PERAN LIVE STREAMING VIDIO DOT COM DALAM MENGGANTIKAN MEDIA KONVENSIONAL MENJADI MEDIA DIGITAL (Studi pada Generasi Z di Wilayah Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat)

research
  • 24 Oct
  • 2024

PERAN LIVE STREAMING VIDIO DOT COM DALAM MENGGANTIKAN MEDIA KONVENSIONAL MENJADI MEDIA DIGITAL (Studi pada Generasi Z di Wilayah Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat)

Gea Sara Amanda (44200207), “Peran Live Streaming Vidio Dot Com dalam menggantikan media konvensional menjadi media digital (Studi pada Generasi Z di Wilayah Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat)”

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran aplikasi Vidio Dot Com sebagai platform live streaming dalam menggantikan media konvensional menjadi media digital, dengan fokus pada Generasi Z di Wilayah Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Menggunakan pendekatan kualitatif dan teori New Media, penelitian ini menemukan bahwa Vidio Dot Com mampu memenuhi kebutuhan dan preferensi Generasi Z melalui konten yang menarik, kontekstual, terus diperbarui, dan kemampuannya untuk menghubungkan pengguna dengan komunitas digital. Hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi penyedia media digital untuk terus berinovasi dan relevan di tengah perubahan lanskap media serta menjadi referensi bagi perusahaan media konvensional untuk beradaptasi.

 

Kata Kunci : Vidio Dot Com, Media Digital, Generasi Z, Live Streaming, Media Konvensional.

Unduhan

 

  • COVER SKRIPSI.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 18x | Ukuran 229,378

REFERENSI

Ahmadi, M. (2020). DAMPAK PERKEMBANGAN NEW MEDIA PADA POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT. In Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam (Vol. 4). www.yahoo.com,

Andini, W., Fitriani, D., Khairun, L., Purba, N., Lubis, R. N., Wulan, S., & Lubis, D. (2023). Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Paradigma Penelitian Kuantitatif Dalam Jurnal Ilmiah Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1.

Demuyakor, J. (2020a). Opportunities and Challenges of Digital Media: A Comprehensive Literature Review of Ghana. SSRN Electronic Journal, March. https://doi.org/10.2139/ssrn.3576045

Demuyakor, J. (2020b). Opportunities and Challenges of Digital Media: A Comprehensive Literature Review of Ghana. SSRN Electronic Journal, March. https://doi.org/10.2139/ssrn.3576045

Faidlatul Habibah, A., & Irwansyah, I. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2). https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255

Haqqu, R. (2020). Era Baru Televisi dalam Pandangan Konvergensi Media. Rekam, 16(1). https://doi.org/10.24821/rekam.v16i1.3721

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2).

Idris, R., Irfan, A. M., Asfar, T., Muhammad, A., Asfar, I. A., & Nurannisa, A. (2023). SIRI’NA PACCE: TRANSFORMASI BUDAYA SOSIAL SEBAGAI KUNCI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GENERASI ZA Andi Ilham Rivaldi Mutmainna Irna Erviana PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK.

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). KOMUNIKASI MASSA. Journal Analytica Islamica, 11(1). https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923

Kustiawan, W., Siregar, K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Fatma, Z., Gaja, S., & Pakpahan, N. (2022). KOMUNIKASI MASSA. JOURNAL

8

ANALYTICA ISLAMICA, 11(1), 2022.

https://www.researchgate.net.ac,id. Mahardika, I. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XII SMA

NEGERI 1 TIRTAYASA.
Maulana, A. S., Sari, D. P., Br Manik, N., Muliyani,

S., & Kustiawan, W. (2023). Manajemen Produksi Siaran Pemberitaan Media Radio dan Televisi. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(2). https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.202

Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–10. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/Telangke

Purba, W. A. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN AQUA “TERLINDUNGI UNTUK MELINDUNGIMU” DI TELEVISI. Skripsi.

Rajagukguk, D. L. (2022). Journalism Transformation: Print Media Towards the Digitalization Era for Generation X.

Rakna Fahreza, W. (2020). Komunikasi adalah Proses Penyampaian Makna pada Orang Lain, Ini Tujuan dan Fungsinya | merdeka.com. Merdeka.Com, September.

Ramadhan, H. A., Purwaamijaya, B. M., & Guntara, R. G. (2023). Pengaruh User Experience terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi Seluler Streaming Vidio. JTIM : Jurnal

Sabillah, H. A. (2022). The Role of The Production Team for Live Streaming of BRI League 1 Sports Broadcast on Vidio.com. PROP AGANDA, 2(2), 185–194. https://doi.org/10.37010/prop.v2i2.751

Sissoko, O. A. A., & Prasetyawati, H. (2022). Kebutuhan Gaya Hidup Generasi Z Terhadap Perilaku Narsis di Instagram. Matriks Jurnal Sosial Dan Sains, 4(1). https://doi.org/10.59784/matriks.v4i1.128

Suciati, Sofyan, N., Aziz, Z., Muttaqien, M., Amalia, A., & Arifianto, B. D. (2022). Oase Broadcasting - Percikan Pemikiran Dinamika Dunia Broadcasting di Indonesia.

Wibawa, L., Amalia, A., Ramadoni, A. A., Huda, M. K., Alimi, F., & Larassaty, A. L. (2022). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI KINERJA KARYAWAN DI PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR COUNTER AGEN PARK ROYAL SIDOARJO. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).