Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MSIB Kampus Merdeka merupakan program yang berada dibawah naungan Kemendikbud Ristek untuk memberikan keahlian dan pengetahuan kepada mahasiswa yang tidak diperoleh selama masa perkuliahan. Salah satu program yang diikuti penulis adalah Studi Independen di PT. GreatEdu Global Mahardika pada bidang UI/UX Bootcamp dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan meliputi materi Pendekatan UI/UX Untuk Isu-isu Lingkungan, User Research, UI/UX Design, UX Writing, Usability Testing serta Final Project yang akan dibimbing oleh mentor. Pada laporan akhir ini, project yang dibuat penulis yaitu merancang design aplikasi daur ulang sampah. Aplikasi ini dibuat karena kebiasaan masyarakat yang masih banyak belum mengetahui bagaimana cara pengelolaan dan mendaur ulang sampah yang baik dan benar yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendaur ulang sampah secara lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dari jurnal dan buku serta wawancara yang dilakukan secara sesi 1-1 antara peneliti dengan partisipan untuk memahami persepsi individual dari partisipan tersebut. Hasil pengujian usability aplikasi Trashcycle menunjukkan bahwa semua responden berhasil menyelesaikan misi sesuai skenario yang diberikan oleh moderator. Meskipun terdapat beberapa kesalahan klik karena kesulitan dengan user interface dan user experience, pengguna tetap dapat menyelesaikan misi hingga akhir.
Full_tugas akhir
Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., & Yusup, D. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Journal Of Social Science Research, 3(3), 219–233.
Andika, I., Masdar, R., & Hasdiansa, I. W. (2022). ENGAGEMENT : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 01(1), 2022.
Anggela, R., Rina, R., Rosanti, R., & Eviliyanto, E. (2020). Sosialisasi Daur Ulang Sampah Sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran
Lingkungan Pada Masyarakat Bantaran Sungai Kapuas. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1774
Atmojo, M. E. (2020). Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475
Hutgalung, R. S., & Senjaya, O. (2021). Pengelolaan dan Dinamika Sampah di Desa Ulekan Kabupaten Karawang Di Tinjau Dari Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah. Wajah Hukum, 5(2), 442. https://doi.org/10.33087/wjh.v5i2.433
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Normah, Rifai, B., Vambudi, S., & Maulana, R. (2022). Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.)). Cipta Media Nusantara.
Rosaldy, A. T. R., Az-Zahra, H. M., & Wardani, N. H. (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Go UMKM by BSI Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548(1), 964X.
Rosiana, P. S., Voutama, A., & Ridha, A. A. (2023). Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3), 246–253. https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3048
Saputra, E. P., Setiawati, E. E., Widianto, K., & Wahidin, A. J. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Efek Animasi PowerPoint Sebagai Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada TPQ Nurul Jihad. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 239–246. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14523
Sartika, D., Siregar, H. S., & Hasugian, A. (2023). Sosialisasi Pemahaman Hak, Kewajiban Dan Peran Masyarakat Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup Tapanuli Selatan Bumi Dalihan Natolu. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 125–132. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i3.247
Selano, L. A., & Nadjamuddin, S. (2021). Aplikasi Pencarian Objek Wisata Bandung Raya Berbasis Mobile (Study Kasus : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang Dan Kota Cimahi). Jurnal Informatics, VII(1), 30–43. https://ejournal.iwu.ac.id/index.php/Informatics/article/view/59/46