Seiring berkembangnya teknologi smartphone
yang semakin maju, sehingga Smartphone pada saat ini tidak hanya
sebagai media komunikasi dan hiburan tetapi juga dapat digunakan sebagai media
pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran pengenalan kalimantan berbasis
mobile, yang diharapkan dapat membantu memperkenalkan
wawasan tentang kesenian budaya serta lambang setiap provinsi di
kalimantan dapat menghibur. Media permainan
pembelajaran ini dibuat menggunakan Construct 2 dengan metode pengembangan
multimedia dan pengujian blackbox testing
untuk menghasilkan aplikasi permainan berbasis android yang baik. Hasil Kuisioner dari 100 respon yang didapat dalam 3
kategori pertanyaan, kategori ke 1 tampilan mendapat 80 % sangat baik, kategori
ke 2 tujuan aplikasi mendapatkan 89% sangat baik, dan pada kategori ke 3
kemudahan penggunaan mendapat 80% sangat baik.
TA_File_3 Surat-Pernyataan-Publikasi-Tugas-Akhir.pdf
TA_File_7 ABSTARK.pdf
TA_File_6 Kata-Penghantar.pdf
TA_File_10 Daftar Tabel.pdf
TA_File_2 SURAT-PERNYATAAN-KEASLIAN-TUGAS-AKHIR.pdf
TA_File_19 Lampiran rakaptulasi kuisioner.pdf
TA_File_4 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIIR.pdf
TA_File_13 BAB II.pdf
TA_File_16 Daftar Pustaka baru.pdf
TA_File_12 BAB 1.pdf
TA_File_20 Lampiran surat riset.pdf
TA_File_1 Lembaran Judul.pdf
TA_File_9 Daftar Gambar.pdf
TA_File_17 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_18 lampiran pertanyaan kuisioner.pdf
TA_File_5 Lembar Pengesahaan.pdf
TA_File_14 BAB III PEMBAHASAN.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_15 BAB IV Penutup.pdf
TA_File_11 Daftar Lampiran.pdf
Ariyati, Sri.,
& Titik Misriati.2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK
BSI Bekasi. Vol. II. 1, Februari 2016. Diambil Dari http://www.e-jurnal.com/2016/09/perancangan-animasi-interaktif.html.
Binanto, Iwan.
2010. Multimedia Digital - Dasar
Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta:
C.V Andi Offset.
Chumairoh, Mita
Septiana. Dkk. 2014. Perancangan Bangun Aplikasi Mobile Pada Platform Android
Berbasis HTML5 Studi Kasus Layanan
Informasi Website UNIPDU. Jurnal
Ilmiah Edutic. Vol.1. 1, November
2014. Diambil Dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329740&val=7689&title=PERANCANG%20BANGUN%20APLIKASI%20MOBILE%20PADA%20PLATFORM%20ANDROID%20BERBASIS%20HTML5%20STUDI%20KASUS%20LAYANAN%20INFORMASI%20WEBSITE%20UNIPDU%20JOMBANG ( 8 Jauari 2018)
Damar
P. Punto. 2015. Bikin Game Tanpa
Coding Dengan Construct 2. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Firdausi, Vidya
Noer. 2017. Aplikasi Android Hybrid Untuk Pemilihan Lokasi
Kuliner. Vol.12, No.1, September 2017. Diambil dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/220 ( 21 Mei 2017)
Jasson. 2009. Role
Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung
Kreativitas, Inovasi, dan Imajinas Bagi Game
Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta
Kolis. Abdul. 2015. ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN
TAJWID PADA
TAMAN QUR'AN ANAK (TQA AL WASHILAH CIREBON. Vol.1, No.2 Austus
2015.
Munir.
2013. Multimedia (Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan).
Bandung: Alfabeta.
Permana, Silver Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi
Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol.7, No.2, November
2015. Diambil dari : http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewFile/119/pdf_01 ( 28 April 2017)
Rizky, Soetam.
2011. Konsep Dasar
Rekayasa Perangkat Lunak.
Jakarta: Prestasi Pustak
Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone
Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung
Setiawan,
Dkk . 2016. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis
Multimedia
Untuk Sekolah
Dasar. Vol.5, No.4, Desember
2016.
Sriwahyuni,
Titi. 2014. Aplikasi Mobile Pencarian Informasi Fasilitas Umum Di Kota Padang.
Vol.7, No.2, September 2014. Diambil Dari https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=n38X8vUAAAAJ&citation_for_view=n38X8vUAAAAJ:zYLM7Y9cAGgC ( 10
Juni 2017).
Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta:
PT.
Elex Media Komputindo
Zamroni, M. Rosidi. 2013. Rancangan Bangunan Untuk Pembelajaran Anak
menggunakan HTML 5. Vol.5, No.2, September 2015. Diambil dari : journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf (28 April 2017)