ANALISA PENJUALAN PRODUK MINUMAN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K – MEANS CLUSTERING

research
  • 21 Oct
  • 2024

ANALISA PENJUALAN PRODUK MINUMAN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K – MEANS CLUSTERING

Pt Sumber Alfaria Trijaya (Alfa Mart) adalah Perusahaan yang memimpin di indonesia sebagai salah satu minimarket pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 untuk sistem manajemen mutu. Dengan 2000 toko dan 3000 gerai yang tersebar di berbagai daerah, Alfamart memiliki jaringan ritel terbesar, menjadikannya pilihan utama bagi konsumen untuk berbelanja. perusahaan ini selalu berupaya agar produk yang dihasilkan mencapai tujuan yang diinginkan. menawarkan berbagai macam minuman, yang masing-masing memiliki cita rasa khas dan kemasan yang berbeda-beda. pesatnya perkembangan strategi pemasaran, pelaku bisnis terus-menerus mencari inovasi baru untuk bersaing dengan para pesaingnya. Hal ini tercermin dari banyaknya produk baru yang diluncurkan melalui berbagai inovasi. Ada berbagai merek minuman dengan tipe yang berbeda, seperti minuman ringan, teh kemasan, serta kopi dan krimer kemasan. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) ingin memantau produk minuman mana yang paling diminati dan mana yang kurang diminati oleh konsumen dengan cara melalui sistem atau metode tertentu. Salah satunya dengan cara Teknik machine learning penggunaan aplikasi komputer dan algoritma matematika untuk menganalisis data dan membuat prediksi di masa mendatang. Salah satu teknik clustering yang paling dasar dan terkenal adalah K-Means, Metode K-Means digunakan untuk menemukan partisi optimal dari data dengan meminimalkan jumlah kesalahan kuadrat melalui prosedur iteratif yang efisien. metode K-means Clustering akan digunakan untuk menentukan produk minuman yang paling diminati oleh konsumen. hasil dari cluster yang sudah dijalankan dari pengujian data ini ada 2 pengujian yaitu menggunakan Orange Data Mining dan Penghitungan secara manual, yang pertama ada di pengujian Orange Data Mining hasilnya paling sedikit ada di cluster 1 dengan produk penjualan Soft Drink dengan angka 17, dan yang cukup laris ada di cluster 2 dengan produk penjualan Kemasan Tea  dengan angka 31, dan yang terakhir produk yang sangat laris ada di cluster 3 dengan produk penjualan Kemasan Caffe&Creamer di angka 52. dan pada pengujian kedua penghitungan manual berhenti sampai iterasi ke 5 dengan nilai yang cukup menyamai dengan yang pengujian di Orange Data Mining dengan nilai cluster 1 dengan penjualan Soft Drink dengan angka 11, dan cluster 2 dengan produk penjualan Kemasan Tea dengan angka 34, dan yang terakhir cluster 3 dengan produk minuman Kemasan Caffe & Creamer di angka 55.

Unduhan

 

REFERENSI

Aghnia, R., Wiguna, R., & Rifai, A. I. (2021). Analisis Text Clustering Masyarakat Di Twitter Mengenai Omnibus Law Menggunakan Orange Data Mining. Journal of Information Systems and Informatics, 3(1). http://journal-isi.org/index.php/isi

Davidson, H., & Nasikah, D. (2021). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN IMPORT DI KOTA METRO. In Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT) (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/

Dodi Nofri Yoliadi. (2023). data-mining-dalam-analisis-tingkat-penjualan-barang-10n97wzd. Dodi Nofri Yoliadi.

Febianto, N. I., & Palasara, N. (2019). Analisa Clustering K-Means Pada Data Informasi Kemiskinan Di Jawa Barat Tahun 2018. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 130–140. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.653

Handoko, S., Fauziah, F., & Handayani, E. T. E. (2020). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENJUALAN PAKET DATA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 25(1), 76–88. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i1.2677

Ahmad Roihan, P. A. S. A. S. R., Roihan, A., Abas Sunarya, P., & Rafika, A. S. (2019). IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) Pemanfaatan Machine Learning dalam Berbagai Bidang: Review paper. In IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) (Vol. 5, Issue 1).

