Membangun sistem informasi pariwisata berbasis web sangatlah penting, dengan adanya sistem tersebut, kita dapat mengetahui yang tadinya tidak diketahui masyarakat mengenai apa saja yang ada di Pontianak. Pariwisata menjadi fokus khusus dari pemerintah, Pariwisata sebagai program pembangunan ekonomi. Karena pariwisata terbukti memiliki kontribusi besar pada pembangunan Indonesia, khususnya sebagai sektor pendapatan negara dan juga daerah. Dikarenakannya dalam pengelolaan sistem informasi masih belum terkomputerisasi. Oleh sebab itu, diperlukan Sistem informasi pariwisata sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada wisatawan maupun masyarakat umum mengenal tempat wisata. Tujuan dari sistem informasi pariwisata adalah untuk memfasilitasi penciptaan lapangan kerja dengan menarik wisatawan domestik dan internasional sehingga meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat. Dibuatnya prototype sebagai ide atau usulan dibangunnya sistem informasi pariwisata Kota Pontianak berbasis Web sebagai media promosi serta sumber informasi online untuk mengetahui objek wisata, kuliner, dan tempat-tempat unik yang ada di Kota Pontianak. Keberadaan sistem informasi pariwisata akan meningkatkan kesadaran masyarakat luar terhadap tempat wisata kota tersebut dan mendorong pemerintah daerah untuk fokus dalam pengelolaannya.
Agustini, & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(3), 154–159. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/526
Al Ghozali, R. I. G. (2023). Sistem Informasi Penjualan Ayam Berbasis Android Pada PT. MAFI. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 6(1), 295–304.
Anggraini, Z. I. (2023). PERBANDINGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE DAN K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI TIKTOK PADA GOOGLE PLAY STORE. UPN" Veteran" Yogyajarta.
Annisa, E. N., Matondang, N. H., & Afrizal, S. (2022). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Pada Kabupaten Nunukan. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 478–486. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2822
Damayanti, E. (2019). Sistem Informasi Penjualan Obat Pertanian Berbasis Web pada Toko BUTANI Blora. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 161–170.
Djunaid, I. S., Fahlevi, R., Sinambela, F. A., Djati, S. P., & Nurbaeti, N. (2024). Tinjauan Ontologi Pekan Gawai Dayak Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya di Kota Pontianak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2629–2637. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3946
Doni, R., & Rahman, M. (2020). Sistem monitoring tanaman hidroponik berbasis IoT (Internet of Thing) menggunakan Nodemcu ESP8266. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 4(2), 516–522.
Effendy, E., Siregar, E. A., Fitri, P. C., & Damanik, I. A. S. (2023). Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4343–4349.
Fachruddin, F., Syukri, M., Maulidya, A., & Syahputra, D. (2023). Klasifikasi Sistem dan Hubungan sebagai Inti dari Sistem. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 535–542. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.3182
Fathurrohman, R., & Ardhiansyah, M. (2020). Aplikasi Pemandu Wisata Berbasis Web Menggunakan Model Extreme Programming (Studi Kasus: DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia DKI Jakarta). Jurnal Ilmu Komputer & Informatika, 1(1), 17–24.
Fikriyya, A., & Dirgahayu, R. T. (2020). Implementasi Prototyping dalam Perancangan Sistem Informasi Pendar Foundation Yogyakarta. AUTOMATA, 1(2).
Firliana, R., & Rhohman, F. (2019). Aplikasi sistem informasi absensi mahasiswa dan dosen. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 2(2), 70–74.
Fitri, L. E., Setiawan, D., Utomo, P. E. P., & Bhayangkari, S. K. W. (2021). Penerapan Sistem Informasi Desa Berbasis TIK Di Desa Nyogan Menuju Tata Kelola Good Governance Dan Kemandirian Desa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 494–503. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11568
Ghoniyu, M. R. (2019). Aplikasi Game Simulasi Tanggap Bencana Gempa Dan Banjir Berbasis Android Pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jawa Barat. Universitas Komputer Indonesia.
