Pembuatan Game Petualangan Napak Tilas Pangeran Abdurrrahman Nuralam Karar Berbasis Mobile Menggunakan RPG maker MV

research
  • 26 Mar
  • 2018

Pembuatan Game Petualangan Napak Tilas Pangeran Abdurrrahman Nuralam Karar Berbasis Mobile Menggunakan RPG maker MV

Game adalah sebuah permainan yang menggunakan multimedia elektronik, dibuat semenarik mungkin dan dapat menghibur para pemainnya. Sekarang ini game dapat dimainkan dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan console game dan smartphone. Aplikasi atau alat-alat yang berguna untuk membuat game sudah cukup terbilang banyak saat ini, salah satunya adalah RPG Maker MV. RPG Maker MV adalah sebuah aplikasi pembuat game dengan jenis atau genre adventure (petualangan). Game bergenre petualangan ini juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran dengan mengangkat sebuah sejarah yang akan menjadi cerita inti dalam game tersebut. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini dibuatlah game petualangan berbasis aplikasi mobile yang mengangkat sebuah sejarah Sultan Syarif Abdurrahman dalam mendirikan Kota Pontianak. Game Petualangan ini dibuat dengan aplikasi RPG Maker MV, Adobe Photoshop dan Audacity, dikembangkan dengan metode pengembangan multimedia serta teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Tujuan pembuatan game petualangan ini adalah agar pengguna dapat mempelajari dan mengetahui sejarah Sultan Syarif Abdurrahman dalam mendirikan Kota Pontianak.

Unduhan

 

REFERENSI

Alfianika, Ninit. 2016. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.

 

Anisa Anggi Zahriyatun, Berlilana dan Tri Astuti. 2014. E-TUNG (Edugame Berhitung) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak TK. STIMIK AMIKOM Purwokerto : Jurnal Telematika. Vol. 7 No.2

 

Binanta, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : CV. ANDIt

 

Pujihastuti, Isti. 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS : Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. Vol. 2 No. 1

 

Kosidin dan Resha Nur Farizah. 2016. Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android. Bandung : STIMIK JABAR Bandung. (18-19 Maret 2016)

 

Kuryanti Sandra J. 2015. Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu dan Sholat Wajib. AMIK BSI Bogor : Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol.3 No.2

 

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera.

 

Mustaqbal M. Sidi, Roeri Fajri Firdaus dan Hendra Rahmadi. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Blackbox Testing Boundary Value Analysis. Universitas Widyatama : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. 1 No. 3

 

Matondang Zulkifli. 2009. Validitas dan Reliabilitas suatu Instrumen Penelitian. UNIMED : Jurnal Tabularasa PPS. Vol. 6 No. 1.

 

Narmada Nyoman, I Gede Mahendra Darmawiguna dan I Made Gede Sunarya. 2015. Pengembangan Game Edukasi Tradisional Pupuh Berbasis Android. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No.5

 

Oktavia, Nova. 2015. Sistematika Panulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta : Deepublish.

 

Pratama Wahyu. 2014. Game Adventure Misteri Kotak Pandora. STIMIK AMIKOM Purwokerto: Jurnal Telematika. Vol. 7 No. 2.

 

Pramuditya Surya Amami, M. Subali Noto dan Dede Syaefullah. 2017. Game Edukasi RPG Matematika.Universitas Swadaya Gunung Jati. Vol. 6 No. 1.

 

Ramadhan Taufik dan Victor G Utomo. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android. Semarang : STIMIK Prov. Semarang. Vol.5 No.2.

 

Rafrastara Fauzi Adi, Hajar Sigit Prajoko, Diginnovac. 2009. Membuat Game Fighting dengan Flash. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

 

Salman Afan Galih, Natalia Chandra dan Norman. 2013. Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Berbasis Android. Jakarta : Binus University. Vol 4 No. 2 Desember 2013

 

Sulihati dan Andriyani. 2016. Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa. Universitas Tama : Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 11 No. 1.

 

Sappaile Baso Intang. 2007. Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 066 Tahun ke-13.

 

Sibero, Ivan C. 2009. Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta : Mediakom.

 

Saeba. 2008. Modeling dan Animasi dengan 3D Studio MAX 2008 dan 2009. Jakarta : Pt. Elex Media Komputindo.

 

Wahyunningrum Tenia dan Dwi Januarita. 2015. Implementasi dan Pengujian Web E-Commerce untuk Produk Unggulan Desa. Riau : Jurnal Komputer Terapan. Vol. 1 No. 1.

 

Widiastuti Nelly Indriani dan Irwan Setiawan. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. FTIK UNIKOM : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol. 1 No.2.

 

Yudistira, Yuan. 2011. Membuat Aplikasi Iphone, Andoird & Blackberry itu Gampang. Jakarta : Mediakita.

 

Yudistira. 2014. Membuat Game Edukasi Aritmatika dan Geometri. STIMIK AMIKOM Purwokerto : Jurnal Telematika. Vol.7 No.2