Mimi Sumianti (12146348), Game Kuis Informatika Sebagai Media Pengenalan Dunia Teknologi
Cerita teknologi saat ini teknologi sangat jauh lebih menarik, salah satunya adalah perkembangan teknologi pada dunia game. Dimana semakin banyak pula jenis aplikasi game yang dikembangkan salah satunya adalah game mobile. Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang mengambil tema kuis-kuis teknologi dan komputer, yang tujuannya adalah untuk menguji kemampuan pemain dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis dan juga memperkenalkan gambar-gambar software, hardware dan penemu aplikasi melalui tebak gambar. Pembuatan game kuis informatika ini menggunakan game Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini merupakan game yang memiliki 3 level yang sulit untuk dilewati. Pada tahap pembuatan game terdapat beberapa tahap seperti konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi. Sehingga dihasilkan game mobile yang dapat dijalankan pada smartphone ,berbasis android. Spesifikasi minimun RAM 512 mb, dan versi 4,0+ untuk menjalakan permainan game kuis Informatika smartphone android. Game ini diperuntukan kepada anak SMP karena sudah belajar tentang teknologi dan juga sudah mengenal teknologi.
TA_File_13 DaftarPustaka.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_16 Lampiran-Lampiran.pdf
TA_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Dewi, Riyantika. Ade. Dkk. 2015. Apliasi Multimedia Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar, Vol.3, No.4, Oktober 2015.
Di ambil dari: https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=WAN2WeGiCsqo0gSO0bfwDA#q=menurut+dewi+hal+2+tahun+2015+tentang+multimedia+pdf
Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG)Maker – Software Penampungan Kreativitas, Inovasi, dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Lukman, Napoleon. 2016. Teknik Utama.Vol.XI Nomor.1, April 2016.Di ambil dari: http://jagakarsa.ac.id/download.php?file=img/files/Aplikasi%20Akademik%20Online%20Berbasis%20Mobile%20Android%20Pada%20Universitas%20Tama%20Jagakarsa.pdf
Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta
Nurhasanah, Youllia Indrawaty. Dkk. 2011. Implementasi Model Cmifed pada Multimedia Interaktif untuk pembelajaran anak usia tk dan playgroup,Vol.2, Mei - Agustus 2011.Di ambil dari : http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf
Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.
Di ambil dari: http://oaji.net/articles/2016/1669-1482154250.pdf
Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Pratama, wahyu.2014.Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Vol.7 N.2 agustus 2014. Di ambil dari : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=313600&val=7576&title=GAME%20ADVENTURE%20MISTERI%20KOTAK%20PANDOA
Purnasiwi, Rona Guines. Dkk. 2013. Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” dengan Teknik Masking. Vol. 14 No.04 Desember 2013.
Di ambil dari: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/145/130
Rahadi,Rizky.Muhammad.2016.Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Vol.4 No.1, Januari 2016. Di ambil dari : http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/download/12683/12302 Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi Pustaka
Rosa, A. S., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung
Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung
Suryana, Dayat. 2012. Mengenal Teknologi.
Di ambil dari: https://books.google.co.id/books?id=X8h5uq5XSYC&pg=PT10&dq=mengenal+teknologi+buku+dayat+suryana+tahun+2012&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Tompoh, Forman. Jos. Dkk. 2016.Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makan Restoran Berbasis Android. Vol.9, No.1, Oktober 2016.Di ambil dari:https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/13749/13330
Y.Maryono, B.Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yudhistira
Zamroni, M.Rosidi. Dkk. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML5. Vol.5 No.2 September 2013. Di ambil dari:
https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=Dr1xWbajFsml0gSOmYHoBg#q=jurnal+rancang+bangun+aplikasi+permainan+untuk+pembelajaran+anak+menggunakan+HTML5+pdf