Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Purific Pada Media Sosial TikToK Akun Jadi Sukses Marketingnya (JSM)

research
  • 14 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Purific Pada Media Sosial TikToK Akun Jadi Sukses Marketingnya (JSM)

Penelitian ini mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh akun resmi Jadi Sukses Marketingnya (JSM) di TikTok untuk mempromosikan produk perawatan kulit bernama Purific. Di era digital, media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi platform utama bagi perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. TikTok, dengan konten pendek dan kreatif, menawarkan peluang besar bagi perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih muda. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi pemasaran diimplementasikan oleh JSM di TikTok dan bagaimana konten dipilih serta dikembangkan untuk menarik perhatian pengguna. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menganalisis konten dan strategi pemasaran yang digunakan oleh JSM, serta dampaknya terhadap kesadaran dan penerimaan produk Purific di kalangan pengguna TikTok. Penelitian ini menemukan bahwa JSM berhasil menggunakan berbagai taktik kreatif dalam konten video pendek mereka, termasuk tutorial makeup, untuk mempromosikan produk Purific. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan lain yang ingin memanfaatkan TikTok sebagai platform pemasaran yang efektif.

Serta mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam proses komunikasi pemasaran di TikTok, serta memberikan rekomendasi untuk strategi komunikasi yang lebih baik. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman teoritis dan praktis tentang komunikasi pemasaran di era digital.

Unduhan

  • COVER.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 22x | Ukuran 189 KB

REFERENSI

Buku

Dr. Benny A. Pribadi. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran.

Dr. M. Anang Firmansyah, S. E. , M. M. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media, Ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Jurnal

Edwardo, & Ginting. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Puskesmas Desa Merdeka, Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Gaffar, V., & Aziz Sugiharto, N. (2023). Analisis Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dan Keputusan Pembelian Pada Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI). In Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis (Vol. 14, Issue 2).

Herawati, H., Program, M., Manajemen, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020.). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat (Studi Kasus Pada Factory Outlet PT. Martina Berto Tbk.). In KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 2, Issue 1).

Hilal Ramadhan, I., Priatama, R., Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial) Analysis of Digital Marketing Techniques in Tiktok Aplication (Case Study of @jogjafoodhunterofficial). Online) Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60

Publikasi Umum

Kusuma Vardhani, N., Siwi Purwaning Tyas, A., Studi Bahasa Inggris, P., Bahasa, D., dan Manajemen Budaya, S., & Vokasi, S. (2018). Agnes Siwi Purwaning Tyas-Strategi Komunikasi dalam Interaksi dengan Mahasiswa Pertukaran Asing.

Mardiyanto, D. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo) (Vol. 03, Issue 01).

Muya Syaroh Iwanda Lubis. (2021). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Teacher And Student Communication Strategy In Preventing Malking Teenagers.

Nurhayati. (n.d.). Strategi Guru dalam Menghadapi Hambatan Komunikasi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Akidah  Akhlak.

Sapriyah, Sosiologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 2(1), 470–477.

Shifa Urohmah. (2023). Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila  Dan Kewarganegaraan Di Kelas Iv C Sdn Taktakan 1.

Sisyadi, B., Pribadi, M. A., Simbolik, I., Perencanaan, P., Pemasaran, K., Etnografi, S., Ozzigeno, P. I., & Solusi, N. (2020). Interaksi Simbolik sebagai Pembentukan Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Etnografi pada PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi).

Su, Y., Baker, B. J., Doyle, J. P., & Yan, M. (2020). Fan engagement in 15 seconds: Athletes’ relationship marketing during a pandemic via TikTok. International Journal of Sport Communication, 13(3), 436–446. https://doi.org/10.1123/ijsc.2020-0238

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 4th ed.). ALFABETA.

Sugiyono. (2019b). Pengertian Kuantitatif  Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 4th ed.). Alfabeta.

Uqoiziah. (n.d.). Persepsi jama’ah terhadap penggunaan pola komunikasi oleh Ustadz di Majelis Taklim Tasywiqul Fata Desa Petaling.