Asep Irawan (12140510), Pembuatan Aplikasi Permainan Berbasis Mobile “Tau Ke Pontianak” Menggunakan Construct 2
Perkembangan teknologi saat ini melaju begitu pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung atau membantu manusia dalam upaaya menyelesaikan pekerjaan. Melihat keadaan tersebut, jika perkembangan teknologi dapat disatukan dengan sejarah dan budaya maka keuntungan yang didapatkan adalah mempermudah dan mempercepat pencarian informasi serta menambah wawasan mengenai sejarah dan budaya melalui penggunaan mobile gadget. Dalam hal ini penulis mengangkat sebuah judul yaitu tentang sejarah kota pontianak yang sudah mulai terlupakan. Tujuan dari pembuatan game ini nantinya agar menjadi sebuah pembelajaran bagi seluruh lapisan masyarat untuk lebih mengenal sejarah kota pontianak. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis ialah metode observasi dengan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di kota pontianak, kemudia dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine construct 2. Game ini nantinya dapat membuat semua lapisan masyarakat lebih mengenal sejarah kota pontianak mulai dari kuliner, pribahasa dan para tokoh yang berperan penting dalam pembangunan kota pontianak.
TA_FILE_10.BAB II LANDASAN TEORI.pdf
TA_File_2_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_3_SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf
TA_File_16_Lampiran Kuisioner.pdf
TA_File_8_DAFTAR ISI.pdf
TA_File_6_KATA PENGANTAR.pdf
TA_File_15_Lampiran Lembar Hasil Pengujian Kuisioner.pdf
TA_File_11_BAB III.pdf
TA_FILE_13.DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_File_7_ABSTRAK.pdf
TA_File_9_ BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_4_PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_14_Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_1_COVER.pdf
TA_File_5_LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_12_BAB IV Penutup.pdf
Muhson Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari: journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)
Setiyawan Andri. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf
Hartanto Anggit Dwi, Windha Mega Pradnya Dhuhita, Alfian Tinangon. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah. ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1
Putra Daniel. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV. ASFA Solution.
Prasetya Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Binanto Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya.Yogyakarta: CV. Andi
Awwali Muhammad Ryza , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di Sma 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 8, No 1 Tahun 2015. Diambil Dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156
Zamroni M. Rosidi, Nizar Suryaman, Ahmad Jalaluddin. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil Dari: journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf
Murtiwiyati dan Glenn Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Volume 12 Nomor : 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf
Safaat Nazruddin .H. 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika
Soenyoto Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung
Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:Informatika..
Permana Silvester Dian Handy. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.
Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0.
Rizky Soetam. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hasanah Umrotul dan Nulhakim Lukman. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1,No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/283
Ependi Usman. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol. 2 No. 2 Maret 2016. Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115
Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/251