ABSTRAK
Annisa Ulfatmi Fadhilah (43150001), Muhammad Samrozi
(43150085), Roby Regianto (43150030), Luthfiansyah Kurniawan (43150077), Perancangan
Kampanye Periklanan Comel Guna Meningkatkan Brand
Awareness Sebagai Camilan Cokelat Crispy
Berkemasan Jar.
Cokelat merupakan camilan yang banyak
digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, karena itu
banyak sekali produk-produk cokelat kemasan yang beredar di pasaran Indonesia,
salah satunya adalah Comel. Comel adalah camilan cokelat crispy berkemasan jar
keluaran dari STEAKOTAKINGDOM yang merupakan bisnis rumahan yang bergerak dalam
bidang olahan cokelat. Comel rilis sejak tahun 2015 namun hingga saat ini masih
banyak kurangnya keasadaran masyarakat
tentang camilan cokelat ini, salah satu penyebabnya yaitu kurangnya
kegiatan beriklan tentang produk Comel. Penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif-deskriptif, yang
dilakukan dengan cara
observasi dan wawancara mendalam secara langsung dengan
pihak-pihak bersangkutan, dan data-data yang terkumpul kemudian di analisa
secara deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian kedalam bentuk laporan
perancangan. Kesimpulan dari perancangan kampanye periklanan ini menunjukan
bahwa STEAKOTAKINGDOM diharuskan melakukan kampanye periklanan untuk
meningkatkan brand awareness
masyarakat terhadap produk Comel sebagai camilan cokelat crispy berkemasan jar
dan menginfomasikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Comel dibandingkan olahan
cokelat kemasan lainnya.
Kata Kunci: Kampanye Periklanan, Brand Awareness, Cokelat
PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_1 Lembar Judul.pdf
PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
Daftar-Pustaka
PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_6 Kata Pengantar.pdf
Daftar-Isi,-Daftar-Tabel,-Daftar-Lampiran
Bab-III-Pembahasan
File_12-Bab-iV-Penutup
Daftar-Isi
Bab-1-Pendahuluan
PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
DAFTAR
PUSTAKA
Adiakurnia, M. I. (2017, October 13).
Fakta Menarik Konsumsi Cokelat bagi Orang Indonesia. Travel Kompas.
Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2017/10/13/070400727/fakta-menarik-konsumsi-cokelat-bagi-orang-indonesia
Arikunto,
S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (cetakan ke). PT
Rineka Cipta.
Arnanto,
H. dan khuzaini. (2017). Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia. Jurnal
Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593, 6(September).
Bahaya,
P., Dan, C., Di, R., Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Program
Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya, 9(1), 109–117.
Bohang,
F. K. (2017, July). Instagram Pengguna Instagram Terbesar se-Asia Pasifik. Kompas.
Evelyn,
H. (2015). Periklanan 2015-2019. PT. Republik Solusi.
Foundation,
W. C. (2018). History of Cocoa. Retrieved from
http://www.worldcocoafoundation.org/about-cocoa/history-of-cocoa/
Girsang,
L. R. M. (2017). Pengukuran Efektivitas Iklan ( Studi Komparasi : Iklan Media
Cetak Dan Iklan Media Online ). Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(2),
68–86.
Gunawan,
I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. (Suryani, Ed.) (2nd ed.).
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hanifah
Asmawati. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analisis Swot Pada
Usaha Laundry. Journal Administrasi Bisnis, 6(1), 65–76.
Indonesia,
K. B. bahasia. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from
https://kbbi.web.id/stoples
Jaiz,
M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan (1st ed.). Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Kertamukti,
R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan (1st ed.). Depok: PT.
RAJAGRAFINDO PERSADA.
Kotler,
P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.).
Pearson Education. https://doi.org/10.2307/1250103
Kotler,
P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition
(15th ed., Vol. 15E). England: Pearson Education Limited.
https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Kuspriyono,
T. (2015). PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA IKLAN WEB PT . L ’ OREAL INDONESIA (
Studi Kasus PT . L ’ Oreal Indonesia ), VI, 1–9.
Prisgunanto,
D. I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. CV. Prisani Cendekia.
Rahastine,
M. P. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN THE FLAT SHOES COMPANY DALAM
MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ONLINE, VIII(September), 81–91.
Shimp,
T. A., & Andrews, J. C. (2013). Integrated Marketing Communications.
Soraya,
I. (2018). Strategi Kreatif Pesan Iklan Ladang Coffee Dalam Membangun Brand Image
Sebagai CoffeeShop Khas Nusantara, 9(1), 39–45.
Suhadang,
K. (2016). Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan. (I. Fibrianti, Ed.)
(2nd ed.). Bandung: PENERBIT NUANSA.
Suprajang,
S. E., & Wijaya, R. (2015). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PEMBENTUKAN
BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR SUZUKI (Studi Kasus di
Dealer Tatarunggul Santosa Lodoyo Kecamatan Sutojayan). Riset Mahasiswa
Ekonomi (RITMIK), 2(2), 169–188.
Susetyarsi
dan Harminingtyas, R. (2015). PENGARUH MEDIA IKLAN DAN MODEL IKLAN TERHADAP
MINAT BELI KONSUMEN PADA KOPI BUBUK SIAPSAJI MEREK LUWAK WHITE KOFFIE DI KOTA
SEMARANG. THE INFLUENCE OF ADVERTISING MEDIA AND ADVERTISING MODELS TOWARD
CONSUMER BUYING INTEREST ON INSTANT COFFEE POWDER AT LUWAK WHITE KOFFIE BRAND
IN SEMARANG CITY, 7(3), 82–111.
Winata,
A., & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap
Minat Beli ( Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak. com DI Kota. E-Jurnal
Manajemen Unud, 6(10), 5660–5692.
Yunita,
R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahanakan Eksistensi Radio
Dangdut Terdepan Di Jakarta. Jurnal Komunikasi, VIII, 24–32.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (cetakan pertama). Jakarta: Kencana prenada media group.