Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
saat ini, seperti sudah mendarah
daging didalam diri manusia di era ini. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan
dibidang teknologi informasi dan komunikasi sangat di butuhkan oleh manusia, dalam
beberapa aspek sudah mengubah pola kehidupan manusia. Namun dibalik kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi terdapat dampak negatif bagi anak – anak
pada era ini yang lebih asik bermain dengan smartphone ketimbang belajar, dalam
hal ini penulis mengangkat sebuat tema untuk pembuatan aplikasi game berbasis android
yang memadukan 2 unsur yaitu unsur permainan dan unsur pembelajaran yang
nantinya tidak membuat anak – anak cepat merasakan bosan saat mengoperasikan
aplikasi tersebut. Nantinya aplikasi ini dibuat menggunakan Game Engine Construct
2, kemudian untuk data yang
dikumpulkan oleh penulis menggunakan metode observasi yaitu dengan mengambil
data – data dari buku paket mata pelajaran ipa dan ips sekolah dasar. Adapun
judul dari aplikasi game ini ialah “Aplikasi Game Edukasi
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Ilmu Pengetahuan Sosial” yang nantinya
diharapkan dapat menunjang pembelajaran dirumah dibawah bimbingan orang tua dan
juga menjadi sebuah media belajar yang interaktif bagi anak.
TA_PDF_11.DAFTAR LAMPIRAN.pdf
TA_PDF_5.Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_PDF_9.Daftar Gambar.pdf
TA_PDF_3.Surat Pernyataan Publikasi Tugas Akhir.pdf
TA_PDF_17.Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_PDF_18.Lampiran.pdf
TA_PDF_8.DAFTAR ISI.pdf
TA_PDF_2.Surat Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_PDF_6.Kata Pengantar.pdf
TA_PDF_15.BAB IV.pdf
TA_PDF_4.Pengesahan dan Persetujuan Tugas Akhir.pdf
TA_PDF_10.Daftar Tabel.pdf
TA_PDF_14.BAB III PEMBAHASAN.pdf
TA_PDF_16.DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_PDF_12.BAB I PENDAHULUAN.pdf
TA_PDF_7.Abstrak.pdf
TA_PDF_13.BAB II LANDASAN TEORI.pdf
TA_PDF_1.Judul.pdf
Awwali Muhammad
Ryza , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di Sma 1 Kudus Berbasis
Multimedia Interaktif. Vol 8, No 1 Tahun 2015. Diambil Dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156
Binanto Iwan.
2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya. Yogyakarta: CV. Andi
Ependi Usman. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat
Lunak Model Madlc. Vol. 2 No.
2 Maret 2016. Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115
Hasanah Umrotul dan Nulhakim Lukman. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai
Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1, No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php
/JPPI/article/view/283
Hartanto Anggit Dwi, Windha Mega Pradnya Dhuhita, Alfian
Tinangon. Perancangan
Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah.
ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1
Munir. 2012.
Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung
Murtiwiyati
dan Glenn Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah
Dasar Berbasis Android. Volume 12 Nomor : 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma
.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf
Muhson Ali. Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010,
Hlm. 1 – 10. Diambil Dari: journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949
(12 Mei 2017)
Putra Daniel. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV. ASFA Solution.
Prasetya Didik
Dwi. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform. Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo.
Permana
Silvester Dian Handy. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna
Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.
Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0
Rosa. A.S Dan M.
Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.
Rizky Soetam.
2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi
Pustaka
Setiyawan Andri. 2016.
Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/
PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf
Safaat Nazruddin
.H. 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android.
Bandung: Informatika.
Soenyoto Partono.
2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika
Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014.
Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/
telematika/article/view/251
Zahriyatun Anggi, Anisa Berlilana, Tri Astuti. E-Tung
Edugame Berhitung Sebagai Media
Berhitung Untuk Anak Tk. Vol.
7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika
/article/view/246
Zamroni M. Rosidi,
Nizar Suryaman, Ahmad Jalaluddin. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran
Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil Dari: journal.unisla.ac.id/pdf/
11522013/REV%20ROSIDI.pdf