KOMUNIKASI PERSUASIF IBU DAN ANAK USIA DINI DALAM MEMBENTUK PERILAKU MENJAGA DIRI DARI KEKERASAN SEKSUAL DI KELURAHAN BATU AMPAR JAKARTA TIMUR

research
  • 24 Oct
  • 2024

KOMUNIKASI PERSUASIF IBU DAN ANAK USIA DINI DALAM MEMBENTUK PERILAKU MENJAGA DIRI DARI KEKERASAN SEKSUAL DI KELURAHAN BATU AMPAR JAKARTA TIMUR

Kekerasan seksual merupakan salah satu permasalahan sosial yang marak terjadi di Indonesia dan salah satu kasus kekerasan seksual yang marak terjadi yaitu kekerasan seksual pada anak usia dini. Peran ibu selaku orang tua dibutuhkan untuk memberikan informasi berperilaku menjaga diri pada anak usia dini dari kekerasan seksual sebagai upaya preventif. Salah satu caranya dengan komunikasi persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya para ibu di kelurahan Batu Ampar, Jakarta Timur melalui komunikasi persuasif kepada anak usia dini untuk membentuk perilaku menjaga diri dari kekerasan seksual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah para ibu telah melakukan komunikasi persuasif kepada anak usia dini dengan tahapan komunikasi AIDDA dimana ibu memberikan pemahaman dengan menciptakan suasana yang nyaman sehingga komunikasi ibu dan anak usia dini dapat terjalin dengan baik dan menimbulkan efek komunikasi persuasif pada anak usia dini yaitu efek kognitif dan afektif dimana anak usia dini sudah memahami dan menerapkan perilaku menjaga diri dari kekerasan seksual.

Unduhan

  • cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 14x | Ukuran 44 KB

 

REFERENSI

Annisa_Komunikasi Persuasif upaya ibu dalam pencegahan seks bebas_studi deskriptif. (n.d.).

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi.

Dafrizal, D., & Sarmiati, S. (2023). Penerapan Komunikasi Persuasif Pimpinan untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Motivasi Mahasiswa di STAI-YDI Lubuk Sikaping. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 180–189. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6754

effendy, onong uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.

Gunarsa. (2000). Psikolog Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga.

herdiansyah, haris. (2011). metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial.

Juknis_180301023. (n.d.).

Mavianti, M., Harfiani, R., & Tanjung, E. F. (2022). Model Komunikasi Persuasif pada Pembelajaran Materi Praktek Shalat Fardhu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7223–7231. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3188

Mei Amelia R. (2024, March 20). viral Bapak Diduga Cabuli Anak Kandung di Jakarta, Ibu Lapor ke Polisi. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-7251783/viral-bapak-diduga-cabuli-anak-kandung-di-jakarta-ibu-lapor-ke-polisi

Onong Uchjana Effendy. (2008). dinamika komunikasi.

Sekaran, Uma. , & B. R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th Ed).

Siti Aisyah. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.

sugiyono. (2016). . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Yanuar, D., & Pratiwi, C. S. (2019). The Secret Persona Korban Pelecehan Seksual (Komunikasi Interpersonal Antara Ibu dan Anak Korban Pelecehan Seksual di Kuta Baro, Aceh Besar). Warta ISKI, 2(02), 140–149. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i02.41