Melalui kehadiran film ataupun serial drama tidak hanya sebagai bentuk hiburan maupun refleksi bagi penikmatnya, akan tetapi dapat membuka jalannya diskusi dan refleksi tentang berbagai isu sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Salah satu isu yang marak terjadi di masyarakat terutama bagi yang berstatus pelajar ialah aksi perundungan atau bullying. Pyramid Game merupakan salah satu drama Korea yang mengangkat sebuah isu bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Tidak hanya menceritakan soal perundungan atau bullying, akan tetapi dalam drama ini pun menyuguhkan kisah tentang kesenjangan sosial yang kontras di sebuah sekolah melalui sebuah permainan bernama Pyramid Game. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara menyeluruh bagaimana tindakan bullying digambarkan dalam drama Pyramid Game. Analisis semiotika yang digunakan adalah model pendapat Roland Barthes dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa drama Korea Pyramid Game ini memiliki adegan bullying yang dikategorikan menjadi empat yaitu bullying secara fisik, bullying verbal, bullying psikologis dan bullying sosial. Faktor bullying yang terjadi pada drama Korea Pyramid Game ini berdasarkan rasa kebencian yang ada di dalam diri pelaku dan memicu terjadinya balas dendam dengan cara merundung orang yang menjadi faktor utama ia di bully semasa waktu duduk di sekolah dasar.
Buku:
Alamsyah, F. F. (2020). Representasi, Ideologi dan Rekonstruksi Media. 3(2), 92–99.
Aldri, Rahmadith, K., & Alkaf, R. (2024). Revitalisasi Pendidikan Antara Gagasan dan Solusi. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/REVITALISASI_PENDIDIKAN_ANTARA_GAGASAN_D/7E_yEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Alfathoni, M. A. M., & Manesah, D. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Teori_Film/_G4PEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
A Rusdiana. (2021). ETIKA KOMUNIKASI ORGANISASI: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung. https://www.google.co.id/books/edition/ETIKA_KOMUNIKASI_ORGANISASI/ABtUEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
B Nanang, T. (2022). Sejarah Seni Teater Indonesia. CV MEDIA EDUKASI CREATIVE. https://www.google.co.id/books/edition/Sejarah_Seni_Teater_Indonesia/NdPREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Contessa, E., & Huriyah, S. (2020). Perencenaan Pementasan Drama (Darmingwati, Ed.). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pementasan_Drama/S3gWEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Fahmi, D. (2020). PERSEPSI: Bagaimana sejatinya persepsi membentuk konstruksi berpikir kita. Anak Hebat Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Persepsi/1HRHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Freska, Ns. W. (2023). Bullying dan Kesehatan Mental Remaja (B. Hernowo, Ed.). CV. Mitra Edukasi Negeri. https://www.google.co.id/books/edition/Bullying_dan_Kesehatan_Mental_Remaja/eGkDEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Hendra, T., & Hafniati. (2023). Pengantar Ilmu Jurnalistik. CV. Bintang Semesta Media. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Ilmu_Jurnalistik/AmLcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
HMM Hkikmat. (2024). Politik Hukum Komunikasi: Kebijakan, Hukum, dan Etika Media Massa Cetak, Elektronik, dan New Media. Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Politik_Hukum_Komunikasi/CXgCEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Ilmi, F., Afkarina, A., & Aminuddin, A. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI KASUS BULLYING PADA DRAMA THE GLORY 2023 (Menurut Roland Barthes ). JSL Jurnal Socia Logica, 3(2).
Irmayanti, N., & Agustin, A. (2023). Bullying dalam Perspektif Psikologi (Teori Perilaku) (F. D. Dwatra, Ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi. http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4872/13/Bullying%20dalam%20Prespektif%20Psikologi%20%281%29.pdf
Izza, N. Y., & Wahyuningsih, S. (2023). Web Series Dan Bullying: Memahami Representasi Bullying dalam Web Series Melalui Analisis Semiotik . Penerbit Adab. https://www.google.co.id/books/edition/Web_Series_Dan_Bullying_Memahami_Represe/k9DxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Kasanah, S. U., Rosyadi, Z., & Punggeti, R. N. (2024). Pendidikan Anti Bullying. CV Basya Media Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Anti_Bullying/lQDwEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Purnomo, H., Agustin, E. A., & Priliana, W. K. (2024). BUNGA RAMPAI: PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA (L. O. Alifariki, Ed.; 1 ed.). PT MEDIA PUSTAKA INDO. https://www.google.co.id/books/edition/BUNGA_RAMPAI_PSIKOLOGI_REMAJA_DAN_PERMAS/ktbtEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+bullying&pg=PA128&printsec=frontcover
Rati, N. W., Apsari, N. M. M., Putri, R. P. A., Swari, N. P. V., Dewi, P. A., & Darsana, I. W. G. (2024). Stop Bullying! (I. B. A. L. Manuaba, Ed.). Nilacakra. https://www.google.co.id/books/edition/Stop_Bullying/q9b9EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Sari, N. M. D. S. et al. (2024). MENCEGAH BULLY DI SEKOLAH DASAR (I. B. A. L. Manuaba, Ed.). Nilacakra. https://www.google.co.id/books/edition/Mencegah_Bully_di_Sekolah_Dasar/-db9EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Sukendro, G. G., Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (2022). Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial. Gramedia Pustaka Utama.
