Pemanfaatan Media Sosial TikTok Dengan Menggunakan Affiliate Pada Akun @RosePakpahan Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran

research
  • 11 Mar
  • 2025

Pemanfaatan Media Sosial TikTok Dengan Menggunakan Affiliate Pada Akun @RosePakpahan Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat. Salah satunya ditandai dengan penggunaan media sosial TikTok sebagai sarana promosi, pembelian dan penjualan produk. Akun @RosePakpahan memanfaatkan TikTok dengan menggunakan affiliate untuk tujuan mendapatkan pendapatan atau komisi dari hasil penjualan produk. Komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk berdasarkan teori A-I-D-A (Attention, Interest, Desire and Action). Metode yang digunakan adalah wawancara dengan pendekatan kualitatif terhadap Rose Pakpahan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial TikTok dengan menggunakan affiliate pada akun @RosePakpahan. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa TikTok dapat membuat audiens tertarik untuk menonton konten bahkan membeli produk yang dijual sehingga membuat @RosePakpahan mendapatkan pemasukan ekonomi. Oleh sebab itu, TikTok bukan hanya menjadi media hiburan, namun sebagai sarana pemasaran produk.

Unduhan

 

REFERENSI

Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Prologia, 5 (1), 175-183. http://dx.doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112

Faryana, A. M. (2023). Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Pengembangan Bisnis Online Pada Akun @Byadindahijab. [Skripsi Sarjana, Universitas Semarang]. USM Repository. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2019/G.311.19.0051/G.311.19.0051-15-File-Komplit-20230828072534.pdf

Fitriany, R. M., Fatimah, K. M., Destalpia R. T. S., & Laksana, A. (2024) Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Media Sosial TikTok (Studi Kasus Akun TikTok @Tiebymin). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5 (8), 71-80. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v5i8.7418

Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Maulidha, R. P., Megantari, K., & Purwati, E. (2022). Analisis Strategi Marketing Public Relations PT. Citra Mentari Mandiri Dalam Peningkatan Jumlah Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6 (4), 2087-2094. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i4.3592

Mulia, N. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Kampanye Dalam Pemilu Tahun 2024. [Skripsi Sarjana, Universitas Malikussaleh]. RAMA UNIMAL Repository. https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6332/

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11 (1), 291-296. https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1612

Muqsith, M. A. (2021). Perkembangan Digital Media di Dunia. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 5 (1), 45-54. https://doi.org/10.15408/adalah.v5i1.17931

Porwanti, N. M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram, @Superskinme Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. [Skripsi Sarjana, Universitas Semarang]. USM Repository. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2018/G.331.18.0131/G.331.18.0131-15-File-Komplit-20220904021833.pdf

Pratyaksa, I. G. T., & Putri, N. W. E. (2019). Peranan New Media Dalam Transformasi Fungsi Komunikator dan Fungsi Konstruksi (Dramaturgy) Akun Instagram Walikota Denpasar Rai Mantra Tahun 2019. Ganaya: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 2 (2-3), 92-103. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/391

Rafiqih, A. (2022). Sistem Affiliate Dalam Marketplace Shopee Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia. [Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. UINJKT Repository. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61779

Renata, D.A. (2023). Sistem Affiliate Dalam Marketplace TikTok Shop Pada Produk Skincare Sheriz Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. [Skripsi Sarjana, UIN Sunan Ampel Surabaya]. UINSA Repository. https://digilib.uinsa.ac.id/66125/2/Diva%20Audrey%20Renata_G74219092%20OK.pdf

Riyanto, A. D. (2024, February 21). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Andi.link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Saprudin. (2024). Promosi Gratis Ongkos Kirim Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMA Stambuk 2019. [Skripsi Sarjana, Universitas Medan Area]. UMA Repository. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/24165/2/198530219%20-%20Saprudin%20-%20Fulltext.pdf

Silalahi, M. (2022). Komunikasi Pemasaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Siswanto, A. H., & Haniza, N. (2021). Periklanan: Konsep dan Teori. Jakarta: Universitas Sahid Jakarta.