Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas produk dan tingkat kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan di PT Indotama Baja Makmur. Dengan fokus pada bagaimana variabel-variabel tersebut mempengaruhi persepsi kepuasan pelanggan, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan PT Indotama Baja Makmur dan dianalisis menggunakan uji t untuk menguji signifikansi pengaruh masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari ambang batas 0,05, serta t hitung sebesar 6,692 yang lebih besar dibandingkan dengan t tabel sebesar 0,3120. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas produk secara langsung berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan. Selain itu, tingkat kepercayaan juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,04 dan t hitung sebesar 0,961 yang lebih besar dari t tabel sebesar 0,3120.
Kata Kunci : Kualitas produk, kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan, PT Indotama Baja Makmur, penelitian kuantitatif.
Cover Skripsi
Dwi Retno Wahyuni. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Study Pada Ksp Anugerah Mandiri Cabang Mranggen). Universitas Semarang.
Ghozali. (2021a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021b). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 26. (10th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani Uwais Al-Qarni Dede Suryan. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indohome Di Kota Cimahi. Jsm (Jurnal Sains Manajemen).
Indra Budaya Heppi Sofya. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Feri Pelaminan.” Stie Sakti Alam Kerinci.
Kotler, P. K. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid Ii (12th Ed.). Indeks Media.
Kotler Philip Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran (2nd Ed.).
Miguna, Dkk, A. (2020). Manajemen Pemasarab Umkm Dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: Deepublish.
Pahlevi M.R. (2019). Pengaruh Kualitas Yang Dirasakan, Nilai Yang Dirasakan, Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Produk Plastik Ramah Lingkungan. Jurnal Media Ekonomi (Jurmek). Https://Doi.Org/10.32767/Jurmek.V24i2.619
Rosyadi, & Ririn. (2020). Buku Monograf Pengendalian Kualitas. Bintang Pustaka Madani.
Setiawati. (2021). “Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bei.”
Sinta Zustika. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Ud. Depo Pagerwojo.” , Itb Ahmad Dahlan Lamongan.
Sitti Sahra Basri, Rachman Suwandaru, N. R. (2023). “ Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Pinrang.” Manajemen Institut Bisnis Dan Keuangan Nitro Makassar.
Siwi. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Informasi, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Online Di Magelang Melalui Aplikasi Shopee.
Sopia Eldawati Bakkareng Delvianti. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada Cv. Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan.” Faukltas Ekonomi Universitas Trisakti.
Suci Ramadhani Fitri Ayu Nofirda Sulisyandari. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Studi Pada Merek Apple).
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cv Alfabeta.
Wolo, & Nugroho. (2021). “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa/Mahasiswi Feb Akuntansi Uksw Di Masa Pandemi Covid 19”.
Yi, & Boateng, Y. (2021). Examining The Relationship Between Customer Bonding, Customer Participation And Customer Satisfaction. Journal Of Retailing And Consumer Service.