Perancangan aplikasi MYKAS untuk RT 003 Kelurahan Gandaria Selatan Jakarta Selatan Berbasis Android

research
  • 23 Oct
  • 2024

Perancangan aplikasi MYKAS untuk RT 003 Kelurahan Gandaria Selatan Jakarta Selatan Berbasis Android

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu ketua RT 003 Kelurahan Gandaria Selatan

dalam mempermudah pengelolaan keuangan. Permasalahan sering terjadi karena

sistem pengendalian uang di RT 003 Kelurahan Gandaria Selatan Jakarta Selatan

masih dilakukan secara manual. Kesalahan seperti buku kas kotor, rusak, atau bahkan

hilang sering terjadi, sehingga dibutuhkan suatu kerangka kerja yang dapat

membantu pejabat mengawasi organisasi yang ada. Hal ini menghasilkan sistem data

administrasi keuangan Rukun Tetangga yang dapat diakses secara online. Aplikasi

ini dirancang dengan menggunakan tools android studio, figma, dan database

menggunakan firebase. Aplikasi ini digunakan bendahara RT serta pengawas

keuangan agar dapat menggunakannya untuk mengumpulkan data penghuni.

Masyarakat juga dapat melihat laporan keuangan secara khusus. Dengan adanya

aplikasi ini, diharapkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan

RT dapat meningkat, serta meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat sistem

manual. Aplikasi ini juga memungkinkan akses data yang lebih cepat dan efisien bagi

semua pihak yang berkepentingan.

Unduhan

 

REFERENSI

Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan UI/UX

Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information

Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079

Andie. (2019). Sistem Informasi Dan Administrasi RT (Sipakrt) Berbasis Web.

Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 140. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2120

Anwar, S., Andrawina, L., & Rizana, A. F. (2020). Perancangan Sistem Informasi

Untuk Pengelolaan Data Warga Dalam Tingkat RT Dengan Metode Scrum. E-

Proceeding of Engineering, 7(2), 6137–6146.

Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi

Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. 4(3), 1–5.

Baihaqi, M. A., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Pengembangan Aplikasi Sistem

Informasi Prakerin Berbasis Android Di Jurusan Elektronika Industri Smkn 1

Cikande. Jurnal Edukasi Elektro, 4(1). https://doi.org/10.21831/jee.v4i1.32527

Faisal, P., & Kisman, Z. (2020). Information and communication technology utilization effectiveness in distance education systems. International Journal of

Engineering Business Management, 12, 1–9.

https://doi.org/10.1177/1847979020911872

Fauziah, N. R. (2022). Model Bisnis untuk Pengembangan Bisnis pada Masa Sulit dan

Masa Sukses. 1–5. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/j2cf3

Febriandirza, A. (2020). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan

Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 7(2), 123–133.

https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.123-133

Firly, N. (2018). Create Your Own Android Aplication. PT Elex Media Komputindo.

Kani. (2020). Modul Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Algoritma Dan Bahasa

Pemrograman, 1, 1–36. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-

content/uploads/pdfmk/MSIM4203-M1.pdf

Noor, A. A. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan

Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat

Mandiri, 6(2), 1477.

Permana, A. Y., & Romadlon, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan

Perumahan Mengunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous

Berbasis Mobile. SIGMA – Jurnal Teknologi Pelita Bangsa.

Pratama, S. (2019). Eksplorasi Bahasa Pemograman Kotlin Dalam Membangun

Aplikasi Android (Studi Kasus : Aplikasi Berita Komunitas Pecinta Anime).

TUGAS AKHIR.

Pratama, S. D., Lasimin, L., & Dadaprawira, M. N. (2023). Pengujian Black Box

Testing Pada Aplikasi Edu Digital Berbasis Website Menggunakan Metode

Equivalence Dan Boundary Value. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi SistemInformasi Dan Sistem Komputer TGD), 6(2), 560.

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8166

Prayogo, T. A. E., & Rosadi, M. I. (2023). Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat

Berbasis Android Pada Kecamatan Sukorejo Menggunakan Metode Waterfall.

Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(4), 50–80.

https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/153

Purba, D. S., Kurniullah, A. Z., Banjarnahor, A. R., Revida, E., Purba, S., Purba, P. B.,

Sari, A. P., Hasyim, H., Yanti, Y., & Butarbutar, M. (2021). Manajemen Usaha

Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis.

Rutmeida, H. A. (2021). Literature Review: Kelebihan Pengujian Kotak Hitam (Black

Box Testing) Pada Pengujian Perangkat Lunak. LITERATURE REVIEW JURNAL

INFORMATIKA.

Sanjaya, M. R., Saputra, A., & Kurniawan, D. (2021). Penerapan Metode System

Usability Scale (Sus) Perangkat Lunak Daftar Hadir Di Pondok Pesantren

Miftahul Jannah Berbasis Website. Jurnal Komputer Terapan, 7(1), 120–132.

https://doi.org/10.35143/jkt.v7i1.4578

Sulistyowati, C., Farihah, E., & Hartadinata, O. (2020). Anggaran Perusahaan: Teori

Dan Praktika. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Vina Alliana. (2024). Analisis Penerapan Dan Fungsi Algoritma Pemrograman Pada

Komputer. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1),

207–218. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2401

Yulianti, M. (2023). Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK

IPTEK Tangsel Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. LOGIC : Jurnal Ilmu

Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 485–495. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

Arinatha, Wayan Arby, Swastika, Putu Agus, & Tiawan (2023). Rancangan Model

Bisnis Produk Dengan Menggunakan Metode Lean Startup (Studi Kasus Startup

HealthyTips)., https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2130

Yudhistira, Rasyid, Yuniaristanto, Y., & Hisjam, Muh. (2021). PENGEMBANGAN

BISNIS PADA STARTUP TEMANRINDU DENGAN METODE STARTUP

EVOLUTION CURVE., https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i3.30641