Pariwisata adalah sektor kunci yang berperan penting dalam menggerakkan ekonomi lokal di Kuningan, Jawa Barat. Resort Sangkan Park Kuningan, dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, telah menjadi destinasi unggulan berkat keindahan alam dan budaya, serta berbagai fasilitas yang menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Tantangan dan peluang dalam industri hiburan menuntut Sangkan Park untuk terus beradaptasi melalui diversifikasi wahana dan strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran yang komprehensif dan terintegrasi, serta analisis Hierarki Efek (Kognitif, Afektif, Konatif), menjadi landasan penting dalam merumuskan keputusan strategis. Pengembangan sektor wisata hiburan menjadi kunci bagi Resort Sangkan Park Kuningan dalam meningkatkan daya saingnya. Melalui analisis Hierarki Efek, resort ini dapat memahami kondisi internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan wisatanya. Dengan menciptakan konsep dan tema wisata yang unik, serta memanfaatkan teknologi dan inovasi, Sangkan Park berpotensi menarik lebih banyak pengunjung. Kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah dan komunitas lokal, memperkuat posisi resort ini sebagai destinasi wisata yang berdaya saing tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis Hierarki Efek dalam kerangka pengembangan wisata hiburan di Resort Sangkan Park Kuningan, dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada aspek komunikasi, serta memberikan rekomendasi strategis guna mendukung kemajuan resort dan industri pariwisata di Kuningan.
Skripsi
Jurnal
Cover
Bukti Submit Jurnal
Agustin, A., & Agustiani, H. A. (2022). RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang.
Alfarici, & Irma, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh Dalam Memenangkan Kompetisi Pariwisata Halal 2016.
Berlian, & Eri. (2016). MetMetodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Sukabina Press.
Djakaria, M. R., Hinelo, R., & Rahman, E. (n.d.). Analisis Swot Dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Hotel Grand Q Gorontalo. JAMBURA, 5, 2022. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Firmansyah, & Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.
Leonandri, D., Dosen, :, & Trisakti, S. (2016). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERHOTELAN DI KOTA BANDUNG, JAWA BARAT (STUDI KASUS DI HOTEL HORISON). In Jurnal Ilmiah Pariwisata (Vol. 21, Issue 3).
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relation. CV Pustaka Setia.
Pratama, A., & Nasution, A. A. (2020). Mempertahankan Tradisi Pacu Jawi Etnografi Tentang Pengetahuan Dan Praktek Memelihara Sapi Pacuan Di Nagari iii Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
Ratwianingsih, Lely, Tri Mulyaningsi, & Johadi. (2021). Pengembangan Desa Wisata Alam Kepuh.
Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Pustaka Setia.
Suwendra. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. NilaCakra.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2020). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Solomon, M. R., Marshall, G. W., & Stuart, E. W. (2018). Marketing: Real People, Real Choices (9th ed.). Pearson.
Wijaya, H. A., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1). Universitas Sebelas Maret.
Febriansyah, R. Y., & Prabowo, F. S. A. (2023). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Adopsi Media Sosial terhadap Kinerja UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1). Universitas Kristen Petra.