ABSTRAK
Fajar Yudhistira (41150065),
Strategi Humas Dinas Perhubungan Kota Bekasi dalam Sosialisasi Rekayasa Lalu
Lintas Tol Becakayu kepada Insan Media di Bekasi.
Media relations adalah
salah satu hubungan eksternal yang dikerjakan seorang humas dengan individu,
kelompok atau organisasi, dengan menjalin hubungan dengan media seorang humas
disebuah instansi pemerintahan dapat membuat dan menjaga nama baik sebuah
instansi tersebut. Media relations pun memiliki peran yang sangat
penting bagi masyarakat karena dapat memberikan informasi dengan cepat dan
luas. Dari beberapa proyek strategis nasional, Kota Bekasi mendapatkan 4 proyek
strategis nasional, salah satunya pembangunan jalan tol Becakayu
(Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) yang cukup memakan waktu dan biaya cukup besar
dan efek dari pembangunan tol tersebut mengakibatkan daerah sekitar mengalami
kemacetan cukup parah. Dinas Perhubungan Kota Bekasi yang memiliki wewenang
untuk mengatur lalu lintas membuat rekayasa lalu lintas agar mengurai kemacetan
di saat pembagunan proyek tol Becakayu berlangsung. Aktifitas humas dalam
Sebuah institusi pemerintahan sangat penting salah satunya menjaga hubungan
baik dengan insan media untuk membantu memberikan informasi, menjaga citra baik
dan memberikan pelayanan untuk masyarakat. Maka dari itu Sosialisasi yang
dilakukan Humas Dinas Perhubungan Kota Bekasi adalah mengadakan konferensi pers
rekayasa lalu lintas dan mengundang insan media di Bekasi. Dengan mengundang
insan media bertujuan untuk turut serta memberi informasi kepada masyarakat
terutama masyarakat sekitar Kota Bekasi agar mengetahui rekayasa lalu lintas
yang dibuat Dinas Perhubungan Kota Bekasi untuk mengurai kemacetan saat
pembangunan tol Becakayu berlangsung.
Kata Kunci : Strategi Humas, Media Relations,
Konferensi Pers.
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 1_Lembar Judul.pdf
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 14_Daftar Riwayat Hidup.pdf
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 6_Kata Pengantar.pdf
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 15_Surat Keterangan PKL Riset.pdf
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 2_Lembar Pernyataan KeaslianTugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
Daftar-Pustaka
Bab-IV-Penutup
Bab-I-Pendahuluan
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 5_Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
STRATEGI HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI DALAM SOSIALISASI REKAYASA LALU LINTAS TOL BECAKAYU KEPADA INSAN MEDIA DI BEKASI_File 3_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Achmadi, Abu dan Narbuko Cholid. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta :
Bumi Aksara.
Ardianto,
Elvinaro. (2014). Handbook Of Public Relation. Bandung : Simbiosa
Rekatama Media.
Emral. (2017).
Pengantar Teori dan Metodologi Pelatihan Fisik. Jakarta : Kencana
Nova,
Firsan. (2013). PR WAR. Jakarta : Grasindo.
Emzir. (2016).
Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta : PT
RajaGrafindo
Persada.
Gassing, Syariffudin S. dan Suryanto. (2016). Public
Relations. Yogyakarta : Andi Offset.
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif
: Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamdi, Asep Saepul. E. Bahruddin. (2014). Metode
Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta. Deepublisher.
J.R, Raco. (2013). Metode Penelitian Kualitatif
Jenis Karakteristik dan
Keunggulannya. Jakarta : Grasindo.
Liliweri, Alo. (2014). Sosiologi & Komunikasi
Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Mukarom, H Zainal. dan Muhibudin Wijaya Laksana.
(2015). Manajemen Public
Relation : Panduan Efektif Pengelolaan
Hubungan Masyarakat. Bandung
: CV Pustaka Setia.
Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor :
Ghalia Indonesia.
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran
Terpadu. Bandung : CV
Pustaka
Setia.
Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi :
Teori dan Studi Kasus. Jakarta :
Rajawali.
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations
dan Media Komunikasi :
Korupsi
dan Aplikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Ruslan,
Rosady.
2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi :
Konsepsi
dan Aplikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung :
Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R&D.
Bandung : Alfabeta.
Suprawoto. (2018). Government Public Relations
Perkembangan dan Praktik di
Indonesia.
Jakarta : Prenadamedia Group.
Suryani. dan Hendrayadi. (2015). Metode Riset
Kuantitatif Teori dan Aplikasi
pada
Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta :
Prenada
Media Group.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung
: CV Pustaka Setia.
Timotius, H Kris. (2017). Pengantar Metodologi
Penelitian : Pendekatan
Manajemen
Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan.Yogyakarta. CV Andi Offset.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2017). Metodologi Penelitian
Sosial.
Jakarta: Bumi Aksara.
Zainal, Veithzal, H Mansyur Ramly, Thoby Mutis, dan
Willy Arafah. (2015).
Manajemen
Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Jakarta. PT
RajaGrafindo
Persada.
Sam. 2016. 25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para
ahli Terlengkap. Diambil dari : http://www.dosenpendidikan.com/25-pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli-terlengkap/
Saleh. 2014.
Dasar PR : Media Relations. Diambil dari : http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/04/media-relations/
Surbakti. 2015.
Peran dan Fungsi Pers Menurut Undang-undang Pers tahun 1999 serta
Perkembangannya. Diambil dari : https://media.neliti.com/media/publications/81875-ID-peran-dan-fungsi-pers-menurut-undang-und.pdf