STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI

research
  • 14 Dec
  • 2018

STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI

ABSTRAK

 

 

Fajar Yudhistira (41150065), Strategi Humas Dinas Perhubungan Kota Bekasi dalam Sosialisasi Rekayasa Lalu Lintas Tol Becakayu kepada Insan Media di Bekasi.

 

Media relations adalah salah satu hubungan eksternal yang dikerjakan seorang humas dengan individu, kelompok atau organisasi, dengan menjalin hubungan dengan media seorang humas disebuah instansi pemerintahan dapat membuat dan menjaga nama baik sebuah instansi tersebut. Media relations pun memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat karena dapat memberikan informasi dengan cepat dan luas. Dari beberapa proyek strategis nasional, Kota Bekasi mendapatkan 4 proyek strategis nasional, salah satunya pembangunan jalan tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) yang cukup memakan waktu dan biaya cukup besar dan efek dari pembangunan tol tersebut mengakibatkan daerah sekitar mengalami kemacetan cukup parah. Dinas Perhubungan Kota Bekasi yang memiliki wewenang untuk mengatur lalu lintas membuat rekayasa lalu lintas agar mengurai kemacetan di saat pembagunan proyek tol Becakayu berlangsung. Aktifitas humas dalam Sebuah institusi pemerintahan sangat penting salah satunya menjaga hubungan baik dengan insan media untuk membantu memberikan informasi, menjaga citra baik dan memberikan pelayanan untuk masyarakat. Maka dari itu Sosialisasi yang dilakukan Humas Dinas Perhubungan Kota Bekasi adalah mengadakan konferensi pers rekayasa lalu lintas dan mengundang insan media di Bekasi. Dengan mengundang insan media bertujuan untuk turut serta memberi informasi kepada masyarakat terutama masyarakat sekitar Kota Bekasi agar mengetahui rekayasa lalu lintas yang dibuat Dinas Perhubungan Kota Bekasi untuk mengurai kemacetan saat pembangunan tol Becakayu berlangsung.

  

Kata Kunci : Strategi Humas, Media Relations, Konferensi Pers.

Unduhan

  • File-8_Daftar-Isi.pdf

    Daftar-Isi

    •   diunduh 148x | Ukuran 1,725 KB
  • File 1_Lembar Judul.pdf

    STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 1_Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 136x | Ukuran 119 KB
  • File 14_Daftar Riwayat Hidup.pdf

    STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 14_Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 152x | Ukuran 406 KB
  • File 6_Kata Pengantar.pdf

    STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 6_Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 145x | Ukuran 152 KB
  • File 15_Surat Keterangan PKL Riset.pdf

    STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 15_Surat Keterangan PKL Riset.pdf

    •   diunduh 144x | Ukuran 431 KB
  • File 2_Lembar Pernyataan KeaslianTugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 2_Lembar Pernyataan KeaslianTugas Akhir.pdf

    •   diunduh 153x | Ukuran 472 KB
  • File 4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 150x | Ukuran 418 KB
  • File-13_Daftar-Pustaka.pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 416x | Ukuran 1,652 KB

 

REFERENSI

                             DAFTAR PUSTAKA

 

Achmadi, Abu dan Narbuko Cholid. (2013).             Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

 

Ardianto, Elvinaro. (2014). Handbook Of Public Relation. Bandung : Simbiosa

                Rekatama Media.

 

Emral. (2017). Pengantar Teori dan Metodologi Pelatihan Fisik. Jakarta : Kencana

               Nova, Firsan. (2013). PR WAR. Jakarta : Grasindo.

 

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta : PT

               RajaGrafindo Persada.

 

Gassing, Syariffudin S. dan Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta : Andi Offset.

 

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

 

Hamdi, Asep Saepul. E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta. Deepublisher.

 

J.R, Raco. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan

                Keunggulannya. Jakarta : Grasindo.

 

Liliweri, Alo. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.

 

Mukarom, H Zainal. dan Muhibudin Wijaya Laksana. (2015). Manajemen Public

   Relation : Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung

   : CV Pustaka Setia.

 

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

 

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV

               Pustaka Setia.

 

Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. Jakarta :

               Rajawali.

 

Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi :

               Korupsi dan Aplikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Ruslan,

               Rosady. 2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi :

               Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :  

               Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan

               R&D. Bandung :   Alfabeta.

 

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di

               Indonesia. Jakarta : Prenadamedia Group.

 

Suryani. dan Hendrayadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi

               pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta :

               Prenada Media Group.

 

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : CV Pustaka Setia.

 

Timotius, H Kris. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian : Pendekatan

               Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan.Yogyakarta. CV Andi Offset.

 

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar.  (2017). Metodologi Penelitian

               Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Zainal, Veithzal, H Mansyur Ramly, Thoby Mutis, dan Willy Arafah. (2015).

               Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Jakarta. PT

               RajaGrafindo Persada.

 

Sam. 2016. 25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para ahli Terlengkap. Diambil dari : http://www.dosenpendidikan.com/25-pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli-terlengkap/

 

Saleh. 2014. Dasar PR : Media Relations. Diambil dari : http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/04/media-relations/

 

Surbakti. 2015. Peran dan Fungsi Pers Menurut Undang-undang Pers tahun 1999 serta Perkembangannya. Diambil dari : https://media.neliti.com/media/publications/81875-ID-peran-dan-fungsi-pers-menurut-undang-und.pdf