Sulistyarini Shafira Adnin (11180218), Rancang Bangun Media Pembelajaran Energi Panas Berbasis Animasi Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar
Salah satu media pembelajaran hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yaitu animasi interaktif. Pada tingkat pendidikan sekolah dasar, peserta didik terkadang mudah merasa bosan dan kurang antusias dengan metode pembelajaran secara ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Dengan animasi interaktif, pendidik dapat menyajikan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Program animasi ini dibangun dengan mengambil materi energi panas pada pelajaran IPA kelas 5 tema 6 pada kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam merancang animasi interaktif adalah dengan wawancara secara langsung kepada guru Sekolah Dasar untuk mendapat informasi secara lengkap mengenai gambaran proses pembelajaran. Dalam program animasi interaktif ini terdapat materi pembelajaran tentang energi panas dengan dukungan tombol interaktif, gambar animasi serta audio untuk menjelaskan materi dan dilengkapi dengan latihan soal. Pembuatan animasi interaktif ini menggunakan bantuan software Adobe Animate dan ActionScript 3.0. Animasi interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mempelajari materi energi panas, sehingga peserta didik dapat mencapai hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Animasi Interaktif, Media Pembelajaran, Energi Panas
Sulistyarini Shafira Adnin (11180218), Design and Build an Interactive Animation of Heat Energy Learning Media for Elementary School Students
One of the learning media resulting from the development of information and communication technology is interactive animation. At the elementary school education level, students are sometimes easily bored and less enthusiastic about the lecture method of learning without using learning media. With interactive animation, educators can present interesting and varied learning media. This animation program was built by taking heat energy material in the 5th grade 6th grade science lesson in the 2013 curriculum at the elementary school level. The data collection method used by the author in designing interactive animations is by direct interviews with elementary school teachers to obtain complete information about the description of the learning process. In this interactive animation program there are learning materials about heat energy with the support of interactive buttons, animated images and audio to explain the material and are equipped with practice questions. Making this interactive animation using Adobe Animate software and ActionScript 3.0. This interactive animation is expected to increase students' interest in studying heat energy material, so that students can achieve maximum results in the learning process.
Keyword : Interactive Animation, Learning Media, Heat Energy
File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir
File 3_Lembar Persetujua Publikasi Karya Ilmiah
File_10 Bab II Landasan Teori
File_13 Daftar Pustaka
File_12 Bab IV Penutup
File 2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
File_8 Daftar Isi
File_11 Bab III Pembahasan
File_9 Bab I Pendahuluan
File 1_Lembar Judul
File_6 Kata Pengatar
File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir
Anwar, S., Schadaw, F. E., & Althafani, A. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Bahasa Sunda Untuk Anak–Anak Metode Addie. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 195–202.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116–121.
Bichar, A. K., Widodo, N., & Wiyanti, H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perpindahan Energi Panas Menggunakan Model Discovery Learning Pada Kelas VB Sdn Ngaglik 01 Kota Batu. Jurnal Basicedu, 3(1), 125–129.
Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan Web Based Learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Jurnal Informatika, 3(2).
Firmantoro, K., Anton, A., & Nainggolan, E. R. (2016). Animasi interaktif pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 13(2), 103–110.
Nurlela, E. S. F., & Sujana, A. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 501–510.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Sidik, S., & Annisa, N. (2017). Animasi Interaktif Pengetahuan Dasar Bahasa dan Matematika Berbasis Multimedia. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 77–82.
Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.