ABSTRAKSI
Rizky Ramadhan
Ridholillah (41150149), Strategi Humas Direktorat Jenderal Administrasi Hukum
Umum dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Mal Pelayanan Publik.
Dalam sebuah perusahaan atau instansi, humas
memiliki peran yang sangat penting sebagai penjembatan antara publik internal
dan eksternalnya. Pekerjaan humas dapat membentuk opini-opini publik baik
positif ataupun negatif. Apa lagi dalam instansi pemerintahan yang sering kali
dianggap memiliki citra yang masih kurang baik terutama dalam masalah pelayanan
publik. Sebagai instansi pemerintah yang melakukan pelayanan publik, Direktorat
Jenderal Administrasi Hukum Umum terus berupaya melakukan peningkatan kualitas
pelayanan. Salah satunya melalui Mal Pelayanan Publik. Melalui kegiatan ini,
Ditjen AHU bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana
kepengurusan legalitas di AHU. Selain itu juga, Ditjen AHU ingin lebih dekat
dengan masyarakat dan mengubah pandangan tentang pelayanan publik di instansi
pemerintahan. Penelitian ini memfokuskan kepada pelayanan yang diberikan
Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum di Mal Pelayanan Publik pada tahun
2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisa data kualitatif
dan metode penelitian deskriptif. Dalam penelitian, peneliti melihat
keberhasilan program dalam meningkatkan pelayanan Ditjen AHU dilihat dari
jumlah pemohon yang ada.
Kata Kunci : Humas, Pelayanan Publik, Publik Eksternal.
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_4 Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_5 lembar Konsultasi Tugas Akhir1.pdf
Daftar-Pustaka
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_1 Lembar Judul.pdf
Bab-2-Landasan-Teori
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_6 Kata Pengantar.pdf
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
Bab-3-Pembahasan
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir2.pdf
Bab-1-Pendahuluan
Bab-4-Penutup
STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Alvizuhra, Zulfan, & Abdullah. (2018). Dinamika Sosial Ekonomi Wanita
Penjual Sirih di Kota Banda Aceh Pasca Tsunami, 2005-2017. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 3(1), 90–97.
Astuty, S., Setyastuti, Y., Maulina, N., & Hanief, L.
(2017). Analisis Fungsi dan Peran Humas dalam Upaya Impelementasi Good Governance (Studi pada Bagian Humas
Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin). MetaCommunication; Journal Of
Communication Studies, 2(1), 100–118.
Atina, L. (2018). Aktivitas Media Relations Kabupaten Bengkalis dalam Mempertahankan Citra
Positif. JOM FISIP, 5, 1–13.
Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio
Workshop Depok Melalui Poster, V(1), 13–24.
Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX(1), 82–92.
Febriansyah, M. R. (2014). Program Corpotate Social Responsibility oleh Humas PT Radia Suara Leo dalam
Meningkatkan Kepedulian terhadap Yayasan Anak Yatim di Wilayah Cirebon. Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9–14.
Giantika, G. A. N. G. A. N. (2016). Strategi Komunikasi dalam
Mengimplementasikan Peraturan Gubernur Nomor 141 Tahun 2016 Tentang Kartu
Jakarta Pintar. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), VII(1), 44–54.
Ilmiyah, T., & Ati, S. (2013). Pengaruh Pemanfaatan
Koleksi Local Content terhadap
Kegiatan Penelitian Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir di
Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Ilmu
Keperpustakaan, 2(2), 1–9.
Kriyantono, R. (2018). Peran Manajerial dan Teknisi Humas
Lembaga Pemerintah dan Swasta. Jurnal Sosial Politik Humaniora, 6(1),
1–17.
Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Walikota
Depok Bagi Masyarakat, VIII(September), 121–125.
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT
Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media
Informasi Publik Internal. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9(1),
26–27.
Prianto, T. A., & Suhartini, T. (2015). Optimalisasi
Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen
Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 53–62.
Primantoro, Y. A., & Muhsin. (2015). Sistem Pengelolaan
Arsip di Kantor Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Economic
Education Analysis Journal, 4(2), 362–375.
Purwanti, A. (2018). Corporate branding sebagai peran public
relations PLN bright Batam dalam meningkatkan pelayanan publik
----------------------------------------------------------------------------------------------------------.
Jurnal AKRAB JUARA, 3(1), 61–71.
Rahmi, F. N., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Strategi Employee Relations Managemen di PT .
KEMFARM Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 36–54.
Sinaga, R., Lubis, S., & Dayana. (2018). Strategi Media Relations Humas Pemerintah
Kabupaten Tapanuli Utara untuk Meningkatkan Citra Positif. Jurnal Ilmiah
Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 4(3), 1–14.
Suardhita, N. (2013). Strategi Humas PT NETRAL KONTINENTAL
MEDIA dalam Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA),
1–5.
