ABSTRAK
Else Diniati (21150112) Prosedur Administrasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor SAMSAT Cinere Depok
Mengingat pentingnya administrasi bagi suatu perusahaan, maka administrasi tidak terlepas dari proses pekerjaan yang membutuhkan peranan administrasi untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Administrasi adalah suatu proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam menjalankan kebijakan yang berkenaan dengan penyelengaraan kebijakasanaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan serta menjadi satu acuan bagi suatu perusahaan dalam menjalankan tujuan dan fungsinya. Dalam menyusun penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan metode dokumentasi yang bertujuan untuk memberikan gambaran administrasi pelayanan pada SAMSAT Cinere Depok. Proses pelayanan yang terjadi pada Kantor SAMSAT Cinere Depok ini di dasari dengan ketentuan beserta prosedur yang berlaku sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Barat nomor 33 tahun 2013. Banyaknya permintaan masyarakat akan kendaraan bermotor sehingga betapa pentingnya prosedur pelayanan administrasi pajak kendaraan bermotor untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Masyarakat Depok yang telah memiliki kendaraan bermotor harus taat untuk membayar pajak dengan kurun waktu 1 (satu) tahunan, dengan melakukan pembayaran pajak tahunan pada Kantor SAMSAT Cinere Depok untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor wajib pajak bisa melalui e-samsat atau secara langsung ke kantor SAMSAT Cinere Depok.
TA-SK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA-SK_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahaan Tugas Akhir.pdf
TA-SK_File_ 16 Lampiran-Lampiran.pdf
TA_File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf
TA-SK_File_1 Lembar Judul.pdf
TA-SK_File_7 Abstrak.pdf
TA-SK_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA-SK_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf
TA-SK_File_ 5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA-SK_PPT Tugas Akhir.pptx
TA-SK_Flie_15 Surat Keterangan Riset.pdf
TA-SK_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA-SK_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_9-Bab-I-Pendahuluan.pdf
TA_File_12-Bab-IV-Penutup.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Anngraeni,J. Dhiana Paramita, P. & Warso, M. (2016). Pengaruh Kenekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap DAP Impulse Buying Cassanova Semarang. Journal Of Management, (2). Diambil dari https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/559
Aswati, W. O. Mas’ud A. & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna), III, 1–13. Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/JURNALAKUNTANSIKEUANGAN/article/view/3773
Awaluddin, I., Nurnaluri, S. & Damayanti, W. O. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (SAMSAT) Kendari), II, 109–122. Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/JURNALAKUNTANSIKEUANGAN/article/view/2983
Ferdiansyah, V., & Hidayat, D. (2014). E-Government: Study Fenomenologi Rw-Net Sebagai Pelayanan Publik Yang Transparan Dan Akuntabel Dengan Optimalisasi Fungsi E-Government Di Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/221
Gaol, J. L. (2015). Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan dan Organisasi. (R. L. T. ([email protected]), Ed.). Jakarta.
Gubernur, J. B. Tentang Pajak Daerah Untuk Jenis Pungutan Pajak kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) (2013). Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat Tahun 2015.
54
Hakim, I. N., Fitriyah, H. N., & Margono, A. (2015). Implementasi Reformasi Administrasi Pada Bagian Umum Dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, 3(2). Diambil dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/article/view/569/519
IBI, I. B. I., & LSPP, L. S. P. perbankan. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: Gramedia.
Kolianan, J. B., Liliweri, A., & Tamunu, L. (2016). Strategi Media Relations Humas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana ( Kb ) Pada Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional ( Bkkbn ) Provinsi Ntt. Jurnal Administrasi Publik, 6. Diambil dari http://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/2072
MA’RUF, F., RARES, J. J., & RURU, J. M. (2017). Implementasi Kebijakan Standar Operasional Prosedur Pada Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Manado, 4, 1–12. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/18738
Malau, M. (2016). Prosedur penagihan piutang rawat inap dan rawat jalan dengan menggunakan asuransi di rs pgi cikini, 20(1), 36–44. Diambil dari http://ejournal.uki.ac.id/index.php/beuki/article/view/324
Nurhadi. (2016). Pengaruh Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Kecil Pasar Becek Di Kabupaten Tigaraksa Propinsi Banten, III(1), 75–90. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/1048
Priansa, D. J., & Damayanti, F. (2015). Administrasi dan Operasional Perkantoran. (S. p. Soni Suntani Sentiana, Ed.). Bandung.
Rahma, E. (2018). Akses dan Pelayanan Perpustakaan Teori dan Aplikasi (Pertama). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Diambil dari https://doi.org/Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Rahmayanty, N. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta.
55
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2016). MANAJEMEN PELAYANAN pengembangan model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta.
Soemohadiwidjojo, A. T. (2017). Mudah Menyusun SOP STANDARD OPERATING PROCEDURE. (Andriansyah, Ed.). Jakarta: Penebar Plus (Penebar Swadaya Grup).
Soleh, K. C. S. A. (2016). Model proyeksi pendapatan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama di dinas pendapatan daerah (dispenda) provinsi bengkulu, 8–15. Diambil dari http://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/325
Supeno, W. (2018). Analisis Penilaian Kepuasan Pelayanan Hotel Pelanggan Traveloka ( Studi Kasus Hotel di Area Malioboro Yogyakarta ), XVI(1). Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3050
Wijaya, D. & Irawan, R. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat, XVI(1), 27. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2495