Film pendek adalah karya audiovisual dengan durasi lebih singkat dibandingkan film panjang atau fitur, sering digunakan sebagai media ekspresi ide kreatif, pesan sosial dan eksperimen teknis. Film memiliki makna yang dapat merepresntasikan objek tertentu. Representasi dalam film mencakup cara orang, tempat, objek dan peristiwa diwakili di layar, yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat seperti gender, ras, etnis, budaya dan kelas sosial. Representasi ini mempengaruhi pemahaman dan interpretasi penonton terhadap dunia di sekitar mereka. Salah satu makna yang direpresentasikan adalah kesetiaan yang terdapat pada film Ruang Tunggu miliki PT.KAI. Kesetiaan istri yang menunggu suaminya kembali selama bertahun-tahun lamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna denotasi, konotasi dan mitos tentang kesetiaan dalam film Ruang Tunggu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, yang menekankan konsep-konsep kunci seperti denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Ruang Tunggu memiliki makna kesetiaan yang begitu besar dari seorang istri, kesabran dan keteguhan hati yang tidak pernah berubah. Kesetiaan direpresentasikan melalui berbagi adaegan diantaranya dengan merawat semua kenangan, cincin kawin yang masih terus melingkar di jari manis, ritual menunggu suami di peron kereta yang terus dilakukan dan setia menunggu hingga ajal menjemputnya.
Skripsi Ryan Efendi Nasution_44201027
Adlina ratu. (2016). Ratu Azri Adlina. Ratu Azri Adlina. https://www.instagram.com/ratu.azriadlina/
Agustin, V. (2024). REPRESENTASI CYBER SOCIETY DALAM FILM “MISSING” 2023 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).
Amanda, N. K., & Sriwartini, Y. (2020). Pesan Moral Pernikahan pada Film Wedding Agreemen (Analisis Semiotika Roland Barthes). Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 111–129.
Andreanto, A., Wirawan, I. G. N., & Yudani, H. D. (2020). Perancangan film pendek dokumenter semanggi suroboyo khas surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 6.
Angga, D. M. P. (2022). Analisis Isi Film “The Platform.” Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 1(2), 127–136.
antaranews.com. (2022). Kebangkitan industri perfilman Indonesia di era pandemi. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/infografik/2893153/kebangkitan-industri-perfilman-indonesia-di-era-pandemi
antaranews.com. (2024). Kemendikbudristek: “Layar Indonesiana” untuk regenerasi sineas muda. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/3987228/kemendikbudristek-layar-indonesiana-untuk-regenerasi-sineas-muda
Ardaffa, A. (2022). Representasi Makna Keadilan Dalam Film Bumi Manusia. Universitas Komputer Indonesia.
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Keempat. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Darojatun, R. (2020). REPRESENTASI TERORISME DALAM MEDIA:(Analisis Semiotik Roland Barthes dalam film The Kingdom). AdZikra: Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam, 11(2), 208–228.
Defita, W. (2021). Media Massa dan Komunikasi. Mutiara Aksara.
Dissa Nur Adilla, D. (2023). Pengaruh Kode Klasifikasi Usia Program Siaran Televisi Terhadap Sensor Mandiri Orang Tua Pada Tontonan Anak (Survei Pada Orang Tua Wali Murid MI Muhammadiyah Leuwiliang). Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Erlangga, N. (2024). Erlangga Noor. Noor Erlangga. https://www.instagram.com/erlangganoor/
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Fahida, S. N. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film “Nanti Kita Cerita Hari Ini”(NKCTHI) Karya Angga Dwimas Sasongko. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, 1(2), 33–42.
Fatimah, Z. (2020). REPRESENTASI KESETIAAN DALAM FILM I LEAVE MY HEART IN LEBANON. Universitas Semarang.
GAOL, M. T. L. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM PARASITE DALAM MAKNA DENOTASI KONOTASI DAN PESAN MORAL. Universitas Medan Area Medan.
Hanifa, F. (2022). Film Dokumenter The Social Dilemma (Studi Konten Analisis Dalam Perspektif Fungsi Media. FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.
HARIYANTO, A. J. (2023). MODEL KEPEMIMPINAN KOLEKTIF KOLEGIAL DALAM PENINGKATAN LOYALITAS KADER PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO DISERTASI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Haseli, A., Shariati, M., Nazari, A. M., Keramat, A., & Emamian, M. H. (2019). Infidelity and Its Associated Factors: A Systematic Review. The Journal of Sexual Medicine, 16(8), 1155–1169. https://doi.org/10.1016/j.jsxm.2019.04.011
Hikmah, N. (2021). REPRESENTASI HELICOPTER PARENTING DALAM FILM “NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (NKCTHI).” Universitas Semarang.
Ismail Ibrahim & Samsiah. (2022). Fungsi Media Massa Bagi Masyarakat Di Desa Moibaken (Studi Fungsi Dan Media Massa Di Masyarakat Desa Moibaken). Kopi Susu: Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi, 4(1), 38–49.
kapanlagi.com. (2022). Henidar Amroe. Kapanlagi.Com. https://www.kapanlagi.com/henidar-amroe/foto/
Kareba. (2015). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.4 No 3.
Kharisma, R. A. M., & Zulfiningrum, R. (2020). Representasi Cyber Society Dalam Film “Searching.” Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).
Khomsahrial, R. (2016). Komunikasi massa. Jakarta: Grasindo.
Lestari, D. A., & Iskandar, D. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA FILM “DUA GARIS BIRU.” PANTAREI, 5(02).
