Aplikasi Pengenalan Rumus Matematika dan Berhitung Menggunakan RPG Maker MV

research
  • 26 Mar
  • 2018

Aplikasi Pengenalan Rumus Matematika dan Berhitung Menggunakan RPG Maker MV

Naufal Muammar Irfan (12143349), Aplikasi Pengenalan Rumus
Matematika dan Berhitung Menggunakan RPG Maker MV

Seiring berkembangnya Game sebagai media hiburan, Game digunakan sebagai sarana hiburan untuk mengisi waktu kosong dari berbagai kalangan terutama anak– anak. Game juga dapat berdampak buruk kepada anak – anak, hal ini terkadang disebut kecanduan bermain Game dimana mereka lebih mementingkan bermain Game daripada belajar. Pada anak usia dini, berhitung merupakan hal yang sangat berharga demi mengasah kemampuan dan untuk menghadapi pelajaran matematika yang lebih kompleks dimasa depan, dalam hal ini penulis mengangkat sebuat tema untuk pembuatan aplikasi game yang memadukan hiburan dan edukasi terutama matematika dan berhitung untuk anak usia dini yang bisa digunakan sebagai media alternatif pembelajaran yang tidak membosankan. Nantinya aplikasi ini dibuat menggunakan Game Engine RPG Maker MVkemudian untuk data yang dikumpulkan oleh penulis menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Adapun judul dari aplikasi game ini ialah “Pahlawan Matematika” yang nantinya diharapkan dapat menunjang pembelajaran dirumah dibawah bimbingan orang tua dan juga menjadi sebuah media alternatif untuk belajar.  

Unduhan

 

REFERENSI

Anisa, Anggi Zahriyatun, Berlilana, Tri Astuti. E-Tung Edugame Berhitung
Sebagai Media Berhitung Untuk Anak Tk. Vol. 7 No.2 Agustus 2014.
Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika
/article/view/246

Binarto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya. Yogyakarta: CV. Andi

Hasanah, Umrotul dan Lukman Nulhakim. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1, No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php /JPPI/article/view/283

Muhson, Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari: journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)

Munir, 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung

Rizky, Soetam. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka

Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Saputri, Fiqih Hana dan Dian Pratiwi. Pembuatan Game RPG “ Roro Jonggrang” Dengan RPG Maker MV. Seminar Nasional Cendekiawan 2016. Diambil Dari: trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/semnas/article/
download/881/782

Soentoyo, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/
telematika/article/view/251

Yunus, Mursid, Indah Fitri Astuti, Dyna Marisa Khairina. Game Edukasi
Matematika Untuk Sekolah Dasar. Vol. 10 No. 2 September 2015. Diambil
Dari: e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/download/192/pdf