Game Kuis Informatika Sebagai Media Pengenalan Dunia Teknologi

research
  • 23 Mar
  • 2018

Game Kuis Informatika Sebagai Media Pengenalan Dunia Teknologi

Mimi Sumianti (12146348), Game Kuis Informatika Sebagai Media Pengenalan Dunia Teknologi

Cerita teknologi saat ini teknologi sangat jauh lebih menarik, salah satunya adalah perkembangan teknologi pada dunia game. Dimana semakin banyak pula jenis aplikasi game yang dikembangkan salah satunya adalah game mobile. Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang mengambil tema kuis-kuis teknologi dan komputer, yang tujuannya adalah untuk menguji kemampuan pemain dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis dan juga memperkenalkan gambar-gambar software, hardware dan penemu aplikasi melalui tebak gambar. Pembuatan game kuis informatika ini menggunakan game Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini merupakan game yang memiliki 3 level yang sulit untuk dilewati. Pada tahap pembuatan game terdapat beberapa tahap seperti konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi. Sehingga dihasilkan game mobile yang dapat dijalankan pada smartphone ,berbasis android. Spesifikasi minimun RAM 512 mb, dan versi 4,0+ untuk menjalakan permainan game kuis Informatika smartphone android. Game ini diperuntukan kepada anak SMP karena sudah belajar tentang teknologi dan juga sudah mengenal teknologi.

Unduhan

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Dewi, Riyantika. Ade. Dkk. 2015. Apliasi Multimedia Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar, Vol.3, No.4, Oktober 2015.

Di ambil dari: https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=WAN2WeGiCsqo0gSO0bfwDA#q=menurut+dewi+hal+2+tahun+2015+tentang+multimedia+pdf

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG)Maker – Software Penampungan Kreativitas, Inovasi, dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Lukman, Napoleon. 2016. Teknik Utama.Vol.XI Nomor.1, April 2016.Di ambil dari: http://jagakarsa.ac.id/download.php?file=img/files/Aplikasi%20Akademik%20Online%20Berbasis%20Mobile%20Android%20Pada%20Universitas%20Tama%20Jagakarsa.pdf

Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta

Nurhasanah, Youllia Indrawaty. Dkk. 2011. Implementasi Model Cmifed pada Multimedia Interaktif untuk pembelajaran anak usia tk dan playgroup,Vol.2, Mei - Agustus 2011.Di ambil dari : http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf

Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.

Di ambil dari: http://oaji.net/articles/2016/1669-1482154250.pdf

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Pratama, wahyu.2014.Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Vol.7 N.2 agustus 2014. Di ambil dari : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=313600&val=7576&title=GAME%20ADVENTURE%20MISTERI%20KOTAK%20PANDOA

Purnasiwi, Rona Guines. Dkk. 2013. Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” dengan Teknik Masking. Vol. 14 No.04 Desember 2013.

Di ambil dari: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/145/130

Rahadi,Rizky.Muhammad.2016.Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Vol.4 No.1, Januari 2016. Di ambil dari : http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/download/12683/12302 Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi Pustaka

Rosa, A. S., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung

Suryana, Dayat. 2012. Mengenal Teknologi.

Di ambil dari: https://books.google.co.id/books?id=X8h5uq5XSYC&pg=PT10&dq=mengenal+teknologi+buku+dayat+suryana+tahun+2012&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Tompoh, Forman. Jos. Dkk. 2016.Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makan Restoran Berbasis Android. Vol.9, No.1, Oktober 2016.Di ambil dari:https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/13749/13330

Y.Maryono, B.Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yudhistira

Zamroni, M.Rosidi. Dkk. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML5. Vol.5 No.2 September 2013. Di ambil dari:

https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=Dr1xWbajFsml0gSOmYHoBg#q=jurnal+rancang+bangun+aplikasi+permainan+untuk+pembelajaran+anak+menggunakan+HTML5+pdf