ABSTRAK
Asma Hilman Jayadiningrat (11170685), Animasi Interaktif Pengenalan
Anggota Tubuh Pada Pembelajaran Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini khususnya pada lembaga TK Kenari Kecamatan
Rengasdengklok memerlukan beberapa metode atau cara menyampaikan
pembelajaran yang lebih menarik untuk merespon daya pikir atau sensor motorik
anak dalam mningkatkan tumbuh kembang dan menerapkan karakter pada setiap
peserta didiknya, penyampaian pembelajaran yang tidak monoton dan membosankan
sehingga membuat anak menjadi jenuh dalam mengikutipembelajaran yang
disampaikan oleh para pengajar/gurunya. Dengan demikian adalah adanya media
animasi interaktif dapat membantu para peserta didik khususnya membantu para
pengajarnya dalam menyampaikan materi/tema yang akan diberikan kepada peserta
didik yang memuat tema tentang pengenalan anggota tubuh dengan menampilkan
berupa animasi gambar hidup untuk menjadikan kegiatan pembelajaran lebih
menyenangkan yang didapat para peserta didiknya. Mereka dapat memahami dengan
cara menonton gambar animasi tersebut dan dapat memperaktekan kata-kata seperti
penyebutan macam-macam anggota tubuh juga mengikuti gerakan-gerakan ice
breaking yang ditampilkan oleh media animasi tersebut. Sehingga mampu
meningkatkan daya pikir dan gaya gerak mereka dalam meningkatkan tumbuh
kembangnya.
ABSTRACT
Asma Hilman Jayadiningrat (11170685), Interactive Animation of Body Limb
Recognition In Early Childhood Learning
Early Childhood Education, especially in Kenari Kindergarten, Rengasdengklok
District requires several methods or ways to convey learning that are more
interesting to respond to the child's mindset or motor sensors in improving growth
and development and applying character to each student, the delivery of learning
that is not monotonous and boring so as to make learning children become bored in
following the lessons delivered by the teachers / teachers. Thus the existence of
interactive animation media can help students, especially assisting the instructors in
delivering material / themes that will be given to students that contain themes about
introducing body parts by displaying animated live images to make learning
activities more enjoyable for the participants her students. They can understand by
watching the animated picture and can practice words such as the mention of
various body parts as well as following the ice breaking movements displayed by the
animated media. So as to be able to increase their thinking power and movement
style in increasing their growth and development.
TA_File_3 Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Kepentingan Akademisdocx.pdf
TA_File_10 BAB II Landasan Teori.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir (benar).pdf
TA_File_18 Manual Book.pdf
TA_File_9 BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_12 BAB IV Penutup.pdf
TA_File_17 Lampiran-Lampiran.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_15 Surat Keterangan Riset .pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_16 Surat Serah Terima Aplikasi.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_13 Daftar Pustakadocx.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_11 BAB III Pembahasan .pdf
DAFTAR PUSTAKA
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari
(ed.)). CV Jejak.
Ariadi, S. (2017). Edugame pengenalan bagian-bagian tubuh manusia dengan tiga
bahasa berbasis android.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran
Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.
Enterprise, J. (2020). DASAR-DASAR ANIMASI KOMPUTER.
Pendidikan, J. T., Kurniawati, W., Wibawa, R., Pendidikan, F. I., & Interaktif, G.
(2018). Efektivitas Media Game Mengetik Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs5.
3(1), 1–10. https://doi.org/10.20473/jaki.v3i1.1483
Pratomo, A. (2019). MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Media Pembelajaran Berbasis It Sebagai
Inovasi Pembelajaran Pada Jenjang Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Guru
Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu Maslakul Huda). Jurnal Reforma, 7(2), 37.
https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.68
Soenyoto, P. (2017). ANIMASI 2D.
https://books.google.co.id/books?id=ai9IDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq
=soeyanto+2017&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjRwKWEjpXpAhV7yDgGHd7
HBusQ6AEIMzAB
Sudrajat, B., Kom, S., & Kom, M. (2017). Animasi interaktif belajar mengenal
mengenal angka untuk anak usia dini. II(April), 38–47.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN
R&D.
Sujarwei, V. W. (2018). Metodologi Penelitian. PUSTAKA BARU PRESS.
Warna, M., Dan, H., Pada, B., & Usia, A. (2018). Mengenal warna, angka, huruf dan
bentuk pada anak usia dini melalui animasi interaktif. 3(2), 203–210.
https://youtu.be/kGcp7V85sKc
https://www.youtube.com/watch?v=J0-aeGITgmE