STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK

research
  • 14 Dec
  • 2018

STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK

ABSTRAKSI

 

Rizky Ramadhan Ridholillah (41150149), Strategi Humas Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Mal Pelayanan Publik.

 

Dalam sebuah perusahaan atau instansi, humas memiliki peran yang sangat penting sebagai penjembatan antara publik internal dan eksternalnya. Pekerjaan humas dapat membentuk opini-opini publik baik positif ataupun negatif. Apa lagi dalam instansi pemerintahan yang sering kali dianggap memiliki citra yang masih kurang baik terutama dalam masalah pelayanan publik. Sebagai instansi pemerintah yang melakukan pelayanan publik, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum terus berupaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan. Salah satunya melalui Mal Pelayanan Publik. Melalui kegiatan ini, Ditjen AHU bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana kepengurusan legalitas di AHU. Selain itu juga, Ditjen AHU ingin lebih dekat dengan masyarakat dan mengubah pandangan tentang pelayanan publik di instansi pemerintahan. Penelitian ini memfokuskan kepada pelayanan yang diberikan Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum di Mal Pelayanan Publik pada tahun 2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisa data kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Dalam penelitian, peneliti melihat keberhasilan program dalam meningkatkan pelayanan Ditjen AHU dilihat dari jumlah pemohon yang ada.

 

Kata Kunci : Humas, Pelayanan Publik, Publik Eksternal.

Unduhan

  • File_4 Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_4 Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 143x | Ukuran 389 KB
  • File_5 lembar Konsultasi Tugas Akhir1.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_5 lembar Konsultasi Tugas Akhir1.pdf

    •   diunduh 178x | Ukuran 606 KB
  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 146x | Ukuran 1,575 KB
  • File_13-Daftar-Pustaka.pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 380x | Ukuran 1,607 KB
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 190x | Ukuran 28 KB
  • File_10-Bab-2-Landasan-Teori.pdf

    Bab-2-Landasan-Teori

    •   diunduh 2201x | Ukuran 1,634 KB
  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_6 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 190x | Ukuran 13 KB
  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    •   diunduh 106x | Ukuran 588 KB

 

  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 111x | Ukuran 476,953
  • File_11-Bab-3-Pembahasan.pdf

    Bab-3-Pembahasan

    •   diunduh 725x | Ukuran 2,378,021
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 220x | Ukuran 3,205,347
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir2.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir2.pdf

    •   diunduh 114x | Ukuran 646,089
  • File_9-Bab-1-Pendahuluan.pdf

    Bab-1-Pendahuluan

    •   diunduh 314x | Ukuran 1,669,103
  • File_12-Bab-4-Penutup.pdf

    Bab-4-Penutup

    •   diunduh 862x | Ukuran 1,628,468
  • File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI MAL PELAYANAN PUBLIK_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    •   diunduh 663x | Ukuran 25,654,016

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Alvizuhra, Zulfan, & Abdullah. (2018). Dinamika Sosial Ekonomi Wanita Penjual Sirih di Kota Banda Aceh Pasca Tsunami, 2005-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 3(1), 90–97.

 

Astuty, S., Setyastuti, Y., Maulina, N., & Hanief, L. (2017). Analisis Fungsi dan Peran Humas dalam Upaya Impelementasi Good Governance (Studi pada Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin). MetaCommunication; Journal Of Communication Studies, 2(1), 100–118.

 

Atina, L. (2018). Aktivitas Media Relations Kabupaten Bengkalis dalam Mempertahankan Citra Positif. JOM FISIP, 5, 1–13.

 

Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio Workshop Depok Melalui Poster, V(1), 13–24.

 

Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX(1), 82–92.

 

Febriansyah, M. R. (2014). Program Corpotate Social Responsibility oleh Humas PT Radia Suara Leo dalam Meningkatkan Kepedulian terhadap Yayasan Anak Yatim di Wilayah Cirebon. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9–14.

 

Giantika, G. A. N. G. A. N. (2016). Strategi Komunikasi dalam Mengimplementasikan Peraturan Gubernur Nomor 141 Tahun 2016 Tentang Kartu Jakarta Pintar. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), VII(1), 44–54.

 

Ilmiyah, T., & Ati, S. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Local Content terhadap Kegiatan Penelitian Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Ilmu Keperpustakaan, 2(2), 1–9.

 

Kriyantono, R. (2018). Peran Manajerial dan Teknisi Humas Lembaga Pemerintah dan Swasta. Jurnal Sosial Politik Humaniora, 6(1), 1–17.

 

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Walikota Depok Bagi Masyarakat, VIII(September), 121–125.

 

Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi Publik Internal. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9(1), 26–27.

 

Prianto, T. A., & Suhartini, T. (2015). Optimalisasi Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 53–62.

 

Primantoro, Y. A., & Muhsin. (2015). Sistem Pengelolaan Arsip di Kantor Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 362–375.

