PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PAMERAN DIGITAL TARYA (TANAM KARYA) BERBASIS WEBSITE PADA KOMUNITAS LUBANG TANAM KOTA SINGKAWANG

research
  • 23 Oct
  • 2024

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PAMERAN DIGITAL TARYA (TANAM KARYA) BERBASIS WEBSITE PADA KOMUNITAS LUBANG TANAM KOTA SINGKAWANG

Perkembangan sains dan teknologi umat manusia telah membawa kita menuju era

baru, era teknologi dan informasi, era digital. Komunitas Lubang Tanam adalah sebuah

wadah bagi pegiat seni di Kota Singkawang untuk menuangkan bakat dan

kreativitasnya dalam berseni. Lubang Tanam juga merupakan tempat penyampaian

gagasan atau ide pegiat seni kepada masyarakat melalui media karya seni. Dalam

perjalanan Komunitas Lubang Tanam mengadakan kegiatan pameran seni terdapat

beberapa tantangan yang didapatkan yaitu harga sewa tempat/gedung yang mahal,

waktu pameran yang terbatas karena izin, lingkup pengunjung yang terbatas,

terbatasnya pemasaran karya seni, dan terbatasnya peserta pameran karena kapasitas

gedung yang tidak memungkinkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang

sistem informasid digital Komunitas Lubang Tanam. Metode penelitian ini

menggunakan metode Prototype. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi wadah

seniman untuk berkarya tanpa terbatas ruang dan waktu.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustin, W., Rio, U., Muzawi, R., Nasution, T., & Haryono, D. (2021). Penguatan

Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi

Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu. Abdiformatika: Jurnal

Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 8–17.

https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.132

Andraini, L., & Bella, C. (2022). PENGELOLAAN SURAT MENYURAT DENGAN

SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS: KELURAHAN GUNUNG TERANG).

Jurnal Portal Data, 2(1), 1–11.

Ariansyah, P. M., & Wijaya, K. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik

Berbasis Web: Studi Kasus: SD Negeri 18 Tanah Abang. Dalam Jurnal

Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika (Vol. 2, Nomor 3).

Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., &

Suri, G. P. (2021a). Analisa Perancangan Sistem Informasi (1 ed.). Yayasan

Cendikia Mulia Mandiri.

Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., &

Suri, G. P. (2021b). Analisa Perancangan Sistem Informasi (1 ed.). Yayasan

Cendikia Mulia Mandiri.

Arsyad, M. R., Junaedi, D., & Riyanto, R. (2023). Trend Perkembangan Ekonomi

Digital di Era Industri 4.0. Comit: Communication, Information and Technology

Journal, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.47467/comit.v1i1.33

Hadiono, K., & Santi, R. C. N. (2020). MENYONGSONG TRANSFORMASI

DIGITAL. SENDIU, 81–84.

Ichwani, A., Anwar, N., Karsono, K., & Alrifqi, M. (2021). Sistem Informasi

Penjualan Berbasis Website dengan Pendekatan Metode Prototype. Prosiding

SISFOTEK, 5(1), 1–6.

Julia, & Aryati, S. (2021). KEGIATAN PAGELARAN SENI DI SMP NEGERI 5

LHOKSEUMAWE. Cross-border, 4(1), 600–607.

96

Karimah, M., Supriyatna, S., & Rozali, C. (2024). PENGGUNAAN FIGMA DALAM

MENGGALI KREATIVITAS DESAIN UI/UX WEB PADA SMK IT BINA ADZKIA

1*. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/JIPM

Pulungan, S. M., Febrianti, R., Lestari, T., Gurning, N., & Fitriana, N. (2022). Analisis

Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database. JEMB,

01(2), 143–147. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i1.533

Rismayadi, D. A., Sulaeman, H., & Rohendi. (2023). Perancangan Sistem Informasi

Manajemen Kepegawaian Berbasis Website (Studi Kasus: CV Sampurna Part

Niaga). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 1(1), 433–

442. https://prosiding.seminars.id/prosainteks

Rudini, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen. CV. Azka Pustaka.

Surianto, D. F., Syahid Nur Wahid, M., Parenreng, J. M., Wahid, A., Gunawan Zain,

S., Ramdhany Edy, M., & Akram Nur Risal, A. (2023). PKM Pelatihan Figma

untuk Desain Prototipe Sistem Informasi. VOKATEK, 01(02), 57–63.

https://journal.diginus.id/index.php/VOKATEK/index

Togatorop, R. P., Simanjuntak, R. P., Manurung, S. B., & Silalahi, M. C. (2021).

PEMBANGKIT ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM DARI SPESIFIKASI

KEBUTUHAN MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING

UNTUK BAHASA INDONESIA. Jurnal Komputer dan Informatika, 9(2), 196–

206. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5051

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sudarsono, A., & Wijayanti, K. D. (2021). Sistem Informasi

Manajemen (1 ed.). Insan Cendekia Mandiri.

Zamzami, F., Nusa, N. D., & Faiz, I. A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. Gadjah

Mada University Press.

Zhafran, K. F., Gunagama, M. G., & Suryanti, N. (2023). EVALUASI PENERAPAN

GAMIFICATION PADA PAMERAN ARSITEKTUR VIRTUAL

EDUARCHSIA 2022. Seminar Karya & Oameran Arsitektur Indonesia, 6(1),

988–997.