Berbasis Multimedia, 14(2), 83–90.
42
Soleh, M. R., Nurajizah, S., & Muryani, S. (2019). Perancangan Animasi Interaktif
Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS &
K II Bekasi. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 9(September), 138–150.
https://doi.org/10.34010/jati.v9i2
Yudhistira, R. J., & Widiarina. (2019). Analisis Tata Kelola dan Perencanaan Investasi
Teknologi Informasi. Teknik Komputer AMIK BSI, V(1), 105–112.
https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2