PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR

research
  • 15 Feb
  • 2019

PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR

ABSTRAK

 

 

Annisa Ulfatmi Fadhilah (43150001), Muhammad Samrozi (43150085), Roby Regianto (43150030), Luthfiansyah Kurniawan (43150077), Perancangan Kampanye Periklanan Comel Guna Meningkatkan Brand Awareness Sebagai Camilan Cokelat Crispy Berkemasan Jar.

 

Cokelat merupakan camilan yang banyak digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, karena itu banyak sekali produk-produk cokelat kemasan yang beredar di pasaran Indonesia, salah satunya adalah Comel. Comel adalah camilan cokelat crispy berkemasan jar keluaran dari STEAKOTAKINGDOM yang merupakan bisnis rumahan yang bergerak dalam bidang olahan cokelat. Comel rilis sejak tahun 2015 namun hingga saat ini masih banyak kurangnya keasadaran masyarakat  tentang camilan cokelat ini, salah satu penyebabnya yaitu kurangnya kegiatan beriklan tentang produk Comel. Penulis menggunakan metode penelitian   kualitatif-deskriptif,  yang   dilakukan   dengan   cara   observasi   dan   wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak bersangkutan, dan data-data yang terkumpul kemudian di analisa secara deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian kedalam bentuk laporan perancangan. Kesimpulan dari perancangan kampanye periklanan ini menunjukan bahwa STEAKOTAKINGDOM diharuskan melakukan kampanye periklanan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk Comel sebagai camilan cokelat crispy berkemasan jar dan menginfomasikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Comel dibandingkan olahan cokelat kemasan lainnya.

 

 

Kata Kunci: Kampanye Periklanan, Brand Awareness, Cokelat

Unduhan

  • File_1 Lembar Judul.pdf

    PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 144x | Ukuran 28 KB
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 101x | Ukuran 545 KB
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 123x | Ukuran 58 KB
  • File_13-Daftar-Pustaka(1).pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 234x | Ukuran 1,779 KB
  • File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN COMEL GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI CAMILAN COKELAT CRISPY BERKEMASAN JAR_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 144x | Ukuran 209 KB
  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 185x | Ukuran 1,571 KB
  • File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf

    Bab-II-Landasan-Teori

    •   diunduh 977x | Ukuran 1,898 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Adiakurnia, M. I. (2017, October 13). Fakta Menarik Konsumsi Cokelat bagi Orang Indonesia. Travel Kompas. Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2017/10/13/070400727/fakta-menarik-konsumsi-cokelat-bagi-orang-indonesia

 

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (cetakan ke). PT Rineka Cipta.

 

Arnanto, H. dan khuzaini. (2017). Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593, 6(September).

 

Bahaya, P., Dan, C., Di, R., Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya, 9(1), 109–117.

 

Bohang, F. K. (2017, July). Instagram Pengguna Instagram Terbesar se-Asia Pasifik. Kompas.

 

Evelyn, H. (2015). Periklanan 2015-2019. PT. Republik Solusi.

 

Foundation, W. C. (2018). History of Cocoa. Retrieved from http://www.worldcocoafoundation.org/about-cocoa/history-of-cocoa/

 

Girsang, L. R. M. (2017). Pengukuran Efektivitas Iklan ( Studi Komparasi : Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Online ). Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(2), 68–86.

 

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. (Suryani, Ed.) (2nd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Hanifah Asmawati. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analisis Swot Pada Usaha Laundry. Journal Administrasi Bisnis, 6(1), 65–76.

 

Indonesia, K. B. bahasia. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.web.id/stoples

 

Jaiz, M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan (1st ed.). Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan (1st ed.). Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

 

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education. https://doi.org/10.2307/1250103

 

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (15th ed., Vol. 15E). England: Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

 

Kuspriyono, T. (2015). PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA IKLAN WEB PT . L ’ OREAL INDONESIA ( Studi Kasus PT . L ’ Oreal Indonesia ), VI, 1–9.

 

Prisgunanto, D. I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. CV. Prisani Cendekia.

 

Rahastine, M. P. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN THE FLAT SHOES COMPANY DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ONLINE, VIII(September), 81–91.

 

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Integrated Marketing Communications.

 

Soraya, I. (2018). Strategi Kreatif Pesan Iklan Ladang Coffee Dalam Membangun Brand Image Sebagai CoffeeShop Khas Nusantara, 9(1), 39–45.

 

Suhadang, K. (2016). Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan. (I. Fibrianti, Ed.) (2nd ed.). Bandung: PENERBIT NUANSA.

 

Suprajang, S. E., & Wijaya, R. (2015). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR SUZUKI (Studi Kasus di Dealer Tatarunggul Santosa Lodoyo Kecamatan Sutojayan). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(2), 169–188.

 

Susetyarsi dan Harminingtyas, R. (2015). PENGARUH MEDIA IKLAN DAN MODEL IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KOPI BUBUK SIAPSAJI MEREK LUWAK WHITE KOFFIE DI KOTA SEMARANG. THE INFLUENCE OF ADVERTISING MEDIA AND ADVERTISING MODELS TOWARD CONSUMER BUYING INTEREST ON INSTANT COFFEE POWDER AT LUWAK WHITE KOFFIE BRAND IN SEMARANG CITY, 7(3), 82–111.

 

Winata, A., & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap Minat Beli ( Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak. com DI Kota. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5660–5692.

 

Yunita, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahanakan Eksistensi Radio Dangdut Terdepan Di Jakarta. Jurnal Komunikasi, VIII, 24–32.

 

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (cetakan pertama). Jakarta: Kencana prenada media group.