Ahsanur Rafiq (1214777), Pembuatan Aplikasi Permainan Berbasis Mobile "Mengenal Huruf Hijaiyah” Menggunakan Construct 2
Dunia teknologi dewasa ini mengalami perubahan yang begitu pesat, terutama di bidang multimedia sebab perkembangan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi aspek yang lain. Dimana dunia Multimedia terutama dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik dengan memanfaatkan software dalam pembuatan game edukasi sangat berkembang di masyarakat. Banyak kalangan mahasiswa yang membuat multimedia interaktif dalam bentuk Media Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi sebagai sarana untuk pengembangan bakat atau ketrampilan yang diperoleh dari bangku perkuliahan. Dari uraian di atas, penulis merasa tertarik dalam pembuatan Game Edukasi. Oleh karena itu penulis mengangkat judul MENGENAL HURUF HIJAIYAH. Karya yang dihasilkan oleh penulis adalah sebuah game edukasi, dengan mempergunakan software Construct 2. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user. Sehingga di hasilkan game mobile Mengenal Huruf Hijaiyah yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0+ untuk menjalankan permainan ini di smartphone Android dan untuk di Windows, OS Windows 32/64bit (XP, VISTA, 7, 8 dan Windows 10) dengan aplikasi Browser Google Chrome versi 9.0 dan Firefox versi 3.6.13.
TA_File_18_Lampiran.pdf
TA_File_15_BAB IV.pdf
TA_File_17_Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_11Daftar Lampiran..pdf
TA_File_5_LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_9 Daftar Gambar..pdf
TA_File_10 Daftar Tabel..pdf
TA_File_1_COVER BU.pdf
TA_File_6_KATA PENGANTAR.pdf
TA_File_2_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_8 Daftar Isi..pdf
TA_File_3_SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf
TA_File_7_ABSTRAK.pdf
TA_File_4_LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_16_DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_File_14_BAB lll (Back Up).pdf
TA_File_12_BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_13_BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Muhson Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari: journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)
Andri Setiyawan. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/ PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf
Anggit Dwi Hartanto, Windha Mega Pradnya Dhuhita, Alfian Tinangon. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1
Daniel Putra. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV. ASFA Solution.
Didik Dwi Prasetya. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Iwan Binanto. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya.Yogyakarta: CV. Andi
Muhammad Ryza Awwali , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 8, No 1 Tahun 2015. Diambil Dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156
M. Rosidi Zamroni, Nizar Suryaman, Ahmad Jalaluddin. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil Dari: journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf
Murtiwiyati dan Glenn Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Volume 12Nomor : 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf
Nazruddin Safaat. 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Partono Soenyoto. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung.
Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:Informatika.63
Silvester Dian Handy Permana. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.
Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0Soetam Rizky. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka
Umrotul Hasanah dan Lukman Nulhakim. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1,No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/283
Usman Ependi. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol. 2 No. 2 Maret 2016. Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115
Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/251