PERANCANGAN PROGRAM KAMPANYE PT ELECTRONIC CITY “NO PLASTIC NO WORRY” DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN BAHAYA SAMPAH PLASTIK

research
  • 16 Jun
  • 2020

PERANCANGAN PROGRAM KAMPANYE PT ELECTRONIC CITY “NO PLASTIC NO WORRY” DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN BAHAYA SAMPAH PLASTIK

ABSTRAK

Aris Dwi Putra (41160019) dan Ahmad Sofyan (41160243), Perancangan Program Kampanye PT Electronic City “No Plastic No Worry”  Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Bahaya Sampah Plastik

 

Saat ini Indonesia masuk ke dalam negara penghasil sampah plastik kedua di dunia setelah Tiongkok. Hal ini sungguh sangat memperihatinkan mengingat sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan di bumi. Dari proses produksi, konsumsi hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin memanas. Sumber material kantong plastik yang terbuat dari minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan mengakibatkan pencemaran lingkungan di negara – negara berkembang karena limbah pabriknya dibuang ke sungai. Bahaya dari sampah plastik antara lain memicu  perubahan iklim. dan pembakaran gas metana mengakibatkan emisi karbon ke udara. Selain itu, sampah plastik sangat lama untuk terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil yang diharapkan dari kampanye sosial ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Anggani, C. H. (2014a). PENGARUH PROGRAM KAMPANYE “SAY NO TO PLASTIC BAG” OLEH THE BODY SHOP TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT. Komunikasi, XIII, 158.

Anggani, C. H. (2014b). PENGARUH PROGRAM KAMPANYE “SAY NO TO PLASTIC BAG” OLEH THE BODY SHOP TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT. Komunikasi, XIII, 162.

Ardianto, E. (2016a). METODOLOGI PENELITIAN untuk PUBLIC RELATIONS KUANTITATIF DAN KUALITATIF (keempat). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2016b). METODOLOGI PENELITIAN untuk PUBLIC RELATIONS KUANTITATIF DAN KUALITATIF (Keempat). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2016c). METODOLOGI PENELITIAN untuk PUBLIC RELATIONS KUANTITATIF DAN KUALITATIF (Keempat). Bandung.

Aryanto, D. (2019). Spanduk. Retrieved July 18, 2019, from 2019 website: https://www.dosenpendidikan.com/spanduk-pengertian-fungsi-ciri-manfaat-jenis-cara-membuat/

Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio Workshop Depok Melalui Poster. Ilmu Komunikasi, V, 18. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika

Fadilah, Yusuf, Susanto, Tri Teguh, Kusnadi, E. (2018). Perancangan Logo SEE SYSTEM Untuk Membangun Brand Awareness Sebagai Aplikasi Online Untuk Prospecting Database Customer. Komunikasi, 9, 153. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Kusanti, Devy Putri, Leliana, I. (2018). No TitleProgram Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Komunikasi, 9, 111. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Kussanti, Devy Putri, Leliana, I. (2018a). Efektifitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Adira Dinamika Multifinance. Komunikasi, 18, 180. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala

Kussanti, Devy Putri, Leliana, I. (2018b). Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Komunikasi, 9, 111. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Kussanti, Devy Putri, Leliana, I. (2018c). Program Kampanye Humas Puskesmas Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Komunikasi, 9, 112. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Maudi, Erik, S. (2018a). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi, 9, 34. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Maudi, Erik, S. (2018b). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Komunikasi, 9, 32. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Nawiruddin, M. (2017). DAMPAK KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN LONG KALI KABUPATEN PASER. Ilmu Pemerintahan, 5, 231.

Normawati, Maryam Siti, P. A. (2018). PENGARUH KAMPANYE “LET’S DISCONNECT TO CONNECT” TERHADAP SIKAP ANTI PHUBBING. Komunikasi, Media Dan Informatika, 7, 158.

Nugroho, A. (2017). X-Banner. Retrieved July 18, 2019, from 2018 website: https://store.primagraphia.co.id/store/marketing-tools/x-banner/x-banner-ukuran-60x160/

Ruslan, R. (2017a). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN APLIKASI (Revisi). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ruslan, R. (2017b). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN APLIKASI (Revisi). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ruslan, R. (2017c). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN APLIKASI (Revisi). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ruslan, R. (2017d). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN APLIKASI (Revisi). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ruslan, R. (2017e). No TitleMANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN APLIKASI (Revisi). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Supriyadi. (2016). COMMUNITY OF PRACTITIONERS : SOLUSI ALTERNATIF BERBAGI PENGETAHUAN ANTAR PUSTAKAWAN. Jurnal Komunikasi, II, 85. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka

Susilowati. (2017a). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Komunikasi, VIII, 50.

Susilowati. (2017b). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Komunikasi, VIII, 48.

Wahyuni, T. (2016). Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Ke-dua Dunia. Retrieved July 17, 2019, from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160222182308-277-112685/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-ke-dua-dunia

Zuhri, Mohammad Faishol, Sufaidah, Siti, Sifaunajah, A. (2018). Rancangan Bangun Aplikasi Rental Alat-Alat Pesta Dengan Sistem Notifikasi. Teknologi Informasi, 10, 18.