STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM INDONESIA TBK DI JAKARTA DALAM MENJAGA CITRA PERUSAHAAN

research
  • 14 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM INDONESIA TBK DI JAKARTA DALAM MENJAGA CITRA PERUSAHAAN

PT. Telkomunikasi atau yang biasa kita kenal sebagai Telkom merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi dan saat ini menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tak hanya itu PT. Telkom juga menjadi perusahaan terbesar keenam di dunia. Public Relations merupakan bagian penting untuk menjaga citra sebuah perusahaan. Skripsi ini membahas tentang strategi PT. Telkom Indonesia Tbk di Jakarta dalam menjaga citra perusahaan. Pokok permasalahan yang terdapat di dalamnya ada 1 yaitu: bagaimana strategi public relations PT. Telkom Indonesia Tbk di Jakarta dalam menjaga citra perusahaan?Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan penelitian komunikasi, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Strategi public relations di PT. Telkom Indonesia dalam menjaga citra perusahaan, yaitu: (1) menyusun kegiatan media relations/media partnership. (2) menjalin hubungan yang baik/harmonis dalam perusahaan baik dalam lingkungan perusahaan (publik internal) maupun dengan lingkungan diluar perusahaan (publik eksternal) Usaha yang dilakukan PT. Telkom Indonesia, Tbk dalam menjaga citra perusahaan, yaitu (1) memaksimalkan pelayanan yang baik dan prima kepada konsumen, menyalurkan kepedulian melalui bantuan corporate social responsibility (CSR). (2) pemantapan tugas karyawan, guna mencapai visi dan misi perusahaan dalam menjaga citra perusahaan sebagai bagian dari tugas public relations. Dari hasil penelitian ini, strategi pada aktivitas yang dilaksanakan pada sebuah perusahaan, harus memahami bahwa pentingnya teknik yang digunakan sebagai strategi khususnya strategi public relations untuk membantu melaksanakan kegiatan perusahaan guna mencapai tujuan atau visi dan misi.

Unduhan

  • Skripsi+LOA Ramadhan.pdf

    Skripsi Ramadhan Putra Ardianto_44190219

    •   diunduh 20x | Ukuran 3,232 KB

 

REFERENSI

Andi Devy Aisyah Ansar, Nurafifah, I. P., Sundari, S., & Madein, A. (2023). Peran Corporate Social Responsibility Dalam Membangun Citra Perusahaan: Sebuah Literatur. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51903/jiab.v3i1.195

 

Ardianto. (2019). Pengaruh Persepsi Program Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Citra Perusahaan Pt Petrokimia Gresik. Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 17.

 

Arif Zunaidi, H. S., Zunaidi, A., & Zunaidi, A. (2021). Peran Marketing Public Relations Dalam Merawat Dan Mempertahankan Loyalitas Donatur Infaq. ISTITHMAR : Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam, 5(2), 16–43. https://doi.org/10.30762/itr.v5i2.3375

 

Erlangga, C. Y., & Masitoh, S. (2020). Strategi Public Relation Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Era New Normal ( Studi Kasus Suvana Jakarta Golf ). Jurnal Public Relation-JPR, 1, 122–127.

 

Maryadi, E. (2020). Strategi komunikasi humas dalam memperbaiki citra Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. INTELEKTIVA: Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 67–72. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/264

 

Maulyan, F. F., Yuniati Drajat, D., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.660

 

Miranthi, A. I. (2017). Pengaruhcitra Perusahaan,Kualitaslayanan, Dan Persepsi Harga Terhadapminat Beli Ulang Melalui Kepuasanpelanggansebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Ofmanagement , 6(3), 1–8.

 

Nasution, I. I. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Jurnal Warta Edisi : 61, 13(3), 141–143.

 

Octasylva, A. R. P., & Rurianto, J. (2020). Analisis Industri Telekomunikasi Seluler di Indonesia: Pendekatan SCP (Structure Conduct Perfoemance). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 391–408. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.146

 

Oktarina, A. (2019). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif Dprd Kabupaten Rejang Lebong. Skripsi, 1–50.

 

Rahmadanty, M. (2019). Fungsi Public Relations Sebagai Fasilitator Komunikasi Menjembatani Hubungan Antara Pemerintah Dan Masyarakat (Studi Kasus : Fenomena Desain Kaum Illuminati Pada Jam Gadang). Ilmu Komunikasi, 9(2), 242–254.

 

Rifa’i, B. (2023). Eks Pejabat PT Telkomsigma Didakwa Proyek Fiktif Rugikan Negara Rp 324,8 M Baca artikel detiknews, “Eks Pejabat PT Telkomsigma Didakwa Proyek Fiktif Rugikan Negara Rp 324,8 M” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-7002087/eks-pejabat-pt-telkomsigma. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-7002087/eks-pejabat-pt-telkomsigma-didakwa-proyek-fiktif-rugikan-negara-rp-324-8-m

 

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

 

Sartika, S., & Rachmat, I. (2023). Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 199–215. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.698

 

Sofyan, H. (2022). Peran Media Relations Dalam Pembentukan Citra Perusahaan. December, 1–8. https://www.researchgate.net/publication/366064569

 

Susilo, D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Deposito Online Bank Sinarmas Kantor Cabang Surabaya. PRecious: Public Relations Journal, 1(1), 42–70. https://doi.org/10.24246/precious.v1i1.4193

 

Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 2(1), 27–42. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i1.54

Yunizar Khairunnisa. (2016). Strategi Public Relations Pt. Telkom Indonesia Tbk Di Makassar Dalam Menjaga Citra Perusahaan. 17–20. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/835/1/YUNIZAR KHAIRUNNISA.pdf

 

Zahra, K. F., & Sarwoprasodjo, S. (2018). HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi kasus: Program CSR PTPN VIII, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 2(6), 1–12.