Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat. Salah satunya ditandai dengan penggunaan media sosial TikTok sebagai sarana promosi, pembelian dan penjualan produk. Akun @RosePakpahan memanfaatkan TikTok dengan menggunakan affiliate untuk tujuan mendapatkan pendapatan atau komisi dari hasil penjualan produk. Komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk berdasarkan teori A-I-D-A (Attention, Interest, Desire and Action). Metode yang digunakan adalah wawancara dengan pendekatan kualitatif terhadap Rose Pakpahan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial TikTok dengan menggunakan affiliate pada akun @RosePakpahan. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa TikTok dapat membuat audiens tertarik untuk menonton konten bahkan membeli produk yang dijual sehingga membuat @RosePakpahan mendapatkan pemasukan ekonomi. Oleh sebab itu, TikTok bukan hanya menjadi media hiburan, namun sebagai sarana pemasaran produk.
Jurnal Roslince Pakpahan
Skripsi Roslince Pakpahan
Cover Skripsi Roslince Pakpahan
Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Prologia, 5 (1), 175-183. http://dx.doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112
Faryana, A. M. (2023). Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Pengembangan Bisnis Online Pada Akun @Byadindahijab. [Skripsi Sarjana, Universitas Semarang]. USM Repository. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2019/G.311.19.0051/G.311.19.0051-15-File-Komplit-20230828072534.pdf
Fitriany, R. M., Fatimah, K. M., Destalpia R. T. S., & Laksana, A. (2024) Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Media Sosial TikTok (Studi Kasus Akun TikTok @Tiebymin). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5 (8), 71-80. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v5i8.7418
Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Maulidha, R. P., Megantari, K., & Purwati, E. (2022). Analisis Strategi Marketing Public Relations PT. Citra Mentari Mandiri Dalam Peningkatan Jumlah Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6 (4), 2087-2094. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i4.3592
Mulia, N. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Kampanye Dalam Pemilu Tahun 2024. [Skripsi Sarjana, Universitas Malikussaleh]. RAMA UNIMAL Repository. https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6332/
Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11 (1), 291-296. https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1612
Muqsith, M. A. (2021). Perkembangan Digital Media di Dunia. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 5 (1), 45-54. https://doi.org/10.15408/adalah.v5i1.17931
Porwanti, N. M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram, @Superskinme Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. [Skripsi Sarjana, Universitas Semarang]. USM Repository. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2018/G.331.18.0131/G.331.18.0131-15-File-Komplit-20220904021833.pdf
Pratyaksa, I. G. T., & Putri, N. W. E. (2019). Peranan New Media Dalam Transformasi Fungsi Komunikator dan Fungsi Konstruksi (Dramaturgy) Akun Instagram Walikota Denpasar Rai Mantra Tahun 2019. Ganaya: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 2 (2-3), 92-103. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/391
Rafiqih, A. (2022). Sistem Affiliate Dalam Marketplace Shopee Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia. [Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. UINJKT Repository. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61779
Renata, D.A. (2023). Sistem Affiliate Dalam Marketplace TikTok Shop Pada Produk Skincare Sheriz Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. [Skripsi Sarjana, UIN Sunan Ampel Surabaya]. UINSA Repository. https://digilib.uinsa.ac.id/66125/2/Diva%20Audrey%20Renata_G74219092%20OK.pdf
Riyanto, A. D. (2024, February 21). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Andi.link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Saprudin. (2024). Promosi Gratis Ongkos Kirim Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMA Stambuk 2019. [Skripsi Sarjana, Universitas Medan Area]. UMA Repository. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/24165/2/198530219%20-%20Saprudin%20-%20Fulltext.pdf
Silalahi, M. (2022). Komunikasi Pemasaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Siswanto, A. H., & Haniza, N. (2021). Periklanan: Konsep dan Teori. Jakarta: Universitas Sahid Jakarta.