Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Android Menggunakan Construct 2

research
  • 26 Mar
  • 2018

Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Android Menggunakan Construct 2

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, seperti sudah mendarah daging didalam diri manusia di era ini.  Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi sangat di butuhkan oleh manusia, dalam beberapa aspek sudah mengubah pola kehidupan manusia. Namun dibalik kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terdapat dampak negatif bagi anak – anak pada era ini yang lebih asik bermain dengan smartphone ketimbang belajar, dalam hal ini penulis mengangkat sebuat tema untuk pembuatan aplikasi game berbasis android yang memadukan 2 unsur yaitu unsur permainan dan unsur pembelajaran yang nantinya tidak membuat anak – anak cepat merasakan bosan saat mengoperasikan aplikasi tersebut. Nantinya aplikasi ini dibuat menggunakan Game Engine Construct 2, kemudian untuk data yang dikumpulkan oleh penulis menggunakan metode observasi yaitu dengan mengambil data – data dari buku paket mata pelajaran ipa dan ips sekolah dasar.    Adapun judul dari aplikasi game ini ialah “Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Ilmu Pengetahuan Sosial” yang nantinya diharapkan dapat menunjang pembelajaran dirumah dibawah bimbingan orang tua dan juga menjadi sebuah media belajar yang interaktif bagi anak.

Unduhan

 

REFERENSI

Awwali Muhammad Ryza , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di Sma 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif.  Vol 8, No 1 Tahun 2015. Diambil Dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156

 

Binanto Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya. Yogyakarta: CV. Andi

 

Ependi Usman. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar                           Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol. 2 No. 2 Maret 2016.                     Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115

 

Hasanah Umrotul dan Nulhakim Lukman. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1, No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php

/JPPI/article/view/283

 

Hartanto Anggit Dwi, Windha Mega Pradnya Dhuhita, Alfian Tinangon.                           Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan                        Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah.

ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1

 

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung

 

Murtiwiyati dan Glenn Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya                Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Volume 12            Nomor  : 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma

.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf

 

Muhson Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari: journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)

 

Putra Daniel. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV. ASFA Solution.

 

Prasetya Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Permana Silvester Dian Handy. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.

            Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0

 

 

Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

 

Rizky Soetam. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka

 

Setiyawan Andri. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/

PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf

           

Sari Putri Intan, Purnama Bambang Eka. Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu         Pengetahuan Alam (Ipa) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan.  Vol 7, No 1       Tahun 2015. Diambil Dari: ijns.org/journal/index.php/speed/article/

view/1334

 

Safaat Nazruddin .H. 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

 

Soenyoto Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus              2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/

telematika/article/view/251

 

Zahriyatun Anggi, Anisa Berlilana, Tri Astuti. E-Tung Edugame Berhitung            Sebagai Media Berhitung Untuk Anak Tk. Vol. 7 No.2 Agustus 2014.             Diambil Dari:  ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika

/article/view/246         

 

Zamroni M. Rosidi, Nizar Suryaman, Ahmad Jalaluddin. Rancang Bangun             Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5.             Vol. 5 No.2 September 2013.  Diambil Dari: journal.unisla.ac.id/pdf/

11522013/REV%20ROSIDI.pdf