PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN DARUL MUTA’ALLIMIN

research
  • 20 Oct
  • 2024

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN DARUL MUTA’ALLIMIN

Sistem Informasi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SIMPANKAN) dikembangkan untuk memfasilitasi manajemen pembayaran SPP di Pondok Pesantren Darul Muta’allimin. Sistem ini bertujuan untuk memperbaiki komunikasi antara bendahara, orang tua, dan siswa dalam hal pembayaran SPP. Dengan menggunakan metode spiral yang menggabungkan model waterfall dan prototyping, sistem ini memastikan proses pengembangan yang terstruktur dan iteratif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem ini memungkinkan konfirmasi pembayaran secara online melalui transfer bank dan secara tatap muka, serta memberikan notifikasi kepada pengguna terkait status pembayaran. Implementasi SIMPANKAN diharapkan dapat meningkatkan efisiensi manajemen keuangan dan transparansi di lingkungan pesantren

Unduhan

 

  • Ta Siti Sopiah.pdf

    Full_text

    •   diunduh 28x | Ukuran 3,540,461

REFERENSI

2019, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Apotek Rumah Sakit Menggunakan Metode Spiral. Jurnal Komputer Dan                      Informatika,                      8(1),                             18–27. https://doi.org/10.35508/jicon.v8i1.2187

Alawiyah, T., Hikmah, A. B., & Simpony, B. K. (2019). Sistem Informasi Data Administrasi Penduduk E-SIDAPI. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 4(2), 189–195. https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.5884

Antares, J. (2020). Rancangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web Di Kantor Camat Medan Deli. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.46576/djtechno.v1i2.972

Asoka, E., Tullah, R., & Handoko, D. B. (2020). Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Android Di SMA Permata Pasarkemis. Academic Journal of Computer Science Research, 2(1). https://doi.org/10.38101/ajcsr.v2i1.313

Denih, Wendasmoro, R. G., & Ramos, S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Tri Patria Nusantara Kabupaten Bogor). Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 2(1), 125–131.

Endahuluan, P. (2021). PENGELUARAN KAS UNTUK PENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN. 2016, 1–5.

Fatah, H., Hikmah, A. B., Iskandar, Y., Bina, U., Informatika, S., Informatika, B. S., & Infromatika, B. S. (2024). Berbasis Web Pada Sdn Sirnajaya Kabupaten. 6(1), 11–22.

Hermawan, R., & Fauzi, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Kasir Penjualan Barang Berbasis Website Metode Spiral Toko Warna.

Jurnal SIFO Mikroskil, 22(2), 101–114. https://doi.org/10.55601/jsm.v22i2.836

Manuhutu, M., & Wattimena, J. (2019). Perancangan Sistem Informasi Konsultasi Akademik Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 149. https://doi.org/10.21456/vol9iss2pp149-156

Maulana Hasan, & Yahfizham. (2023). Pengenalan Algoritma pada Pembelajaran Pemrograman Komputer. Comit: Communication, Information and Technology Journal, 2(2), 285–299. https://doi.org/10.47467/comit.v2i2.1386

Musthofa, N., & Adiguna, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-

 

Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Ccomputer Kota Tangerang. 1(03), 199–207.

Oscar, D., Maulana, Y. I., Haidir, A., & Abdul Ghani Alhaq. (2019).

Sistem Informasi SPP Dan Pembayaran Sekolah Berbasis Web Pada Mts AL-Ihsan Pondok Gede Bekasi. Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(3), 7–12. http://ejurnal.net/portal/index.php/speed/article/view/799/730

Ramdan, M., Hikmah, A. B., & Apriyani, Y. (2019). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Sekolah Berbasis Web Pada SMK Muhammadiyah Kawali. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(2), 80–89. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6961

RizalSteven, A. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Menggunakan Framework Codeigniter Pada Umkm Jass Collection. Jurnal Comasie, 1, 48–58.

Rosaly, R. (n.d.). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol- simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan.

Salam, I. A., Prihandani, K., & Purnamasari, I. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Profit Penjualan Motor Berbasis Desktop Konsep Arsitektur Model View Controller (Mvc). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3495

Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Media Infotama, 16(1), 48–53. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1121

Sandria, Y. A., Nurhayoto, M. R. A., Ramadhani, L., Harefa, R. S., & Syahputra, A. (2022). Penerapan Algoritma Selection Sort untuk Melakukan Pengurutan Data dalam Bahasa Pemrograman PHP. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 190–194. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.187

Sari, I. P., Syahputra, A., Zaky, N., Sibuea, R. U., & Zakhir, Z. (2022). Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i1.67

Supiyandi, S., Rizal, C., Fachri, B., Eka, M., & Zufria, I. (2023).

Penerapan Spiral Method Dalam Pengembangan Sistem Informasi Desa Sebagai Keterbukaan Informasi Publik. Journal of Information

 

System Research (JOSH), 4(2), 708–713. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2960

Supriatmaja, G. A., Pratama, I. P. M. Y., Mahendra, K., Widyaputra, K.

  1. D., Deva, J., & Mahendra, G. S. (2022). Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Framework Bootstrap Dengan PHP Native dan Database MySQL Berbasis Web Pada SMP Negeri 2 Dawan. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(1), 7–15. https://doi.org/10.56854/jtik.v1i1.30

Usmaini, D. (2022). Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan dan Pembayaran Dana SPP. Jurnal Ilmu Data, 2(3), 1–12.

Velocci, A. L. (2004). Tailwinds. Aviation Week and Space Technology (New York), 161(11), 37–38.

Viktor dan Bella, F., Wahid, U., & Semarang, H. (2019). Prosiding SNST ke-3 Tahun 2012 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang. Prosiding SNST Ke-3, 45–50.

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084

Yulianti, S. D., Ath, M., Dzikrullah, T., Zahranda, H., Julian, M. A., Savana, G. I., Hidayat, D. A., Darma, Z., Rambe, A. A., Rachman,

A.F., Ramadhan, M. R., & Julius, A. (n.d.). No Title.