Hutagalung, J., & Sonata, F. (2021). Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(3), 1187. https://doi.org/10.30865/mib.v5i3.3113

Mappadeceng, R., Tarmizi, A., & Dewita, L. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Citra Merek Kopi Good Day di Kota Jambi. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 44. https://doi.org/10.33087/eksis.v15i1.434

Massa, L. E., & Tumbel, A. L. (2022). THE INFLUENCE OF STANDARD OPERATING PROCEDURE, AMENITIES, AND WORK DISCIPLINE TOWARD EMPLOYEE PERFORMANCE IN NOONGAN RSUD. In J.J. Rotinsulu 49 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 1).

Nahjan, M. R., Heryana, N., & Voutama, A. (2023). IMPLEMENTASI RAPIDMINER DENGAN METODE CLUSTERING K-MEANS UNTUK ANALISA PENJUALAN PADA TOKO OJ CELL. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 1).

Nasir, J. (2020). PENERAPAN DATA MINING CLUSTERING DALAM MENGELOMPOKAN BUKU DENGAN METODE K-MEANS. Jurnal SIMETRIS, 11(2).

Nawangsih, I., & Puspita, R. (2021). PELITA TEKNOLOGI Implementasi Algoritma K-Means Dalam Mengkategorikan Produk Terlaris Dan Kurang Laris Pada Toko Alfamart Cikarang. Jurnal Pelita Teknologi, 16(1), 79–87.

Nurhayati Husain, D. R. K. M. A. S., Rita Karundeng, D., & Afan Suyanto, M. (2022). Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk dan Kualitas Produk Terhadap Minat … Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Alfamart Kayubulan. 10, 63–85. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.332

Nuryani, I., & Darwis, D. (2021). ANALISIS CLUSTERING PADA PENGGUNA BRAND HP MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer (Vol. 1, Issue 1).

Octhaviani, S., & Jonathan Sibarani, H. (2021). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN KOPI PADA PENGGUNA APLIKASI GRAB FOOD DI KOTA MEDAN.

Pratama, B. A., Arianti, Y. S., Setyarini, A., Pertanian, F., Agribisnis, J., Veteran, U., Nusantara, B., Letjend, J., Humardani No, S., & Sukoharjo, J. (n.d.). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK TEH CELUP HITAM DI KECAMATAN WONOGIRI.

Retno Lestari, D. (2019). Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout Swalayan Delimas Lestari Kencana Dengan Menggunakan Dengan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. In JURIKOM) (Vol. 6, Issue 2). http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom|Page|112

Safira Kamisna, Hajrina, Rya Novi Ezida, & Muslem. (2023). Tingkat Konsumsi Minuman Ringan (Soft Drink) Dan Sosialisasi Pola Minum Sehat Bagi Kesehatan Anak Di Desa Lamcot Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239–246. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.2168

Sandova, F., Kurniawan, R., Supratati, T., & Informatika, T. (2024). PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA PENJUALAN TAS DI ASIA TOSERBA CIREBON. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1).

Sholekha, E., Irawan, B., & Bahtiar, A. (2024). ANALISIS PENJUALAN PRODUK SNACK DAN MINUMAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA DATASET TRANSAKSI PENJUALAN. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 3).

Syafruddin, M., Bauran, P., Terhadap, P., Konsumen, K., Kasus, S., Produk, P., Merek, M., Kotak, T., Alfamart, D., Syafruddin1, M., Manajemen, A. M., & Bongaya, S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Minuman Merek Teh Kotak Di Alfamart). In Jurnal Ilmiah Bongaya (JIB) Desember (Vol. 6, Issue 2).

Syahruliyanto, A., & Prihartono, P. (2022). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Cimory Yoghurt di Alfamart Mekar Wangi). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 638. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.669

Triyandana, G., Putri, L. A., & Umaidah, Y. (2022). Penerapan Data Mining Pengelompokan Menu Makanan dan Minuman Berdasarkan Tingkat Penjualan Menggunakan Metode K-Means. In Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC) (Vol. 6, Issue 1). http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

Zafira, F., Irawan, B., & Bahtiar, A. (2024). PENERAPAN DATA MINING UNTUK ESTIMASI STOK BARANG DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1).