Suherman, A. (2018). Laporan Keuangan sebagai Perwujudan
Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintahan Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi,
6(12), 128–138.
Tayibnapis, R. G. (2014). Strategi Public Relations terhadap Kepuasan Nasabah Produk Kartu BRIZZI pada
PT . BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) TBK. Cabang Dewi Sartika Bogor. Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), 34–38.
Trihandayani, N., Hairunnisa, & Nurliah. (2018). Implementasi
Kode Etik Humas Pemerintahan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor
371/KEP/M.KOMINFO/8/2007 di Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM
Kalimantan Timur, 6(1), 483–492.
Yuniani, Y. (2017). Strategi Komunikasi Pariwisata Provinsi
Maluku Utara pada Event Widi International Fishing Tournamen (WIFT) 2017. Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), 1(1), 59–72.
Yusmawati. (2017). Alvizuhra, Zulfan, & Abdullah. (2018).
Dinamika Sosial Ekonomi Wanita Penjual Sirih di Kota Banda Aceh Pasca Tsunami,
2005-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 3(1),
90–97.
Astuty, S., Setyastuti, Y., Maulina, N., & Hanief, L.
(2017). Analisis Fungsi dan Peran Humas dalam Upaya Impelementasi Good Governance (Studi pada Bagian Humas
Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin). MetaCommunication; Journal Of
Communication Studies, 2(1), 100–118.
Atina, L. (2018). Aktivitas Media Relations Kabupaten Bengkalis dalam Mempertahankan Citra
Positif. JOM FISIP, 5, 1–13.
Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio
Workshop Depok Melalui Poster, V(1), 13–24.
Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX(1), 82–92.
Febriansyah, M. R. (2014). Program Corpotate Social Responsibility oleh Humas PT Radia Suara Leo dalam
Meningkatkan Kepedulian terhadap Yayasan Anak Yatim di Wilayah Cirebon. Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9–14.
Giantika, G. A. N. G. A. N. (2016). Strategi Komunikasi dalam
Mengimplementasikan Peraturan Gubernur Nomor 141 Tahun 2016 Tentang Kartu
Jakarta Pintar. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), VII(1), 44–54.
Ilmiyah, T., & Ati, S. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi
Local Content terhadap Kegiatan
Penelitian Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir di
Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal
Ilmu Keperpustakaan, 2(2), 1–9.
Kriyantono, R. (2018). Peran Manajerial dan Teknisi Humas
Lembaga Pemerintah dan Swasta. Jurnal Sosial Politik Humaniora, 6(1),
1–17.
Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Walikota
Depok Bagi Masyarakat, VIII(September), 121–125.
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT
Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media
Informasi Publik Internal. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9(1),
26–27.
Prianto, T. A., & Suhartini, T. (2015). Optimalisasi
Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen
Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 53–62.
Primantoro, Y. A., & Muhsin. (2015). Sistem Pengelolaan
Arsip di Kantor Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Economic
Education Analysis Journal, 4(2), 362–375.
Purwanti, A. (2018). Corporate branding sebagai peran public
relations PLN bright Batam dalam meningkatkan pelayanan publik
----------------------------------------------------------------------------------------------------------.
Jurnal AKRAB JUARA, 3(1), 61–71.
Rahmi, F. N., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Strategi Employee Relations Managemen di PT . KEMFARM
Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 36–54.
Sinaga, R., Lubis, S., & Dayana. (2018). Strategi Media Relations Humas Pemerintah
Kabupaten Tapanuli Utara untuk Meningkatkan Citra Positif. Jurnal Ilmiah
Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 4(3), 1–14.
Suardhita, N. (2013). Strategi Humas PT NETRAL KONTINENTAL
MEDIA dalam Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA),
1–5.
Suherman, A. (2018). Laporan Keuangan sebagai Perwujudan
Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintahan Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi,
6(12), 128–138.
Tayibnapis, R. G. (2014). Strategi Public Relations terhadap Kepuasan Nasabah Produk Kartu BRIZZI pada
PT . BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) TBK. Cabang Dewi Sartika Bogor. Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), 34–38.
Trihandayani, N., Hairunnisa, & Nurliah. (2018).
Implementasi Kode Etik Humas Pemerintahan Keputusan Menteri Komunikasi dan
Informasi Nomor 371/KEP/M.KOMINFO/8/2007 di Humas Kantor Wilayah Kementerian
Hukum dan HAM Kalimantan Timur, 6(1), 483–492.
Yuniani, H. (2017). Strategi Komunikasi Pariwisata Provinsi
Maluku Utara pada Event Widi International Fishing Tournamen (WIFT) 2017. Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), 1(1), 59–72.
Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam Menyampaikan Informasi kepada Masyarakat melalui Situs WWW.SUMBAWABARATKAB.GO.ID. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), VIII(1), 1–12.