Jago Syariah Bank Digital adalah salah satu aplikasi bank digital yang dibuat oleh Bank Jago dan digunakan di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan pelayanan keuangan digital yang berfokus pada kehidupan masyarakat di era ini. Masalah pada aplikasi Jago Syariah Bank Digital adalah login, transaksi gagal, penutupan paksa aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Jago Syariah Bank Digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah persepsi kemanfaatan (Perceived Usefulness), persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) dan variabel dependen yaitu minat perilaku (Behavioral Intention to Use). Data diambil dari kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Selanjutnya data akan diolah melalui software SPSS versi 27 dengan analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan (Perceived Usefulness) (X1) dan persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku (Behavioral Intention to Use) (Y). Berdasarkan analisis regresi linear berganda hasil yang didapat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka artinya yaitu variabel (X1) dan (X2) secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) sebesar 61,6%.
Skripsi_17200514_Yudha Imam Setiadi
Cover Skripsi_Yudha Imam Setiadi
Jurnal_Yudha Imam Setiadi
Adjani, K., & Hudawiguna, S. (2023). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi My APTIKOM Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Algoritma, 20(2), 233–242. Retrieved from https://jurnal.itg.ac.id/
Aji Giatama, & Ferdiyanto, Y. A. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Efektivitas Transaksi Dengan DANA Wallet Menggunakan Metode TAM (Technology Acceptance Model). JURNAL SESSION (Software Development Digital Business Intelligence and Computer Engineering), 2(1), 07–11. https://doi.org/10.57203/session.v2i1.2023.07-11
Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, ; Kamaluddin, Penulis, N., Nur, :, & Amin, F. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15–31. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Andry Fernandes, J., Herlina, & Rianto Antonius. (2023). AnaIisis Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Shopee Dengan Metode UTAUT. CogITo Smart Journal, 9(1), 73– 83. https://doi.org/10.31154/COGITO.V9I1.454.73-83
Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). PELATIHAN PENGUJIAN HIPOTESIS STATISTIKA DASAR DENGAN SOFTWARE R. Jurnal BUDIMAS, 3(2).
Aprillia, N., & Sanjaya, M. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 511–520. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1053
Aryani, E., & Kurnianingsih, H. (2023). PENGARUH INOVASI PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA BEAT DI SURAKARTA. Jurnal Maneksi, 12(2).
Ashsifa, I. (2020). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN NIAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING SECARA BERKELANJUTAN (PRIVASI DAN PERSONALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 3(1), 25. https://doi.org/10.33365/TB.V3I1.644
Bank Jago. (2021). Bank Jago - Bank Jago Luncurkan Layanan Syariah Digital. Retrieved June 25, 2024, from https://www.jago.com/id/media-center/events/bank jagoluncurkan-layanan-syariah-digital
Bank Jago. (2023). Bank Jago - Info Perusahaan. Retrieved April 26, 2024, from https://www.jago.com/id/company-info
Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN APLIKASI BCA MOBILE DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452–459. https://doi.org/10.33365/JTI.V16I2.2045
Cindi Monarike, V., & Krisbiantoro, D. (2022). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP APLIKASI ZOOM CLOUD MEEETING MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO). JOISM : JURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, 4(1).
Fahmi, F. A., & SS, H. H. (2019). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA FILM TERHADAP KEWASPADAAN SISWA TENTANG PELECEHAN SEKSUAL DI KELAS VIII-C SMP N 1 MATESIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Medi Kons, 5(2).
Hie, B. P. (2021). PANDUAN TRANSFORMASI DIGITAL BANK DI INDONESIA: Konsep dan Praktek dalam Memimpin Transformasi Total (R. S. Bsc, Ed.). Malang: Media Nusa Creative.
Ismawan, E., Canta, D. S., & Hadisaputro, E. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Bagi Mahasiswa STMIK Borneo Internasional Balikpapan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 673–679. https://doi.org/10.30865/JURIKOM.V9I3.4239
Kurnia, R. A., & Tandijaya, T. N. B. (2023). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, SECURITY DAN TRUST TERHADAP INTENTION TO USE APLIKASI JAGO. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 64–72. https://doi.org/10.9744/JMP.17.1.64-72
Lesmana Azzhari Rafikha, & Ashfath Fathir. (2022). ANALISIS PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY DAN EFFORT EXPECTANCY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI JAGO MILIK PT. BANK JAGO TBK. Retrieved from http://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5834
Liputan6. (2023). Profil Bank Jago, Pelopor Bank Digital di Indonesia Milik Jerry Ng. Retrieved June 25, 2024, from https://www.liputan6.com/saham/read/5226193/profilbank-jago-pelopor-bank-digital-di-indonesia-milik-jerry-ng
Maheswara, D. (2023). STRATEGI PEMASARAN PEMBUKAAN REKENING ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT BANK JAGO SYARIAH Tbk (ARTO).
Marwati, E., & Krisbiantoro, D. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEB STUDENTS UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO MENGGUNAKAN METODE EUCS. In Journal of Information System Management (Vol. 4).
Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa.
