Adhan Fajri (43160074), Perancangan
Iklan Cetak Snack KingKong x Bugo “Teman Makan”.
Pada era
modern seperti sekarang ini, kebutuhan pangan selalu berkembang seiring
berjalannya waktu. Masyarakat yang ingin kebutuhan pangannya selalu
terpenuhi, menciptakan inovasi dengan membuat makanan ringan. Makanan ringan,
camilan, atau snack adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan
menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam). Masyarakat Indonesia
memiliki kebiasaan tidak bisa berhenti ngemil (makan makanan ringan). Banyaknya
masyarakat yang gemar mengkonsumsi camilan (makanan ringan) ketika waktu luang
maupun untuk menemani pada saat beraktivitas. Kebiasaan
tersebut menjadi peluang bisnis bagi industri makanan ringan untuk memproduksi berbagai
jenis makanan ringan. Namun semakin berjalannya waktu, semakin banyak pula brand
makanan ringan yang muncul, hal tersebut membuat masyarakat bingung dan
menginginkan sesuatu hal yang berbeda dan unik. KingKong x Bugo adalah snack
yang terbuat dari rumput laut. Basis bahan utama yang digunakan produk KingKong
x Bugo adalah rumput laut berkualitas yang langsung di impor dari Korea. Rumput
laut diolah sedemikian rupa agar menjadi produk yang memiliki rasa sesuai lidah
masyarakat Indonesia. Produk ini terbilang unik karena dapat dikonsumsi
langsung maupun digunakan untuk penyedap atau topping berbagai makanan.
Maka dari itu penulis ingin membangun brand awareness produk KingKong x Bugo
sebagai makanan ringan yang dapat dikonsumsi langsung maupun digunakan sebagai topping
masakan. Dengan beriklan di media yang telah di pilih, Perancangan Iklan Cetak Snack
KingKong x Bugo merupakan solusi untuk memecahkan permasalahan-permaslahan yang
ada, serta dengan iklan yang efektif dapat membangun brand awareness
dan mejangkau target market yang diinginkan.
Kata Kunci: Perancangan Iklan Cetak, Produk KingKong x Bugo, Iklan Cetak
File_10 Bab II Landasan Teori
File_9 Bab I Pendahuluan
File_15 Surat Keterangan Riset
File_6 Kata Pengantar
File_12 Bab IV Penutup
File_13 Daftar Pustaka
File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah
File_1 Lembar Judul
File_8 Daftar Isi
File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir
File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir
File_12 Bab IV Penutup
File_13 Daftar Pustaka
File_14 Daftar Riwayat Hidup
File_11 Bab III Pembahasan
Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh
Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal
Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.20473/jmtt.V11I3.%25p
Aras, A. F., Rahmatika, D., & Putra, E. (2019). Perancangan
meja laptop portable yang ergonomis untuk penyandang cerebral palsy dengan
pendekatan antropometri. 2(1), 16–19.
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu :
Implementasi Untuk Umkm. Neo-Bis - Jurnal Neraca, Ekonomi Dan Bisnis, 8(2),
179–189. https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472.g442
Gunawan, A. C., & Susanti, F. (2019). PENGARUH BAURAN
PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI
KOTA PADANG. Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah
Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum,
8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hermawan, H. (2017). Pengembangan Destinasi Wisata Pada
Tingkat Tapak Lahan Dengan Pendekatan Analisis Swot. Pariwisata, IV(2),
64–74. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y.
(2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2).
Kertamukti, R. (2017). Komunikasi Visual Iklan Cetak Rokok di
Indonesia Kurun Waktu 1950 -2000. Jurnal ASPIKOM, 1(1), 91.
https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i1.10
Lontoh, M. N. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi
Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado Cabang
Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 515–525.
Muhardani, E., Astuti, L., & Octaviani, V. (2018). STRATEGI
KREATIF DALAM PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BENGKULU POROS MARITIM DUNIA’’
DI BENGKULU EKSPRESS TELEVISI. 5(1).
Muningsih, E., & Kiswati, S. (2015). Penerapan Metode
K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop. Jurnal Bianglala Informatika,
3(1).
Olifia, N. W. M. J., & Mahaputra, I. I. D. R. (2018). STRATEGI
BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX ) DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN UMAH HOSHI
VILLA DI DESA SEBATU , KECAMATAN TEGALLALANG. 3(1), 25–34.
Purnama, N. I., & Astuti, R. (2018). Jurnal Riset
Sains Manajemen. 2, 111–120. https://doi.org/10.5281/zenodo.1477520
Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis Kemampuan
Komunikasi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPMat,
1(2), 127–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1239
Putri, S. E. (2014). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN
PROMOSI (PROMOTIONAL MIX) PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE BENGKULU. 9(1),
45–54.
R, E. W. N., & Pradekso, T. (2017). Pengaruh Terpaan
Iklan Facebook, Terpaan Artikel Advetorial, Terpaan Endorser di Instagram pada
Kampanye “#CerahkanDenganDove” terhadap Keputusan Pembelian Dove Ultimate White
Deodoran.
Rahman, M., & Widayati, R. (2019). AKTIVITAS PEMASARAN
PRODUK TABUNGAN PADA PT. BPR RANGKIANG DENAI PAYAKUMBUH BARAT. 1–10.
Wulan, D. A., & Setyawati, A. (2018). Strategi Pemasaran
Perusahaan Logistik. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 5(2),
95–104.