Perkembangan sains dan teknologi umat manusia telah membawa kita menuju era
baru, era teknologi dan informasi, era digital. Komunitas Lubang Tanam adalah sebuah
wadah bagi pegiat seni di Kota Singkawang untuk menuangkan bakat dan
kreativitasnya dalam berseni. Lubang Tanam juga merupakan tempat penyampaian
gagasan atau ide pegiat seni kepada masyarakat melalui media karya seni. Dalam
perjalanan Komunitas Lubang Tanam mengadakan kegiatan pameran seni terdapat
beberapa tantangan yang didapatkan yaitu harga sewa tempat/gedung yang mahal,
waktu pameran yang terbatas karena izin, lingkup pengunjung yang terbatas,
terbatasnya pemasaran karya seni, dan terbatasnya peserta pameran karena kapasitas
gedung yang tidak memungkinkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang
sistem informasid digital Komunitas Lubang Tanam. Metode penelitian ini
menggunakan metode Prototype. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi wadah
seniman untuk berkarya tanpa terbatas ruang dan waktu.
TUGAS AKHIR ALDO HELYANDRE 12192466
Cover
Agustin, W., Rio, U., Muzawi, R., Nasution, T., & Haryono, D. (2021). Penguatan
Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi
Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu. Abdiformatika: Jurnal
Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 8–17.
https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.132
Andraini, L., & Bella, C. (2022). PENGELOLAAN SURAT MENYURAT DENGAN
SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS: KELURAHAN GUNUNG TERANG).
Jurnal Portal Data, 2(1), 1–11.
Ariansyah, P. M., & Wijaya, K. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik
Berbasis Web: Studi Kasus: SD Negeri 18 Tanah Abang. Dalam Jurnal
Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika (Vol. 2, Nomor 3).
Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., &
Suri, G. P. (2021a). Analisa Perancangan Sistem Informasi (1 ed.). Yayasan
Cendikia Mulia Mandiri.
Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., &
Suri, G. P. (2021b). Analisa Perancangan Sistem Informasi (1 ed.). Yayasan
Cendikia Mulia Mandiri.
Arsyad, M. R., Junaedi, D., & Riyanto, R. (2023). Trend Perkembangan Ekonomi
Digital di Era Industri 4.0. Comit: Communication, Information and Technology
Journal, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.47467/comit.v1i1.33
Hadiono, K., & Santi, R. C. N. (2020). MENYONGSONG TRANSFORMASI
DIGITAL. SENDIU, 81–84.
Ichwani, A., Anwar, N., Karsono, K., & Alrifqi, M. (2021). Sistem Informasi
Penjualan Berbasis Website dengan Pendekatan Metode Prototype. Prosiding
SISFOTEK, 5(1), 1–6.
Julia, & Aryati, S. (2021). KEGIATAN PAGELARAN SENI DI SMP NEGERI 5
LHOKSEUMAWE. Cross-border, 4(1), 600–607.
96
Karimah, M., Supriyatna, S., & Rozali, C. (2024). PENGGUNAAN FIGMA DALAM
MENGGALI KREATIVITAS DESAIN UI/UX WEB PADA SMK IT BINA ADZKIA
1*. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/JIPM
Pulungan, S. M., Febrianti, R., Lestari, T., Gurning, N., & Fitriana, N. (2022). Analisis
Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database. JEMB,
01(2), 143–147. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i1.533
Rismayadi, D. A., Sulaeman, H., & Rohendi. (2023). Perancangan Sistem Informasi
Manajemen Kepegawaian Berbasis Website (Studi Kasus: CV Sampurna Part
Niaga). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 1(1), 433–
442. https://prosiding.seminars.id/prosainteks
Rudini, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen. CV. Azka Pustaka.
Surianto, D. F., Syahid Nur Wahid, M., Parenreng, J. M., Wahid, A., Gunawan Zain,
S., Ramdhany Edy, M., & Akram Nur Risal, A. (2023). PKM Pelatihan Figma
untuk Desain Prototipe Sistem Informasi. VOKATEK, 01(02), 57–63.
https://journal.diginus.id/index.php/VOKATEK/index
Togatorop, R. P., Simanjuntak, R. P., Manurung, S. B., & Silalahi, M. C. (2021).
PEMBANGKIT ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM DARI SPESIFIKASI
KEBUTUHAN MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING
UNTUK BAHASA INDONESIA. Jurnal Komputer dan Informatika, 9(2), 196–
206. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5051
Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sudarsono, A., & Wijayanti, K. D. (2021). Sistem Informasi
Manajemen (1 ed.). Insan Cendekia Mandiri.
Zamzami, F., Nusa, N. D., & Faiz, I. A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. Gadjah
Mada University Press.
Zhafran, K. F., Gunagama, M. G., & Suryanti, N. (2023). EVALUASI PENERAPAN
GAMIFICATION PADA PAMERAN ARSITEKTUR VIRTUAL
EDUARCHSIA 2022. Seminar Karya & Oameran Arsitektur Indonesia, 6(1),
988–997.