Mukhra, U. H., J. Makruf, J., Kesuma, T. M., Nizam, A., & Siregar, M. R. (2024). MOBILE BANKING DALAM PERSEPSI PRIVASI NASABAH (S. Utami, M. Saddaq, & A. Mubarak, Eds.). Aceh: SYIAH KUALA UNIVERSITY PRESS.
Muttaqin, Z., & Srihartini, E. (2022). PENERAPAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA UNTUK PREDIKSI PERSEDIAAN OBAT JENIS TABLET. Sistem Informasi |, 9(1), 12–16.
Nawir, Z., & Sayidiman, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Form terhadap Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi di Sekolah Dasar. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 2(5).
Nurlaila, Setyadi Jati, H., & Widagdo Pamilih, P. (2022). Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Mengukur Penerimaan Website Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Di Diskominfo Kota Samarinda. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 91–99. https://doi.org/10.30872/ATASI.V1I2.347
Oktavenus, R. (2019). Analisis Pengaruh Transformasi Digital dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 44–48. https://doi.org/10.24912/JMBK.V3I5.6080
Prasetyo, R., & Helma. (2022). Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Melihat Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Journal Of Mathematics UNP, 7, 62–68.
Pratama, A., Zulaikha Wulandari, S., & Laksmi Indyastuti, D. (2022). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal).
Pratama, K., & Nuryana, I. K. (2023). Implementasi PIECES Framework Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Bibit. In JEISBI (Vol. 04).
Putra, W., Winarno, & Sari, R. (2022). Analisis Pengaruh Periklanan Mobile Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar XL Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6).
Putra, Y. W. S., Dawis, M. A., Novi, Natsir, F., Fitria, Widhiyanti, A. A. S., … Maniah. (2023). Pengantar Aplikasi Mobile (W. Andriyani & Erlangga, Eds.). Sukabumi: Haura Utama.
Raharjo, S. (2019). Makna Koefisien Determinasi (R Square) dalam Analisis Regresi Linear Berganda - SPSS Indonesia. Retrieved June 19, 2024, from https://www.spssindonesia.com/2017/04/makna-koefisien-determinasi-rsquare.html
Raharjo, S. (2021, February 19). Download Distribusi Nilai Tabel Statistik Lengkap - SPSS Indonesia. Retrieved June 19, 2024, from
https://www.spssindonesia.com/2014/02/download-distribusi-nilai-tabel.html
Ramadhan, A., & Priyono, A. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen M-Banking BCA untuk Terus Menggunakan Layanan M-Banking BCA (Vol. 01). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/index
Ratna Hartatik, S., & Budihartanti, C. (2020). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI GO-JEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAM (Technology Acceptance Model). Jurnal PROSISKO, 7(1).
Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). SOSIALISASI PEMBUATAN SOAL MELALUI GOOGLE FORM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347–354. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456
Rosmasari, Agus, F., & Alfirama, D. N. (2023). Analisis Penerimaan Aplikasi Mobile Banking Bankaltimtara Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. JURTI, 7(2).
Rumana, N. A., & Laras Sitoayu, R. N. (2022). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS STATISTIK KESEHATAN MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Communnity Development Journal Vol.3, No. 1 Februari 2022, Hal.314-319, 0(0). Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Journal-11_2842/25643
Sadika, P. H., Neyland, J. S. C., & Sutrisno, A. (2023). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (Studi Kasus di Pelabuhan Manado). Jurnal Tekno Mesin, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu
Setyawati, R. E. (2020). PENGARUH PERCEIVED USEFULLNESS, PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE DENGAN ATITTUDE TOWARDS USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA GOPAY DIKOTA YOGYAKARTA). Jurnal Ekobis Dewantara, 3(1).
Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Menggunakan Google Forms (E. Risanto, Ed.). Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono, N., & Hasbi, M. (2021). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Vol. 2).
Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). PENGGUNAAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM ANALISIS MINAT PERILAKU PENGGUNAAN EMONEY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/EJMM.V3I2.201
Wakhida Imro’atu, U. (2020). PERAN PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED RISK SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN EWOM NEGATIF TERHADAP NIAT PEMBELIAN PARA PENGGUNA APLIKASI LAYANAN KESEHATAN HALODOC. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1158–1174.
Wongso, H., & Ramadania. (2021). Pengaruh self-efficacy, perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk terhadap intention to use mobile banking Bank Kalbar.
Yahya, Maulida, Z., Furqansyah, T., Hervy Yusuf, Y., & Mauli Masyitah, S. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BNI 46 KANTOR CABANG BANDA ACEH. SI-MEN ( Akuntansi Dan Manajemen) , 13(2), 1–10.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/PERSPEKTIF.V3I2.1540
Yasin, M., & Widagdo, P. P. (2023). Perancangan Desain Aplikasi Mobile Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur Menggunakan Figma. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(2), 39–50. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i2.1144
Yuni Widowati, A., & Budihartanti, C. (2019). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI TRAVELOKA DENGAN MENERAPKAN METODE TAM (Technology Acceptance Model). 6(2).
Yuniar Firdaus, Z., Krisbiantoro, D., & Nur Afiana, F. (2022). ANALISIS FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI DOMPET DIGITAL MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANE MODEL (TAM). Journal of Information System Management (JOISM, 3(2).
Yusuf Alwy, M., Herman, H, T., Abraham, A., & Rukmana, H. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 06(02), 13331–13344.