Aplikasi Edukasi Pengenalan Kebudayaan Daerah Kalimantan Berbasis Mobile

research
  • 23 Mar
  • 2018

Aplikasi Edukasi Pengenalan Kebudayaan Daerah Kalimantan Berbasis Mobile

Seiring berkembangnya teknologi smartphone yang semakin maju, sehingga Smartphone pada saat ini tidak hanya sebagai media komunikasi dan hiburan tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran pengenalan kalimantan berbasis mobile, yang diharapkan dapat membantu memperkenalkan wawasan tentang kesenian budaya serta lambang setiap provinsi di kalimantan dapat menghibur. Media permainan pembelajaran ini dibuat menggunakan Construct 2 dengan metode pengembangan multimedia dan pengujian blackbox testing untuk menghasilkan aplikasi permainan berbasis android yang baik. Hasil Kuisioner dari 100 respon yang didapat dalam 3 kategori pertanyaan, kategori ke 1 tampilan mendapat 80 % sangat baik, kategori ke 2 tujuan aplikasi mendapatkan 89% sangat baik, dan pada kategori ke 3 kemudahan penggunaan mendapat 80%  sangat baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Ariyati, Sri., & Titik Misriati.2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI Bekasi. Vol. II. 1, Februari 2016. Diambil Dari http://www.e-jurnal.com/2016/09/perancangan-animasi-interaktif.html.

 

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya.  Yogyakarta: C.V Andi Offset.

 

Chumairoh, Mita Septiana. Dkk. 2014. Perancangan Bangun Aplikasi Mobile Pada Platform Android Berbasis HTML5 Studi Kasus Layanan Informasi Website UNIPDU. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol.1. 1, November 2014. Diambil Dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329740&val=7689&title=PERANCANG%20BANGUN%20APLIKASI%20MOBILE%20PADA%20PLATFORM%20ANDROID%20BERBASIS%20HTML5%20STUDI%20KASUS%20LAYANAN%20INFORMASI%20WEBSITE%20UNIPDU%20JOMBANG ( 8 Jauari 2018)

 

Damar P. Punto. 2015. Bikin Game Tanpa Coding Dengan Construct 2. Yogyakarta: CV Andi Offset.

 

 

Firdausi, Vidya Noer. 2017. Aplikasi Android Hybrid Untuk Pemilihan Lokasi Kuliner. Vol.12, No.1, September 2017. Diambil dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/220 ( 21 Mei 2017)

 

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) MakerSoftware Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta

 

Kolis. Abdul. 2015.  ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN TAJWID PADA

TAMAN QUR'AN ANAK (TQA AL WASHILAH CIREBON.  Vol.1, No.2  Austus

 2015.

 

Munir. 2013. Multimedia (Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

 

Permana, Silver Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol.7, No.2, November 2015. Diambil dari : http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewFile/119/pdf_01 ( 28 April 2017)

 

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustak

 

Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung

 

Setiawan, Dkk . 2016. Aplikasi  Pembelajaran Interaktif      Berbasis    Multimedia  

    Untuk        Sekolah     Dasar.        Vol.5,      No.4,        Desember    2016.

 

Sriwahyuni, Titi. 2014. Aplikasi Mobile Pencarian Informasi Fasilitas Umum Di Kota Padang. Vol.7,  No.2, September 2014.  Diambil Dari https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=n38X8vUAAAAJ&citation_for_view=n38X8vUAAAAJ:zYLM7Y9cAGgC ( 10 Juni 2017).

 

Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

           

Zamroni, M. Rosidi. 2013. Rancangan Bangunan Untuk Pembelajaran Anak menggunakan HTML 5. Vol.5, No.2, September 2015. Diambil dari : journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf (28  April 2017)