Game Tinah Susanti (12144465), Pembuatan Game Edukasi “Biologi Ekosistem” Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berbasis Android
Biologi merupakan ilmu alam yang mempelajari tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang memdorong terciptanya spesies baru. Pembelajaran biologi dapat di dampingi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komputer. Belajar biologi dengan media komputer dapat lebih membantu dalam memahami materi-materi biologi, karena dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dari biasanya.Metode pembelajaran seperti ini menjadi kurang efektif. Sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar. Dengan pemanfaatan media teknologi dan informasi seperti membuat aplikasi multimedia game edukasi biologi ekosistem yang menyajikan pengenalan sains seperti, pengertian ekosistem, komponen-komponen ekosistem, pengertian biotik, komponen-komponen biotik, abiotik, komponen-komponen abiotik, contoh-contoh ekosistem, abiotik, biotik dan evaluasi yang dikemas dalam bentuk game edukasi yang memiliki level easy, medium, high yang dapat meransang perkembangan kreaktifitas siswa Sekolah Menengah Pertama dalam belajar serta bermain di harapkan proses penyampaian materi biologi ekosistem dapat di serap dan dikembangkan dengan baik oleh siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII.
TA_File_4 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf
TA_File_2 LEMBAR PERNYATAAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_3 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
TA_File_5 LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_7 ABSTRAK.pdf
TA_File_12 BAB IV.pdf
TA_File_13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_File_1 Cover.pdf
TA_File_6 KATA PENGANTAR.pdf
TA_File_10 BAB II.pdf
TA_File_8 DAFTAR ISI.pdf
TA_File_9 BAB 1.pdf
TA_File_15 LAMPIRAN.pdf
TA_File_11 BAB III baru.pdf
TA_File_14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Enterprise, Jubilee. 2012. Buku Pintar HTML5+CSS3+Dreamweaver CS6. Jakarta: Elex Media Komputindo
Fauziah. 2014. Konsep Dasar Perancangan Web. Jakarta: Mitra Wacana Media
Hidayatullah, dkk. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika Bandung
Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) Maker–Software Penampung Kreaktivitas, Inovasi, Dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yokyakarta: C.V. Andi Offset
Maryani, Dwi. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. ISSN: 1979-9330 Volume 11 No. 4 – 2014 – ijins. org. Di ambil dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=269037&val=7112&titl e=Pembuatan%20Media%20Pembelajaran%20Interaktif%20%20Bangun% 20Ruang%20Matematika (29 April 2017)
Mudilarto, dkk. 2011. IPA Terpadu 1 Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Quadra
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta.
Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015 Diambil Dari: http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewfile/119/pdf_01 (15 Mei 2017)
Prihantari, Yovita Anum. 2013. Media Pembelajaran Adobe Photoshop CS3 Pada Sekolah Menengah Atas Kanisius Atas Kanisius Bharata Karanganyar. ISSN: 2302-1136 – seruniid.unsa.ac.id, Vol. 2 No. 1 – Maret 2013. Diambil dari: http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/579/569 (15 Mei 2017) Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya