Game adalah sebuah permainan yang menggunakan multimedia elektronik, dibuat
semenarik mungkin dan dapat menghibur para pemainnya. Sekarang ini game dapat
dimainkan dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan console game dan smartphone. Aplikasi atau alat-alat yang berguna untuk membuat game sudah cukup terbilang banyak saat
ini, salah satunya adalah RPG Maker MV. RPG Maker MV adalah sebuah aplikasi
pembuat game dengan jenis atau genre adventure (petualangan). Game
bergenre petualangan ini juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran dengan
mengangkat sebuah sejarah yang akan menjadi cerita inti dalam game tersebut. Oleh karena itu, dalam
tugas akhir ini dibuatlah game
petualangan berbasis aplikasi mobile
yang mengangkat sebuah sejarah Sultan Syarif Abdurrahman dalam mendirikan Kota
Pontianak. Game Petualangan ini
dibuat dengan aplikasi RPG Maker MV, Adobe
Photoshop dan Audacity, dikembangkan
dengan metode pengembangan multimedia serta teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan studi pustaka. Tujuan pembuatan game petualangan ini adalah agar pengguna dapat mempelajari dan
mengetahui sejarah Sultan Syarif Abdurrahman dalam mendirikan Kota Pontianak.
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
TA_File_10 BAB II Landasan Teori.pdf
TA_File_4 Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_12 BAB IV Penutup.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_9 BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_11 BAB III Pembahasan.pdf
TA_File_15 Lampiran.pdf
Alfianika,
Ninit. 2016. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.
Yogyakarta : Deepublish.
Anisa
Anggi Zahriyatun, Berlilana dan Tri Astuti. 2014. E-TUNG (Edugame Berhitung)
Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak TK. STIMIK AMIKOM Purwokerto : Jurnal
Telematika. Vol. 7 No.2
Binanta,
Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta :
CV. ANDIt
Pujihastuti,
Isti. 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS
: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. Vol. 2 No. 1
Kosidin dan Resha Nur Farizah. 2016. Pemodelan Aplikasi
Mobile Reminder Berbasis Android. Bandung : STIMIK JABAR Bandung. (18-19 Maret
2016)
Kuryanti Sandra J. 2015. Perancangan Animasi Interaktif
Tata Cara Pelaksanaan Wudhu dan Sholat Wajib. AMIK BSI Bogor : Jurnal
Khatulistiwa Informatika. Vol.3 No.2
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran
Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera.
Mustaqbal M. Sidi, Roeri Fajri Firdaus dan Hendra
Rahmadi. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Blackbox Testing Boundary Value
Analysis. Universitas Widyatama : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan.
Vol. 1 No. 3
Matondang Zulkifli. 2009. Validitas dan Reliabilitas
suatu Instrumen Penelitian. UNIMED : Jurnal Tabularasa PPS. Vol. 6 No. 1.
Narmada Nyoman, I Gede Mahendra Darmawiguna dan I Made
Gede Sunarya. 2015. Pengembangan Game Edukasi Tradisional Pupuh Berbasis
Android. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No.5
Oktavia, Nova. 2015. Sistematika Panulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta
: Deepublish.
Pratama Wahyu. 2014. Game Adventure Misteri Kotak
Pandora. STIMIK AMIKOM Purwokerto: Jurnal Telematika. Vol. 7 No. 2.
Pramuditya Surya Amami, M. Subali Noto dan Dede
Syaefullah. 2017. Game Edukasi RPG Matematika.Universitas Swadaya Gunung Jati.
Vol. 6 No. 1.
Ramadhan Taufik dan Victor G Utomo. 2014. Rancang Bangun
Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android. Semarang :
STIMIK Prov. Semarang. Vol.5 No.2.
Rafrastara Fauzi Adi, Hajar Sigit Prajoko, Diginnovac. 2009.
Membuat Game Fighting dengan Flash. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Salman Afan Galih, Natalia Chandra dan Norman. 2013. Game
Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Berbasis Android. Jakarta : Binus
University. Vol 4 No. 2 Desember 2013
Sulihati dan Andriyani. 2016. Aplikasi Akademik Online
Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa. Universitas Tama :
Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 11 No. 1.
Sappaile Baso Intang. 2007. Konsep Instrumen Penelitian
Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 066 Tahun ke-13.
Sibero, Ivan C. 2009. Langkah Mudah Membuat Game 3D.
Yogyakarta : Mediakom.
Saeba. 2008. Modeling dan Animasi dengan 3D Studio MAX
2008 dan 2009. Jakarta : Pt. Elex Media Komputindo.
Wahyunningrum Tenia dan Dwi Januarita. 2015. Implementasi
dan Pengujian Web E-Commerce untuk Produk Unggulan Desa. Riau : Jurnal Komputer
Terapan. Vol. 1 No. 1.
Widiastuti Nelly Indriani dan Irwan Setiawan. 2012.
Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. FTIK UNIKOM : Jurnal Ilmiah Komputer
dan Informatika. Vol. 1 No.2.
Yudistira, Yuan. 2011. Membuat Aplikasi Iphone, Andoird
& Blackberry itu Gampang. Jakarta : Mediakita.
Yudistira. 2014. Membuat Game Edukasi Aritmatika dan
Geometri. STIMIK AMIKOM Purwokerto : Jurnal Telematika. Vol.7 No.2