Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada khalayak yang pesannya dapat dikirim menggunakan berbagai jenis media massa, diantaranya media cetak dan eletronik. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni Metode deskriptif kualitatif melibatkan pengumpulan data dalam bentuk narasi atau deskripsi yang terperinci dan terperinci. Tujuannya adalah untuk menggambarkan secara rinci suatu pengalaman, pandangan, atau peristiwa dalam konteks tertentu. Peneliti menggunakan teknik seperti wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen untuk mengembangkan pemahaman komprehensif tentang topik penelitian.Peneliti akan menguraikan hasil observasi dan wawancara dari penelitian berdasarkan dengan judul Analisis Strategi Komunikasi Majalah Sunday Dalam Meningkatkan Minat Pembaca Rubrik “Tips Pelajar”. Pembaca merupakan salah satu umum penting bagi sebuah majalah, karena pembaca adalah audiens yang akan menerima informasi yang disampaikan oleh majalah dan dengan adanya pembaca tesebut akan membantu sebuah majalah untuk tetap dapat bertahan. Karena pentingnya pembaca, maka majalah perlu untuk mengetahui secara berkala jumlah pembacanya. Minat pembaca merupakan topik yang sangat penting dalam penelitian komunikasi dan literasi karena mempengaruhi seberapa sering dan dalam konteks apa orang membaca. Minat pembaca biasanya dihasilkan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal yang mendorongnya untuk terlibat lebih dalam dengan bahan bacaan tertentu. Minat pembaca dapat diartikan sebagai kecenderungan atau minat seseorang terhadap kegiatan membaca, yang ditandai dengan rasa ingin tahu, keinginan untuk mengetahui lebih jauh, dan dorongan untuk memahami isinya secara mendalam.
Kata kunci: Strategi komunikasi, majalah digital, minat pembaca, Majalah Sunday.
cover
skripsi_Alzihra Cahya Rachmani
Aji, P. R. (2023, February 4). jumlah media cetak terus merosot pers hadapi tantangan distribusi . Katadata.Co.Id.
D Harcourt. (2021). Magazine Publishing: A Comprehensive Overview.
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Gregory, A. (2019). Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic Approach.
Hendra, T. (2019). Peran Media Massa dalam Kehidupan Sosial.
Hidayat, R., & Purnama, A. (2023). pembelajaran komunikasi massa. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Publications/565661/Pembelajaran-Komunikasi-Massa.
kartini, kartini, elisa, novia, & amanda, adiva. (2024). Komunikasi Massa Sebagai Bentuk Pengawasan Terhadap Kebijakan Politik. Https://Journal.Widyakarya.Ac.Id/Index.Php/Harmoni-Widyakarya/Article/View/3116/2888, 2(2).
Nathanel, M. (2022). Dampak Tayangan Youtube Tonight Show Premiere Terhadap Pembentukan Perilaku Berkomunikasi. Http://Eprints.Kwikkiangie.Ac.Id/4676/.
nordin. (2017). Fungsi Komunikasi Massa dalam Pembentukan Identitas Sosial dan Budaya. 45–58.
PAS, A. (2017). Perkembangan Media Cetak di Indonesia: Dari Surat Kabar hingga Tabloid. 30–45.
Pratama. (2024). Web Responsif dan Perkembangan Majalah Digital.
Ramadhani, lisa, helmi, halimah, nasution, khairunnisak, mustafaruddin, & suhairi. (2022). Memahami Komunikasi Bisnis : Strategi Dan Pengelolaannya. 3(2), 87–100.
Retta, K., Saragih, M., Purba, F., Sipayung, T., Ekonomi, F., & Simalungun, U. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO KARINA PEMATANGSIANTAR DALAM PROGRAM NOSTALGIA. 3(2).
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
S Williams. (2022). Understanding Magazine Media: Design, Content, and Audience.
Sulistya, P. F. (2024, February 23). Data Jumlah Media Pers di Indonesia yang Terverifikasi per 21 Februari 2024. DataIndonesia.Id.
Ubaidah, S. Pd. , M. P. (2022, April 25). Mengapa siswa Sering Menggunakan Media Sosial, Mencari Informasi Umum di Internet. Pgsd.Binus.Ac.Id.
W Laila. (2019). Peran dan Pengaruh Media Cetak dalam Masyarakat Modern.
Widya Bina Ummah, K., Batu Aji, K., Batam, K., Riau, K., Yulika, L., & Efendi, R. (2022). Journal of Management and Accounting (JMA) ISSN xxxxxx (print) dan xxxxxx (online). In Journal of Management and Accounting (JMA) (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal.stienagoyaindonesia.ac.id/ojs/index.php/jma
Wigfield, A., & Gladstone, J. R. (2021). Reading Motivation and Engagement: Influences, Outcomes, and Interventions.