ABSTRAK
Dita Kartikaningrum (41150036), Strategi Humas
Kementrian Pendidikan Dan
Kebudayaan Direktorat Pembinaan SMK Dalam Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui
Pelatihan Public Speaking.
Public
Speaking adalah seni berbicara didepan umum tentang suatu hal
tertentu secara lisan dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik mengubah
opini, memberikan penelasan dan informasi, yang akhir-akhir ini menjadi hal
umum dikalangan masyarakat. Berbicara didepan umum tidaklah mudah, dibutuhkan
kemampuan khusus sehingga dapat menjelaskan maksud dan tujuan si pembicara
berada didepan umum.
Hal ini sangat penting diperhatian
bagi sebagian kalangan dimana pekerjaan yang mereka lakukan dituntut sebagai
pembicara yang handal dan mudah dimengerti pendengar atau audience. Dalam hal
itu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sangat selektif dalam menghasilkan
pegawai yang handal dalam berbicara didepan umum sehingga Direktorat Pembinaan
SMK mengajak para pegawai mengikuti pelatihan public speaking yang diadakan
oleh direktorat mereka, sebagai bekal bagi para pegawai dikemudian hari serta
dapat meningkatkan keterampilan para pegawai.
Dalam melakukan penelitian ini metode
analisa yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif.
Dimana sumber data dalam penelotian ini adalah melalui wawancara mendalam yaitu
wawancara langsung dengan Bapak Andi Amrullah selaku key informan dan wawancara tidak langsung dengan informan.
Kata Kunci: Public
Speaking, Keterampilan
Daftar-Pustaka
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_15 Surat Keterangan PKL.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_1 Lembar Judul.pdf
Bab-IV-Penutup
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_4 Lembar Persetujuan Pengesahan.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_6 Kata Pengantar.pdf
Bab-I-Pendahuluan
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
STRATEGI HUMAS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEGAWAI MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING _File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Ardhoyo, T. E. (2013). ( PUBLIC RELATIONS ) DALAM
MEMPROMOSIKAN PRODUK PERUSAHAAN. JURNAL ILMIAH WIDYA, 1, 15–21.
Astuty, Yuanita , Novaria Maulina dan
Lalita Hanief. (2017). Analisis FungsiDan Peran Humas Dalam Upaya Implementasi
Good Governance. Journal of Communication Studies, 2(1), 100–118.
D.Wahyu Ariani. (2013). Manajemen Kualitas, 1–61.
Datuela, A. (2013). Strategi Public Relations PT Telkomsel
Branch Manado Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan, I(I).
Jati, W. R. (2015). Bonus Demografi Sebagai Mesin Pertumbuhan
Ekonomi: Jendela Peluang Atau Jendela Bencana Di Indonesia? Populasi, 23(1),
2. https://doi.org/10.22146/JP8559
Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh Pelatihan Pemberdayaan Dan
Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA, 1(3), 747–755.
Manurung, T. I. A. M. (2015). ( Studi Deskriptif Kualitatif
Strategi Public Relations dalam Manajemen Krisis di PT PLN ( Persero ) Wilayah
Sumatera Utara ), 1–8.
Ngato, F., Warouw, D., & Dkk. (2015). e- journal “Acta
Diurna” Volume IV. No.4. Tahun 2015. E-Journal “Acta Diurna,” 4(1),
1–6.
Nuraini, Ade, Romal, & Dkk. (2013). Remediasi kesulitan
siswa melalui wawancara klinis berbantuan lks materi pemfaktoran bentuk aljabar
di mts. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(9), 1–11.
Rahmawati, Y. (2014). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DALAM BISNIS
ISLAM *. Jurnal Manajemen Publik, (95), 182–194.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Alfabeta. Retrieved from http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=30031
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.
Suharyanti, & Sutawidjaya, A. H. (2013). Analisis Krisis
Pada Organisasi Berdasarkan Model Anatomi Krisis Dan. Journal Communication
Spectrum, 2(2), 165–185.
Sumampaouw, C. F. (2016). Strategi Public Relations Dalam
Mempromosikan Swiss-Bel Hotel Maleosan Manado, V(1), 1–11.
Suwarti, T. S. (2014). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING KADER PKK. JURNAL
KOMUNIKASI, 1–5.
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations, 9(1), 31–43.