Hoendarto, G., Ndaumanu, R. I., & Hero, M. J. (2022). Penerapan Sistem Informasi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Sintang. Inteksis, 9(2), 47–56. https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/inteksis/article/view/1517%0Ahttps://journal.widyadharma.ac.id/index.php/inteksis/article/download/1517/1672
Komalasari, Y. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Pt Bina San Prima Karawang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 158–175.
Kurniawan, A. R. (2024). LKP: Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Berbasis Web pada PT Surya Baru Aneka Bangunan. Universitas Dinamika.
Kusumo, A. T., Vito Triantori, & Ishak Komarudin. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 82–88. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2.422
Mukaffi, Z., & Tri Haryanto. (2022). Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuwangi. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.55123/toba.v1i2.356
Nurwulan, F., & Choldun, M. I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pensiun Pada PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Barat. Improve, 12(1), 22–29.
Pitanatri, P. D. S. (2020). Sejarah perkembangan pariwisata dan definisi pariwisata. Pariwisata.
Pramudita, R., Arifin, R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). Penggunaan aplikasi figma dalam membangun ui/ux yang interaktif pada program studi teknik informatika stmik tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 149–154.
Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TeknoIf, 7(1), 32. https://doi.org/10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39
Putra, F. D., Riyanto, J., & Zulfikar, A. F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset pada Universitas Pamulang. Journal of Engineering, Technology & Applied Science, 2(1), 32–50.
Ranuwinata, H., & Suryadi, L. (2022). Penerapan Metode Topsis Untuk Pemberian Beasiswa Murid Tahfidz Pada SDIT Stabit Keis. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1370–1378.
RIDWAN, R. (2020). Ekonomi dan pariwisata. Penerbit Garis Khatulistiwa.
Riski, A. (2021). Rancang bangun knowledge management system sharing materi kuliah, forum diskusi, dan prosedur pelayanan akademik program studi berbasis android studi kasus: program studi sistem informasi UIN Jakarta. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Saputra, D., Haryani, H., Martias, M., Surniandari, A., & Widianto, K. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pesamline (Pemesanan Ambulance Online) Berbasis Android. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2), 110–122. https://doi.org/10.32767/jusim.v6i2.1188
Saputra, D., & Ishak, R. (2019). Pelayanan Perpustakaan Berbasis Web ( Studi Kasus MAN I Kota Tangerang Selatan ). Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 33–42.
Saputra, D., Meilinda, E., & Sidauruk, J. (2024). RPG based educational game on basic arithmetic using the MDLC method. ITEGAM-JETIA, 10(47), 115–123.
Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, September, 246–260. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19517
Sudjiran, S., Saefudin, M., & Perdana, S. A. (2023). Digital System Ui/Ux Design Management Submission of Agricultural Cost Loans Using Figma Software. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 7(1), 74–85.
Suharyanto, E. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android Dengan Metode RAD. Jurnal Ilmu Komputer, 5(1), 30.
Syabania, R., & Rosmawani, N. (2021). Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website. Rekayasa Informasi, 10(1), 44–49.
Syahputra, G., Calam, A., Nugroho, C., Faisal, F., & Syafrizal, S. (2021). Pembuatan Website Stkip Amal Bakti. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 43–48.
Syarif, M., & Pratama, E. B. (2021). Analisis Metode Pengujian Perangkat Lunak Blackbox Testing Dan Pemodelan Diagram Uml Pada Aplikasi Veterinary Services Yang Dikembangkan Dengan Model Waterfall. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 5(2), 253–258.
Tabrani, M., & Aghniya, I. R. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 41–50.
Wijaya, A. A. A. (2020). TA: Rancang Bangun Aplikasi untuk Konversi Business Process Model Notation ke Model Unified Modeling Language Berbasis Website. Universitas Dinamika.