Tazid, A. (2017). Tokoh, Konsep dan Kata Kunci Teori Postmodern. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Tokoh_Konsep_dan_Kata_Kunci_Teori_Postmo/dsViDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Wahjuwibowo, I. S. (2019). Buku Semiotika Komunikasi Edisi 3 (3 ed.). Mitra Wacana Media. https://www.google.co.id/books/edition/SEMIOTIKA_KOMUNIKASI_EDISI_III/qsKHDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Wahyuni, P. I. A. A. S. (2021). Perempuan: Perempuan dan Media (Vol. 1). Syiah Kuala Univeristy Press. https://www.google.co.id/books/edition/Perempuan_Perempuan_dan_Media_Volume_1/5ENQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Wissang, I. O. et al. (2023). BAHASA DAN BUDAYA (D. Lestari, Ed.). CV. Intelektual Manifes Media. https://www.google.co.id/books/edition/BAHASA_DAN_BUDAYA/8EHJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Jurnal:
Azahra. (2023). Bangkit setelah Polemik: Industri Perfilman di Indonesia pada Awal Masa Orde Baru. https://jurnal.ugm.ac.id/v3/histma/article/view/10881
Ernawati, E., & Sari, R. N. (2020). Representasi Kesadaran Budaya Lokal Perupa dalam Penciptaan Karya Seni Rupa dan Desain Era Kontemporer. INVENSI, 5(2), 81–99. https://doi.org/10.24821/invensi.v5i2.4371
Fitri, A., Naibaho, L., & Ria Sitorus, F. (2023). REPRESENTASI PERUNDUNGAN (BULLIYING) PADA NOVEL DAN HUJAN PUN BERHENTI KARYA FARIDA SUSANTY: PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA. PP. Universitas Prima Indonesia Jl. Sampul, 5(1). https://doi.org/10.34012/bip.v4i1.2708
Harahap, E., Mita, N., & Saputri, I. (2019). DAMPAK PSIKOLOGIS SISWA KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 BARUMUN (Vol. 4, Nomor 1).
Mahanum. (2021). Tinjauan Kepustakaan. Journal Of Eduaction, 1(2), 1–12.
Maliki, M., & Fuady, M. E. (2022). Representasi Bullying pada Drama Korea The Penthouse. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.4074
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Risdiawati, D. (2020). Urgensi Literasi Media bagi Pengembangan Pola Pikir Kehidupan Sosial Masyarakat. 2(2). https://doi.org/10.19105/ejpis
Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989
Zain, N. A., Valdiani, D., Puspanidra, T., & Korespondensi, S. (2021). REPRESENTASI SISI KEMISKINAN DALAM FILM PARASITE (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 5(2), 83–90. https://journal.unpak.ac.id/index.php/apik
Web:
Putra, I. (2023). Kasus Perundungan di Indonesia Peringkat 5 Besar Dunia. medcom.id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0KvPeqlb-kasus-perundungan-di-indonesia-peringkat-5-besar-dunia
Putri, R. A. (2023, Agustus 22). Keji! Pelaku Bullying Bikin Tato Ikan Jelek di Paha Korban Tanpa Obat Bius, Keduanya Masih SMP. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/health/read/5376262/keji-pelaku-bullying-bikin-tato-ikan-jelek-di-paha-korban-tanpa-obat-bius-keduanya-masih-smp?page=4
Rahmah. (2023). Bullying di Sekolah Korsel Meningkat dalam 10 Tahun Terakhir. IDN Times. https://www.idntimes.com/news/world/rahmah-n/bullying-di-sekolah-korsel-meningkat-dalam-10-tahun-terakhir-c1c2
Rahmawati, F. (2024, Maret 1). Kronologi Bullying di Binus School Serpong: 12 Pelaku Aniaya Korban Bergantian dengan Dalih Tradisi. Kompas.tv. https://www.kompas.tv/regional/489424/kronologi-bullying-di-binus-school-serpong-12-pelaku-aniaya-korban-bergantian-dengan-dalih-tradisi
Repository:
Al Hakim, T. (2023). REPRESENTASI BULLYING DALAM DRAMA KOREA TOMORROW (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/70764