Agustinus Leonardo (12143741), Animasi Interaktif Mengenal Budaya Suku Dayak Uud Danum di Kabupaten Sintang Menggunakan Adobe Flash Pada Institut Dayakologi di Pontianak
Di era yang semakin maju saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Adapun berbagai macam alat komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kebudayaan daerah yang saat ini juga mulai menghilang karena masyarakat mulai menggunakan alat atau hal-hal yang bersifat praktis dan namun melupakan adat istiadat dan budaya daerahnya. Untuk itu Institut Dayakologi membutuhkan suatu alat untuk menyampaikan suatu informasi menggunakan animasi interaktif agar lebih mudah dipahami dan tidak membosankan. Untuk itu penulis membuat Tugas Akhir mengenai Animasi Interaktif Mengenal budaya suku dayak yang mudah di mengerti dan tidak membosankan. Institut Dayakologi adalah lembaga yang bergerak di bidang advokasi budaya Dayak, Yang saat ini penyuluhan tentang budaya yang masih sederhana. Animasi interaktif ini adalah aplikasi yang dapat mempermudah pemahaman masyarakat akan budaya daerah sehingga dapat mempermudah lembaga dalam menjalankan fungsinya dengan lebih baik. Dengan adanya animasi yang interaktif akan lebih mudah di mengerti oleh pengguna sehingga dalam proses pemahaman akan pentingnya menjaga budaya daerah menjadi sangat penting dan budaya daerah khususnya budaya suku dayak akan tetap lestari dan tetap terjaga.
TA_File_7 DAFTAR TABEL.pdf
TA_File_6 DAFTAR GAMBAR.pdf
TA_File_8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
TA_File_15 lampiran.pdf
TA_File_3 ABSTRAKSI.pdf
TA_file_1Judul Sampai Lembar Konsultasi.pdf
TA_File_10 Bab II.pdf
TA_File_14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
TA_File_12 BAB IV.pdf
TA_File_5 DAFTAR ISI.pdf
TA_File_2KATA PENGANTAR.pdf
TA_File_4 ABSTRACTION.pdf
TA_File_13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_File_16 Lampiran Tambahan.pdf
TA_File_11 BAB III.pdf
TA_File_9 Bab I.pdf
Al Fatta, Hanif (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi
Rosa dan Shalahiddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika
Binanto, Iwan (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
SAEBA (2008). Modeling dan Animasi dengan 3D Studio MAX 2008 dan 2009. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soma, Hari Aria (2007). Pengenalan 3DS MAX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Suhardi. Sunarti, Sri. (2009). Sosiologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sunyoto, Andi (2010). Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi
Sutarti, Tatik. Irawan, Dedi. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama
Wahana (2010). Desain Grafis Profesional dengan Adobe Photoshop CS4. Yogyakarta: Andi
Yudistira. Adjie, Bayu. (2007). Buku Latihan 3D Studio MAX 9.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo