Nur Holila Harahap (44200914) Peran Produser Dalam Produksi Film Televesi “RETAK”
Dalam produksi film televisi, peran produser sangat penting. Produser bertanggung jawab merencanakan produksi, menetapkan batas waktu, memastikan ketersediaan peralatan, berkolaborasi dengan pihak luar, dan menangani masalah terkait. Pada proses pembuatan program film televisi “Retak,” penulis berperan sebagai produser. Sebagai pemimpin, produser menjelaskan peran dalam pra produksi, produksi, dan paska produksi. Tahap praproduksi meliputi pembentukan waktu, ide, konsep, serta anggaran. Pada tahap produksi, produser mengurus transportasi, konsumsi, dan jadwal shooting. Selama tahap paska produksi, produser melakukan evaluasi teknis dan mengawasi proses editing. Genre film mencakup berbagai kategori, seperti drama, komedi, aksi, petualangan, horor, fantasi, fiksi ilmiah, thriller, romantis, dan animasi. Film ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana perselingkuhan tidak hanya mempengaruhi pasangan yang terlibat, tetapi juga anak-anak mereka. Dengan mengangkat tema ini, berharap dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang dampak perselingkuhan dan menekankan pentingnya komunikasi serta kepercayaan dalam keluarga. Melalui film televisi ini, diharapkan penonton bisa memperoleh pesan moral yang kuat dan wawasan tentang cara mengatasi konflik serupa dalam kehidupan nyata. Program film televisi “Retak” yang akan dibuat memiliki format film pendek dengan durasi 10 menit, mengisahkan tentang kekacauan dalam satu keluarga. Produser mempunyai peran penting dalam mengawasi semua aspek produksi agar film sesuai dengan manajemen produksi dan tanggung jawabnya atas aktivitas dari tahap persiapan hingga penyelesaian film.
Kata Kunci : Peran Produser, Produksi, Film, Televisi, Genre
Laporan Full text
Cover
Alfani, M., & Muhammad Muttaqien, M. (2022). Peran Produser Dalam Produksi Film “Setiti” Di Masa Pandemi Covid 19. Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference, 2(1), 156–165. https://doi.org/10.18196/umygrace.v2i1.431
Ansori, D. R., & Putri, I. P. (2021). Analisis Produksi Program Televisi Di Tvone (Proses Produksi Program Televisi “Ayo Hidup Sehat” Di Pt. Lativi Media Karya Pulo Gadung Jakarta Timur). E-Proceeding of Management, 8(5), 6701–6719.
Ariani, D. R., & Neta, F. (2021). Penerapan Teknik Color Grading dan Musik Scoring pada Tahap Paska Produksi Film Horor “Waktu Terlarang.” Journal of Applied Multimedia and Networking, 5(1), 29–41. https://doi.org/10.30871/jamn.v5i1.2375
Arnina, Firzal, Y., & Faisal, G. (2020). Penerapan Prinsip Desain Richard Rogers Pada Perancangan Stasiun Televisi Lokal Di Tembilahan. ALUR : Jurnal Arsitektur, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.54367/alur.v3i2.800
Handanti, N., & Irawan, R. E. (2020). Peran Produser Dalam Pembuatan Film Pendek Fiksi Bergenre Drama Delapan Warna Pelangi. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.33376/ic.v2i2.525
Kiki, L., Birowo, P., & Soeryana, D. (2023). Arsitektur Naskah Aborsi Karya Eugene O’Neill Dengan Gaya Realisme Dan Genre Tragedi. Jurnal Cerano Seni : Pengkajian Dan Penciptaan Seni Pertunjukan, 2(2), 39–47. https://doi.org/10.22437/jcs.v2i2.27799
Lestari, M., & Yuniawan, T. (2021). Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Film Preman Pensiun The Movie. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i1.39957
Nafariska Nur Rachmania, & Ulinuha, A. (2023). Model Manajemen Produksi Film Pendek Pergi Untuk Kembali. Jurnal Audiens, 4(3), 394–404. https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.61
Novita, D., Yenrizal, & Azarkasyi, B. (2022). Strategi Komunikasi Siaran Tvri Sumatera Selatan Sebagai Televisi Publik. Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–13.
Nurul Shadrina, A., Raniah Zaim, S., & Arimurti, F. (2023). Manajemen Produksi Film Pendek Keling: Dari Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Jurnal Audiens, 2(2), 320–330. https://doi.org/10.18196/jas.v4i2.36
Pratama, F. Y., Hasfi, N., & Sulistyani, H. D. (2019). Peran Produser dalam Produksi Berita Feature pada Segmen Mini Feature Program “Jawa Tengah Hari Ini” di Stasiun TVRI Jawa Tengah Fendardi. Ilmu Komunikasi, 1–7.
Sinulingga, K. N. V. M., & Wibawa, S. (2022). Genre Analysis the Film Gundala. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 14(1), 30–40. https://doi.org/10.33153/capture.v14i1.3832
Susanti, S., & Ratmita, R. A. (2020). MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM BERITA DI iNEWS TV BANDUNG. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, x(2), 1–17.
Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Ilmu Komunikasi, 5(1), 71–90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945
Wahid, M. N., & Novianty, I. (2023). PRODUKSI FILM PENDEK “TINTA UNTUK BUMI” SEBAGAI MEDIA EDUKASI DAN INSPIRASI DALAM PENTINGNYA MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN (The Short Film Production of “Tinta Untuk Bumi” as an Educational and Inspiration on the Importance of Preserving the Environment). Jurnal Sains Terapan : Wahana Informasi Dan Alih Teknologi Pertanian, 13(2), 46–59. https://doi.org/10.29244/jstsv.13.2.46-59
Wicaksono, M. F. (2020). Representasi Perpustakaan dalam Film Pendek The Library. JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 55–68. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/7218
Wistina Seneru, S. P. B. M. P., Paharuddin, S. T. M. S., Firman Yasa Utama, S. P. M. T., Rosnani, S. A. N. M. S., Dr. Hary Murcahyanto, M. H., Dr. Drs. H. Mohzana, S. P. M. P., Revi Sesario, S. H. M. M., Eval Edmizal, S. P. M. P., dr. Rudy Dwi Laksono, S. P. D. M. K. F. S. H. M. H. M. M. P., & Kamaluddin, S. S. M. M. (2024). Strategi Komunikasi Organisasi Yang Efektif (Issue June). https://books.google.co.id/books?id=nQsSEQAAQBAJ