PT Artha Makmur Solusindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang Property Perumahan sejak tahun 2023, meski terbilang pendatang baru namun perusahaan ini dapat bersaing dengan perusahaan property lain karena sudah mampu menjual 500 unit perumahan dari total 1000 unit rumah yang dipasarkan sejak berdirinya perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi komunikasi marketing yang dilakukan oleh PT Artha Makmur Solusindo dalam meningkatkan minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dan informan diperoleh dengan melakukam wawancara mendalam kepada key informan yaitu tim marketing dan konsumen sebagai informan pendukung, kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, diklasifikasikan dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Artha Makmur Solusindo menggunakan 2 strategi komunikasi marketing yaitu strategi komunikasi persuasif dan juga menerapkan pendekatan yang dikenal di dalam komunikasi persuasif yaitu tahapan AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). PT Artha Makmur Solusindo menggunakan media sosial Instagram sebagai kegiatan promoai. Dengan menggunakan media sosial, perusahaan dapat menghasilkan konten yang menarik, menginformasikan keunggulan dan promo yang ditawarkan. Juga menggunakan komunikasi secara langsung untuk berinteraksi dengan calon konsumen.
Full Skripsi
File Cover Skripsi
Amina Fitri Siregar, R. S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Asuransi Syariah pada Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah. Jurnal Manajemen Akuntansi, 2(2), 264–270.
Amtai, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Voleme Penjualan Pada Kelompok Usaha Kain Tenun Larsasam, Ebsiha Dan Away Eras Di Kota Saumlaki. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 23–28.
Ardita, A. T. (2023). Analisis Isi Pengemasan Pesan Antikekerasan pada Perempuan dalam Konten Influencer di Instagram [Universitas Pembangunan Jaya]. http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/6742
Arisetiana, E., T Simamora, P. R., & Perwirawati, E. (2023). Peranan Komunikasi Persuasif Dalam Strategi Marketing Perumahan Harmoni Asri. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 1. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3136
Azizah, N. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Ss Dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Melalui Instagram. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(1). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i1.8434
Febriyanti, D. A. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan @KOPISOE Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Issue July) [Universitas Muhammadiyah Jakarta]. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12646
Ginting, E. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS DESA MERDEKA, KECAMATAN MERDEKA KABUPATEN KARO [UNIVERSITAS QUALITY.]. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1135
Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119
Hartatika, D. P. (2023). PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 3 DI SDN 3 KLEDUNG BANDAR [STKIP PGRI PACITAN]. http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1522
Khasanah, I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Lasagna Larise Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 85–99. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.85-99
Lestari, L. A. D. (2022). Strategi Komunikasi Yayasan Panti Asuhan NU “An-Nuur” Kota Kediri Dalam Menjaga Loyalitas Donatur [FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI]. https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/354
Mauladi, M. (2022). Strategi Komunikasi Sub. Bagian Umum Dan Kepegawaian Dinas Perhubungan Kota Bandung. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7281
Melya, F. (2023). MODEL KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBINA AKHLAK DAN MEMOTIVASI SANTRI MANTAN ANAK JALANAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN di YAYASAN BAITUT TAHFIDZ AN NUR BANDAR LAMPUNG [UNIVERSITAS LAMPUNG.]. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71273
Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140–154. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1901
Ompih, A. F. P. (2023). Penerimaan Komunitas Into the Light Indonesia Mengenai Kesehatan Mental Dalam Web Series “It’s Okay Not to be Okay” [Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.]. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue 17). http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3147
Prayogi, B. (2022). Analisis Aida Pada Model Periklanan Dengan Endosement Terhadap Minat Donasi Produk Kitabisa.Com Di Instagram. 13.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Putri, S. B. R. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA SYAIR TEMBANG MACAPAT ASMARANDANA PADA MOMENT PERNIKAHAN ADAT JAWA TENGAH SKRIPSI Diajukan untuk salah satu syarat kelulusan program Sarjana Ilmu Komunikasi. Universitas Bina Sarana Informatika.
Rahmah, E. H. (2020). Peran Komunikasi Guru Dan Orang Tua Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 5 Ciamis [Universitas Komputer Indonesia.]. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3468
Rahmawan, S. H. (2014). Pengaruh Komunikasi Persuasif Terhadap Kesadaran Pajak Pedagang Di Pasar Rangkasbitung. 46.
Raudhah Afifah Hassanul, R. (2022). Pengaruh Program Acara “Indonesia’s Next Top Model” Net TV Terhadap Minat Menonton [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA]. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9359
Salsabila, A. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUMAHAN PADA PT. MEKA ASIA PROPERTI [Universitas Muhammadiyah Mataram]. https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7378
Salsabila, A., & Ramlan, R. (2023). Penerapan Komunikasi Persuasif Melalui Desain Poster Untuk Konten Media Sosial Perum Jasa Tirta Ii. VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.59997/vide.v3i1.1409
Saputra, F. T., & Oktaviani, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Ciputra Residence Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 15–28. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.579
Saputri, I. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK KULINER AJENG MART DI TINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Puosu Jaya Kec. Konda, Kab. Konawe Selatan (Vol. 14, Issue 5) [FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KENDARI]. https://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2307
Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Asuransi Syariah. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47467/manageria.v2i1.870
Sari, P. K. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UTC HOTEL SEMARANG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [UNIVERSITAS SEMARANG]. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2019/G.331.19.0039/G.331.19.0039-15-File-Komplit-20230314072551.pdf
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Setiawan, H., Teknologi, F., Dan, I., & Semarang, U. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AGENSI P ERUMAHAN XTI PROPERTY DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN RUMAH ( Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Pengelolaan Digital Advertising Xti Property menggunakan Analisis SWOT ).
Shobri, M. (2022). Strategi Marketing Kreatif Perguruan Tinggi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru ( Studi Kasus : Divisi Pemasaran STAI Hasan Jufri Bawean ). The International Conference on Islamic Studies (ICIS), 268–269. http://ejournal.stibaduba.ac.id/index.php/icois/article/view/94/94
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). KOMUNIKASI PERSUASIF UMKM SAAT MENAWARKAN PRODUK KERUPUK DALAM MENIMBULKAN PERILAKU MEMBELI KHALAYAK DI MASA PANDEMI (Studi Komunikasi Persuasif UMKM Saat Menawarkan Produk Kerupuk Kepada Pemilik Warung Makan Di Wilayah Jebres Surakarta). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Syam, K. (2018). Komunikasi Persuasif Pt Pln (Persero) Area Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Bahaya Penyalahgunaan Listrik Kepada Masyarakat [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15863
Wardana, W. (2018). Strategi Pemasaran (Ed 1). Yogyakarta: Deepublish.
Wicaksono, A. P. (2019). IT MUSIBAH ATAU BERKAH Studi : Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Sleman [Universitas Islam Indonesia]. http://hdl.handle.net/123456789/17205
WidiaMahayani, N. K. S. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UNIT RUMAH DI PERUMAHAN ROYAL MANSION BANGUNTAPAN. Social Opinion. http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/140
Yusniar. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO JAKARTA COSMETIK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI (Vol. 47, Issue 1) [UNIVERSITAS MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE]. https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/354
Website:
https://arthamakmursolusindo.com/
https://www.instagram.com/grahapadjadjaran?utm_source=ig_web_button_share_sheet&igsh=ZDNlZDc0MzIxNw==