Aplikasi ini bertujuan untuk membantu ketua RT 003 Kelurahan Gandaria Selatan
dalam mempermudah pengelolaan keuangan. Permasalahan sering terjadi karena
sistem pengendalian uang di RT 003 Kelurahan Gandaria Selatan Jakarta Selatan
masih dilakukan secara manual. Kesalahan seperti buku kas kotor, rusak, atau bahkan
hilang sering terjadi, sehingga dibutuhkan suatu kerangka kerja yang dapat
membantu pejabat mengawasi organisasi yang ada. Hal ini menghasilkan sistem data
administrasi keuangan Rukun Tetangga yang dapat diakses secara online. Aplikasi
ini dirancang dengan menggunakan tools android studio, figma, dan database
menggunakan firebase. Aplikasi ini digunakan bendahara RT serta pengawas
keuangan agar dapat menggunakannya untuk mengumpulkan data penghuni.
Masyarakat juga dapat melihat laporan keuangan secara khusus. Dengan adanya
aplikasi ini, diharapkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan
RT dapat meningkat, serta meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat sistem
manual. Aplikasi ini juga memungkinkan akses data yang lebih cepat dan efisien bagi
semua pihak yang berkepentingan.
Project z
turnitin
cover
submit jurnal
Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan UI/UX
Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information
Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079
Andie. (2019). Sistem Informasi Dan Administrasi RT (Sipakrt) Berbasis Web.
Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 140. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2120
Anwar, S., Andrawina, L., & Rizana, A. F. (2020). Perancangan Sistem Informasi
Untuk Pengelolaan Data Warga Dalam Tingkat RT Dengan Metode Scrum. E-
Proceeding of Engineering, 7(2), 6137–6146.
Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi
Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. 4(3), 1–5.
Baihaqi, M. A., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Pengembangan Aplikasi Sistem
Informasi Prakerin Berbasis Android Di Jurusan Elektronika Industri Smkn 1
Cikande. Jurnal Edukasi Elektro, 4(1). https://doi.org/10.21831/jee.v4i1.32527
Faisal, P., & Kisman, Z. (2020). Information and communication technology utilization effectiveness in distance education systems. International Journal of
Engineering Business Management, 12, 1–9.
https://doi.org/10.1177/1847979020911872
Fauziah, N. R. (2022). Model Bisnis untuk Pengembangan Bisnis pada Masa Sulit dan
Masa Sukses. 1–5. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/j2cf3
Febriandirza, A. (2020). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan
Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 7(2), 123–133.
https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.123-133
Firly, N. (2018). Create Your Own Android Aplication. PT Elex Media Komputindo.
Kani. (2020). Modul Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Algoritma Dan Bahasa
Pemrograman, 1, 1–36. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-
content/uploads/pdfmk/MSIM4203-M1.pdf
Noor, A. A. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan
Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat
Mandiri, 6(2), 1477.
Permana, A. Y., & Romadlon, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan
Perumahan Mengunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous
Berbasis Mobile. SIGMA – Jurnal Teknologi Pelita Bangsa.
Pratama, S. (2019). Eksplorasi Bahasa Pemograman Kotlin Dalam Membangun
Aplikasi Android (Studi Kasus : Aplikasi Berita Komunitas Pecinta Anime).
TUGAS AKHIR.
Pratama, S. D., Lasimin, L., & Dadaprawira, M. N. (2023). Pengujian Black Box
Testing Pada Aplikasi Edu Digital Berbasis Website Menggunakan Metode
Equivalence Dan Boundary Value. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi SistemInformasi Dan Sistem Komputer TGD), 6(2), 560.
https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8166
Prayogo, T. A. E., & Rosadi, M. I. (2023). Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat
Berbasis Android Pada Kecamatan Sukorejo Menggunakan Metode Waterfall.
Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(4), 50–80.
https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/153
Purba, D. S., Kurniullah, A. Z., Banjarnahor, A. R., Revida, E., Purba, S., Purba, P. B.,
Sari, A. P., Hasyim, H., Yanti, Y., & Butarbutar, M. (2021). Manajemen Usaha
Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis.
Rutmeida, H. A. (2021). Literature Review: Kelebihan Pengujian Kotak Hitam (Black
Box Testing) Pada Pengujian Perangkat Lunak. LITERATURE REVIEW JURNAL
INFORMATIKA.
Sanjaya, M. R., Saputra, A., & Kurniawan, D. (2021). Penerapan Metode System
Usability Scale (Sus) Perangkat Lunak Daftar Hadir Di Pondok Pesantren
Miftahul Jannah Berbasis Website. Jurnal Komputer Terapan, 7(1), 120–132.
https://doi.org/10.35143/jkt.v7i1.4578
Sulistyowati, C., Farihah, E., & Hartadinata, O. (2020). Anggaran Perusahaan: Teori
Dan Praktika. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Vina Alliana. (2024). Analisis Penerapan Dan Fungsi Algoritma Pemrograman Pada
Komputer. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1),
207–218. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2401
Yulianti, M. (2023). Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK
IPTEK Tangsel Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. LOGIC : Jurnal Ilmu
Komputer Dan Pendidikan, 1(3), 485–495. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
Arinatha, Wayan Arby, Swastika, Putu Agus, & Tiawan (2023). Rancangan Model
Bisnis Produk Dengan Menggunakan Metode Lean Startup (Studi Kasus Startup
HealthyTips)., https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2130
Yudhistira, Rasyid, Yuniaristanto, Y., & Hisjam, Muh. (2021). PENGEMBANGAN
BISNIS PADA STARTUP TEMANRINDU DENGAN METODE STARTUP
EVOLUTION CURVE., https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i3.30641