 

Purwanti, A. (2018). Corporate branding sebagai peran public relations PLN bright Batam dalam meningkatkan pelayanan publik ----------------------------------------------------------------------------------------------------------. Jurnal AKRAB JUARA, 3(1), 61–71.

 

Rahmi, F. N., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Strategi Employee Relations Managemen di PT . KEMFARM Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 36–54.

 

Sinaga, R., Lubis, S., & Dayana. (2018). Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk Meningkatkan Citra Positif. Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 4(3), 1–14.

 

Suardhita, N. (2013). Strategi Humas PT NETRAL KONTINENTAL MEDIA dalam Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 1–5.

 

Suherman, A. (2018). Laporan Keuangan sebagai Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintahan Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 6(12), 128–138.

 

Tayibnapis, R. G. (2014). Strategi Public Relations terhadap Kepuasan Nasabah Produk Kartu BRIZZI pada PT . BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) TBK. Cabang Dewi Sartika Bogor. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 34–38.

 

Trihandayani, N., Hairunnisa, & Nurliah. (2018). Implementasi Kode Etik Humas Pemerintahan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 371/KEP/M.KOMINFO/8/2007 di Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, 6(1), 483–492.

 

Yuniani, Y. (2017). Strategi Komunikasi Pariwisata Provinsi Maluku Utara pada Event Widi International Fishing Tournamen (WIFT) 2017. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 1(1), 59–72.

 

Yusmawati. (2017). Alvizuhra, Zulfan, & Abdullah. (2018). Dinamika Sosial Ekonomi Wanita Penjual Sirih di Kota Banda Aceh Pasca Tsunami, 2005-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 3(1), 90–97.

 

Astuty, S., Setyastuti, Y., Maulina, N., & Hanief, L. (2017). Analisis Fungsi dan Peran Humas dalam Upaya Impelementasi Good Governance (Studi pada Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin). MetaCommunication; Journal Of Communication Studies, 2(1), 100–118.

 

Atina, L. (2018). Aktivitas Media Relations Kabupaten Bengkalis dalam Mempertahankan Citra Positif. JOM FISIP, 5, 1–13.

 

Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio Workshop Depok Melalui Poster, V(1), 13–24.

 

Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX(1), 82–92.

 

Febriansyah, M. R. (2014). Program Corpotate Social Responsibility oleh Humas PT Radia Suara Leo dalam Meningkatkan Kepedulian terhadap Yayasan Anak Yatim di Wilayah Cirebon. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9–14.

Giantika, G. A. N. G. A. N. (2016). Strategi Komunikasi dalam Mengimplementasikan Peraturan Gubernur Nomor 141 Tahun 2016 Tentang Kartu Jakarta Pintar. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), VII(1), 44–54.

 

Ilmiyah, T., & Ati, S. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Local Content terhadap Kegiatan Penelitian Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Ilmu Keperpustakaan, 2(2), 1–9.

 

Kriyantono, R. (2018). Peran Manajerial dan Teknisi Humas Lembaga Pemerintah dan Swasta. Jurnal Sosial Politik Humaniora, 6(1), 1–17.

 

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Walikota Depok Bagi Masyarakat, VIII(September), 121–125.

 

Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi Publik Internal. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 9(1), 26–27.

 

Prianto, T. A., & Suhartini, T. (2015). Optimalisasi Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 53–62.

 

Primantoro, Y. A., & Muhsin. (2015). Sistem Pengelolaan Arsip di Kantor Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 362–375.

 

Purwanti, A. (2018). Corporate branding sebagai peran public relations PLN bright Batam dalam meningkatkan pelayanan publik ----------------------------------------------------------------------------------------------------------. Jurnal AKRAB JUARA, 3(1), 61–71.

 

Rahmi, F. N., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Strategi Employee Relations Managemen di PT . KEMFARM Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 36–54.

 

Sinaga, R., Lubis, S., & Dayana. (2018). Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk Meningkatkan Citra Positif. Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 4(3), 1–14.

 

Suardhita, N. (2013). Strategi Humas PT NETRAL KONTINENTAL MEDIA dalam Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 1–5.

 

Suherman, A. (2018). Laporan Keuangan sebagai Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintahan Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 6(12), 128–138.

 

Tayibnapis, R. G. (2014). Strategi Public Relations terhadap Kepuasan Nasabah Produk Kartu BRIZZI pada PT . BANK RAKYAT INDONESIA ( PERSERO ) TBK. Cabang Dewi Sartika Bogor. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 34–38.

 

Trihandayani, N., Hairunnisa, & Nurliah. (2018). Implementasi Kode Etik Humas Pemerintahan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 371/KEP/M.KOMINFO/8/2007 di Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, 6(1), 483–492.

 

Yuniani, H. (2017). Strategi Komunikasi Pariwisata Provinsi Maluku Utara pada Event Widi International Fishing Tournamen (WIFT) 2017. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 1(1), 59–72.

 

Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam Menyampaikan Informasi kepada Masyarakat melalui Situs WWW.SUMBAWABARATKAB.GO.ID. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), VIII(1), 1–12.