Majid, A. (2020). Representasi Sosial dalam Film “Surat Kecil Untuk Tuhan”(Kajian Semiotika dan Sosiologi Sastra). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(02), 101–116.
Maria, C. S. S. (2020). Pesan Dakwah Akun Twitter NU Garis Lucu (Analisis Semiotik Roland Barthes). Skripsi: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Mariska, M. (2019). Aktivitas Humas Universitas Islam Riau Dalam Membina Hubungan Baik Dengan Media Massa. Universitas Islam Riau.
Merdeka.com. (2023). Yuriska Patricia. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/foto/jatim/1513203/20230119100216-hubungan-asmara-dengan-kiki-farrel-kandas-intip-deretan-potret-yuriska-patricia-001-.html
Mulyaningsih, D. S. (2022). PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TOKO SIDDA MULYA JAKARTA TIMUR. SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.
Novia. (2024). Momen Mudik, KAI Luncurkan Film Pendek “Ruang Tunggu” yang Dimainkan Sederet Bintang Film Nasional. Novia. https://www.kabarbumn.com/rilis-bumn/114537608/momen-mudik-kai-luncurkan-film-pendek-ruang-tunggu-yang-dimainkan-sederet-bintang-film-nasional
Nurudin. (2017). Pengantar komunikasi massa / penulis, Nurudin (Cetakan ke).
P2k.stekom.ac.id. (2024). Ruang tunggu (film pendek). P2k.Stekom.Ac.Id. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Ruang_tunggu_(film_pendek)
Pasaribu, B., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi Penelitian. In UUP Academic Manajemen Perusahaan YKPN.
Prameswara, A. D., & Sakti, H. (2016). Pernikahan jarak jauh (studi kualitatif fenomenologis pada istri yang menjalani pernikahan jarak jauh). Jurnal Empati, 5(3), 417–423.
PRATAMA, A. B. (2019). ANALISIS FAKTOR LAYAK BERITA PADA SURAT KABAR HARIAN OKU SELATAN. UIN Raden Fatah Palembang.
Putri, Y. (2019). IMBAUAN MEMAKAI MASKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUMAHAN GARUDA TELUKNAGA TANGERANG (Perspektif Psikologi Komunikasi). SIGI, 1(1), 49–57.
Rafli, A., & Muhammad, R. H. (2023). Peran Teknisi Master Control Room (MCR) TV Muhammadiyah (TVMu) Dalam Program Netizen Bertanya Ustadz Menjawab. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(4), 125–132.
Rahmawati, C. D., Busri, H., & Badrih, M. (2024). Makna Denotasi dan Konotasi Meme dalam Media Sosial Twitter: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1244–1256.
Risdianto, M. F. R. (2023). REPRESENTASI NILAI BUSHIDO DARI KARAKTER KIRA DAN ATHRUN DALAM FILM ANIMASI MOBILE SUIT GUNDAM SEED. Universitas Nasional.
ROYANI, H. (2018). PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI SITUS INTERNET UNTUK TRANSPARANSI DAN EFISIENSI PENGELOLAAN KEUANGAN BAZNAS KABUPATEN GRESIK. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Saputri, A. P., & Suyata, P. (2019). Bentuk-bentuk penyimpangan prinsip kerja sama dalam film dilan 1990 karya Fajar Bustomi. Doctoral Dissertation.
Selma, S. (2019). NILAI MORAL BANGSA JEPANG DALAM FILM SAYONARA BOKUTACHI NO YOUCHIEN (Kajian Semiotika). UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG.
Sembiring, L. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DI DURIAN SITEPU MEDAN. UNIVERSITAS QUALITY.
Septiana, R., KALANGI, L. M. V, & TIMBOELENG, D. R. (2019). Makna Denotasi, Konotasi dan Mitos dalam Film Who Am I Kein System Ist Sicher (Suatu Analisis Semiotik). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(2).
Silvananari, T. (2021). REPRESENTASI KARAKTER AYAH PADA FILM NKCTHI : NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA.
Suherman, A., & Putra, M. R. A. (2023). Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film Pendek “Kasih Ibu.” LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.
surv.co.id. (2024). Genre Film yang Paling Mencuri Perhatian. Surv.Co.Id. https://surv.co.id/web/artikel/genre-film-yang-paling-mencuri-perhatian
Syafrina, A. E. (2022). KOMUNIKASI MASSA. Sumedang: Mega Press Nusantara.
TAMBUNAN, R. R. (2022). ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN ADAPTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA BEKASI. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Tunggu, F. P. R. (2024). Irvan Ubaidillah. Film Pendek Ruang Tunggu.
Uqoiziah, U. (2023). Persepsi jama’ah terhadap penggunaan pola komunikasi oleh Ustadz di Majelis Taklim Tasywiqul Fata Desa Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Weisarkurnai, B. F., & Nasution, B. (2017). Representasi Pesan Moral Dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes). Riau University.
Wibisono, P., & Sari, Y. (2021a). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 7(1), 30–43.
Wibisono, P., & Sari, Y. (2021b). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FILM BINTANG KETJIL KARYA WIM UMBOH DAN MISBACH YUSA BIRA (Vol. 1, Issue 1).
Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak: Journal of Communication, 3(1), 47–59.
Yumiarti, Y., & Komalasari, B. (2020). Pemanfaatan Internet dan Agenda Setting Media Massa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 69–88.
Yusril, H. (2020). HUMOR SEBAGAI SIMBOL RESISTENSI DALAM BUDAYA POPULER (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Film “Joker”). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Zahra, F. (2020). REPRESENTASI KESETIAAN DALAM FILM I LEAVE MY HEART IN LEBANON. 21(1), 1–9.