Animasi Interaktif Mengenal Budaya Suku Dayak Uud Danum di Kabupaten Sintang Menggunakan Adobe Flash Pada Institut Dayakologi di Pontianak

research
  • 22 Mar
  • 2018

Animasi Interaktif Mengenal Budaya Suku Dayak Uud Danum di Kabupaten Sintang Menggunakan Adobe Flash Pada Institut Dayakologi di Pontianak

Agustinus Leonardo (12143741), Animasi Interaktif Mengenal Budaya Suku Dayak Uud Danum di Kabupaten Sintang Menggunakan Adobe Flash Pada Institut Dayakologi di Pontianak

Di era yang semakin maju saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Adapun berbagai macam alat komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kebudayaan daerah yang saat ini juga mulai menghilang karena masyarakat mulai menggunakan alat atau hal-hal yang bersifat praktis dan namun melupakan adat istiadat dan budaya daerahnya. Untuk itu Institut Dayakologi membutuhkan suatu alat untuk menyampaikan suatu informasi menggunakan animasi interaktif agar lebih mudah dipahami dan tidak membosankan. Untuk itu penulis membuat Tugas Akhir mengenai Animasi Interaktif Mengenal budaya suku dayak yang mudah di mengerti dan tidak membosankan. Institut Dayakologi adalah lembaga yang bergerak di bidang advokasi budaya Dayak, Yang saat ini penyuluhan tentang budaya yang masih sederhana. Animasi interaktif ini adalah aplikasi yang dapat mempermudah pemahaman masyarakat akan budaya daerah sehingga dapat mempermudah lembaga dalam menjalankan fungsinya dengan lebih baik. Dengan adanya animasi yang interaktif akan lebih mudah di mengerti oleh pengguna sehingga dalam proses pemahaman akan pentingnya menjaga budaya daerah menjadi sangat penting dan budaya daerah khususnya budaya suku dayak akan tetap lestari dan tetap terjaga.

Unduhan

 

REFERENSI

Al Fatta, Hanif (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi

Rosa dan Shalahiddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Binanto, Iwan (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

SAEBA (2008). Modeling dan Animasi dengan 3D Studio MAX 2008 dan 2009. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soma, Hari Aria (2007). Pengenalan 3DS MAX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suhardi. Sunarti, Sri. (2009). Sosiologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sunyoto, Andi (2010). Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi

Sutarti, Tatik. Irawan, Dedi. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Wahana (2010). Desain Grafis Profesional dengan Adobe Photoshop CS4. Yogyakarta: Andi

Yudistira. Adjie, Bayu. (2007). Buku Latihan 3D Studio MAX 9.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo