Pembuatan

research
  • 22 Mar
  • 2018

Pembuatan

Ahsanur Rafiq (1214777), Pembuatan Aplikasi Permainan Berbasis Mobile "Mengenal Huruf Hijaiyah” Menggunakan Construct 2

Dunia teknologi dewasa ini mengalami perubahan yang begitu pesat, terutama di bidang multimedia sebab perkembangan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi aspek yang lain. Dimana dunia Multimedia terutama dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik dengan memanfaatkan software dalam pembuatan game edukasi sangat berkembang di masyarakat. Banyak kalangan mahasiswa yang membuat multimedia interaktif dalam bentuk Media Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi sebagai sarana untuk pengembangan bakat atau ketrampilan yang diperoleh dari bangku perkuliahan. Dari uraian di atas, penulis merasa tertarik dalam pembuatan Game Edukasi. Oleh karena itu penulis mengangkat judul MENGENAL HURUF HIJAIYAH. Karya yang dihasilkan oleh penulis adalah sebuah game edukasi, dengan mempergunakan software Construct 2. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user. Sehingga di hasilkan game mobile Mengenal Huruf Hijaiyah yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0+ untuk menjalankan permainan ini di smartphone Android dan untuk di Windows, OS Windows 32/64bit (XP, VISTA, 7, 8 dan Windows 10) dengan aplikasi Browser Google Chrome versi 9.0 dan Firefox versi 3.6.13.

Unduhan

 

REFERENSI

Muhson Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari: journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)

Andri Setiyawan. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/ PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf

Anggit Dwi Hartanto, Windha Mega Pradnya Dhuhita, Alfian Tinangon. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1

Daniel Putra. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV. ASFA Solution.

Didik Dwi Prasetya. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Iwan Binanto. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya.Yogyakarta: CV. Andi

Muhammad Ryza Awwali , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 8, No 1 Tahun 2015. Diambil Dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156

M. Rosidi Zamroni, Nizar Suryaman, Ahmad Jalaluddin. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil Dari: journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf 


Murtiwiyati dan Glenn Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Volume 12Nomor : 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf

Nazruddin Safaat. 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Partono Soenyoto. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung.

Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:Informatika.63

Silvester Dian Handy Permana. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.

Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0Soetam Rizky. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka

Umrotul Hasanah dan Lukman Nulhakim. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1,No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/283

Usman Ependi. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol. 2 No. 2 Maret 2016. Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115

Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/251