Giovanni Dimas Pramudya Mahendra (17190842), Analisis Kinerja Website Dinas Perhubungan Kota Depok Menggunakan Metode WebQual 4.0
Dinas Perhubungan Kota Depok merupakan salah satu organisasi pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk website. pemanfaatan website sebagai alat komunikasi pelayanan publik khususnya di Kota Depok dengan domain www.dishub.depok.go.id untuk melayani masyarakat luas. Salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa adalah transportasi. Pelayanan yang baik bagi aktivitas manusia dapat diberikan melalui transportasi melalui pembangunan jangka panjang. Penyelenggaraan industri transportasi perlu bersifat multifungsi. Permasalahan yang dialami oleh website Dinas Perhubungan Kota Depok yang didasari oleh laporan pengguna website ini yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk masuk ke website (kurang lebih 10-20 detik), masih kurangnya respon dari admin website, dan permasalahan lainnya. Oleh sebab itu, dalam penulisan skripsi ini, penulis akan menganalisis website ini dengan teliti dan mendalam. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah website Dinas Perhubungan Kota Depok. Penelitian ini meneliti tentang kinerja website Dinas Perhubungan Kota Depok. analisis dilakukan dengan menggunakan metode WebQual 4.0 berdasarkan situs website Dinas Perhubungan Kota Depok. Setiap bagian dijelaskan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam metode WebQual 4.0. Hasil pengolahan data akan digunakan sebagai bahan analisis untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian. Hasil dari pemecahan masalah ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja website dan kepuasan pengguna ketika menggunakan website Dinas Perhubungan Kota Depok. WebQual 4.0 berfokus pada tiga dimensi kualitas situs web, yaitu kualitas kegunaan (usability quality), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi layanan (services interaction quality), dan satu dimensi kualitas kepuasan (satisfaction quality). Berdasarkan hasil Dari 3 Dimensi Kinerja website dan 1 Dimensi Kepuasan pengguna website dengan metode WebQual 4.0 dari gambar diatas. 4 Dimensi WebQual 4.0 diatas memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu lebih dominan di variabel Setuju/Puas, Serta variable Netral dan sangat setuju/sangat puas memiliki nilai yang hampir mirip. Ini membuktikan bahwa kualitas kegunaan website, informasi website, interaksi terhadap pengguna website, dan kepuasan pengguna website pada website Dinas Perhubungan Kota Depok cukup baik, serta data survei responden website Dinas Perhubungan Kota Depok adalah Valid dan Reliabel.
Kata Kunci: Website, Metode WebQual 4.0, Dinas Perhubungan Kota Depok
Hasil Pengecekan Turnitin
Full Skripsi (Cover + Isi + Lampiran)
Bukti Submit Jurnal
Akbar, R. I. Dr. (2022). Importance - Performance Analysis Matrix Penerapan untuk Penilaian Situs Pembelajaran SIAkad dan LMS (Vol. 1).
Alkadri, H., Kunci, K., Sekolah, I., Kepala Sekolah, K., & Guru, K. (2020). KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Andiati, A., & Oktaviana, S. R. (2022). Analisis Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Website Istyle.id Dengan Metode Webqual 4.0 (Vol. 16, Issue 2).
Apriliani, D., Fikry, M., & Hutajulu, M. J. (2020). Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com.
Athallah, M. A., & Kraugusteeliana, K. (2022). Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis Telkomsel Website Quality Analysis Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis Method. Cogito Smart Journal |, 8(1).
Dewa, M., & Salnan, R. (2021). Cara Cepat Membangun Web Dinamis Dengan PhP dan MySQL (Vol. 1). Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Cepat_dan_Praktis_Membangun_Web_Din/GnpYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=website%20adalah&pg=PA3&printsec=frontcover
Endra, R. Y., Aprilinda, Y., Dharmawan, Y. Y., & Ramadhan, W. (2021). Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 11(1), 48. https://doi.org/10.36448/expert.v11i1.2012
Firmansyah, D., Pasim Sukabumi, S., & Al Fath Sukabumi, S. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927
Muttakin, F., Dwi Aprillia, D., & Kumalasari, M. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 300–308. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4403
Nasuka, M. (2022). MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN BANK SYARIAH: PENDEKATAN KONSEP ISLAMIC MARKETING (1st ed., Vol. 8). Goresan Pena.
Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
Rachmad, Y. E., Rahman, A., & Judijanto, L. (2024). Integrasi Metode Kuantitatif dan Kualitatif: Panduan Praktis Penelitian Campuran. PT. Green Pustaka Indonesia.
Rahmatullah, S., Silvi Purnia, D., & Triasmoro, R. (2019). Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0. 19(2). www.njis.org.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886
Setiyani, L., Wagiar, J., & Tjandra, E. (2020). Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(2), 12–20. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i2.68
Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978
Tisia, P. (2022). PENGARUH KUALITAS WEBSITE (WEBQUAL 4.0) DAN KUALIAS PELAYANAN (SERVQUAL) ONLINE TO OFFLINE (O2O) COMMERCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN MINA PEMBELIAN ULANG). Jurnal Manajemen, 16 NO. 2, 109–126.
Wada, F. H., Pertiwi, A., & Hasiolan, M. I. S. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Sepriano & Efitra, Eds.; 1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74