PENERAPAN STRUKTUR TIGA BABAK DALAM PEMBUATAN NASKAH FILM TELEVISI “KALA”

research
  • 04 Mar
  • 2025

PENERAPAN STRUKTUR TIGA BABAK DALAM PEMBUATAN NASKAH FILM TELEVISI “KALA”

Penelitian ini menganalisis penerapan struktur tiga babak dalam pembuatan naskah film televisi "Kala," yang menggambarkan perjuangan hidup, cinta, dan pengorbanan keluarga. Dengan mengangkat tema relevan bagi masyarakat Indonesia, film ini menyampaikan pesan moral yang mendalam melalui karakter utama, konflik sosial, dan internal. Struktur tiga babak—pengenalan, pengembangan konflik, dan penyelesaian—digunakan untuk menciptakan alur cerita yang emosional dan menyentuh. Elemen simbolik seperti buku dan jamu memperkuat hubungan antara karakter dan pesan cerita. Penelitian ini menyoroti pentingnya struktur naratif dalam menghasilkan skenario yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan dampak emosional yang mendalam bagi penonton. Hasil analisis diharapkan menjadi referensi dalam pembuatan skenario film yang berdaya guna.

Unduhan

  • Full Skripsi.pdf

    44231837_Anisa Fauziyah_Full Skripsi

    •   diunduh 29x | Ukuran 10,010 KB

 

  • Cover.pdf

    44231837_Anisa Fauziyah_Cover

    •   diunduh 14x | Ukuran 249,119

REFERENSI

Alfathoni, M. A. M., & Manesah Dani. (2020). Pengantar Teori Film (H. Rahmadhani, Ed.). Deepublish.

Apriliany, L., & Hermiati, D. (2021). PERAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER.

Ardana, Y. J., Dwiyani, N. K., & Prabhawita, G. B. (2023). PENERAPAN TEORI “POSITIVE CHANGE ARC” UNTUK PERKEMBANGAN KARAKTER PROTAGONIS PADA NASKAH FILM PANJANG WARISAN. Calacaccitra,03. https://jurnal2.isi.dps.ac.id/index.php/calaccitra

Besthari, D., & Sudono. (2020). Gaya Bahasa Story Telling Dalam Penulisan Naskah Dokumenter Televisi “Buana Indonesia” Edisi “Lompatan Kawah Sikidang.”

Dimyati, I. S. (2023). DRAMA TRAGEDI: DARI ARISTOTELES HINGGA ARTHUR MILLER. 10.

Hardjito. (2024). Penulisan Naskah/Skenario (Wahyu Kurniawadi, Ed.; 1st ed.). Wawasan Ilmu. https://www.google.co.id/books/edition/Penulisan_Naskah_Skenario/LOMrEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA1&printsec=frontcover

Hasbullah, A. N., & Twin, A. P. (2022). Kuasa Media Di Film Dokumenter “The Social Dilemma.” 3458. http://45.148.26.41/the-social-dilemma-2020/

Magdalena, V. D. (2020). DAPTASI NOVEL “SIMPLE MIRACLES” PADA PENULISAN SKENARIO FILM TELEVISI “JUSTINA” MENGGUNAKAN PLOT LINIER DENGAN PENERAPAN FLASHBACK.

Pratista, H. (2017). Memahami Film - Edisi 2 (A. D. Nugroho, Ed.; 2nd ed.). Montase Press.

Pratiwi, E. (2023). PENULISAN SKENARIO STUKTUR TIGA BABAK DALAM MEMBANGUN DRAMATIK PADA FILM WARISAN [Universitas Potensi Utama]. http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5758

Ragib, A. (2020). Pembuatan Film Pendek Fiksi Ilmiah Tentang Polusi Cahaya Surabaya Dengan Special Effects Timelapse Guna Menyikapi Keindahan Cakrawala. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Sublett, S. W. (2014). Screen writing for neurotics: A beginner’s guide to writing a feature-length screenplay from start to finish. (R. Hendel, Ed.). University of Iowa Press.

Suharmono, & Julius, S. (2022). PENGANTAR PENULISAN SKENARIO FILM. Oceania Press.

Susanti, I. (2021). Seputar Naskah Televisi, Pengetahuan Dasar Untuk Pemula (Rulie Gunadi, Ed.). Deepublish.

Wahyuni, S., Suryanto, & Prayoga. Gilang Dwi. (2023). Penciptaan Skenario Film Fiksi “Aku Ingin” Menggunakan Struktur 3 Babak. 8(2). https://doi.org/10.22303/proporsi.8.2.2023.200-212