Analisis Konten Sosialisasi DBD di Instagram @kotajakartatimur

research
  • 19 Oct
  • 2024

Analisis Konten Sosialisasi DBD di Instagram @kotajakartatimur

Penelitian ini membahas tentang Analisis Konten Sosialisasi DBD di Instagram @kotajakartatimur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten sosialisasi Demam Berdarah Dengue (DBD). Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti melakukan observasi wawancara, dan dokumentasi selama periode 15 Desember 2023 hingga 15 Februari 2024. Analisis ini berfokus pada konten dalam meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat mengenai DBD melalui media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten yang menarik seperti infografis dan video pendek dapat meningkatkan daya tarik dan memudahkan penyampaian informasi kepada followers. Konten-konten tersebut juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran DBD. Pengguna fitur-fitur yang ada di Instagram seperti reels, Instagram Story, dan video terbukti dalam meningkatkan edukasi dan interaksi dengan masyarakat. Kesimpulannya bawa konten sosialisasi DBD melalui Instagram @kotajakartatimur berjalan dengan baik dan berhasil menyampaikan pesan kepada masyarakat, sesuai dengan teori Agenda Setting yang digunakan sebagai landasan analisis. Suku Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik berhasil memenuhi tanggung jawabnya sebagai penghubung antara pemerintah kota dengan masyarakat dalam menyampaikan informasi mengenai DBD.

Unduhan

 

  • Cover SKRIPSI.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 16x | Ukuran 44,057

REFERENSI

Basarah, F. F. , & Romaria, G. (2020). PERANCANGAN KONTEN EDUKATIF DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 22.

Dinata, Y. , & Setyaningsih, R. (2023). Manajemen Komunikasi dan Kinerja Pustakawan. JIPI. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 112–127.

Ekopendia, J., Ekonomi dan Pendidikan, J. , & Fatimah, D. (2022). PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH S DI RT 06 RW 03 SUNGAI MAS KELURAHAN PASAR ATAS KECAMATAN BANGKO KABUPATEN MERANGIN. .Jurnal Ekopendia, 7(1), 108–115.

Fahira, A. , & Nindya, E. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR REELS PADA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KEDAIKOPI       TMLST       (Survei       Pada       Pengikut       Akun       Instagram @tmlstcollectivespace). . In Agustus , 2.

Farhan, M. , & Hidayati, R. A. (2023). Analisis Kedisiplinan Karyawan Pada Pt.Xyz Gresik. 3(1).

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada akun@ yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.

Fatimah, R. , & Juliana Hasibuan, E. (2020). Peran Public Relations dalam Mengelola Publikasi Program Kemitraan di PT. Telkom Regional I Medan The Role of Public Relations in Managing Partnership Publication at PT. Telkom Regional I Medan. 2(2).

Fitra Alfajri, M., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN. In Jurnal Ilmu Komunikasi , 8(2).

Framuditya Bagas Saputra, Amyra Syalsabila, Yurni Fadhillah, & Ricky Firmansyah. (2023). Peran Sosial Media Instagram Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Perusahaan Mangkok Manis. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 66–77.

Hayati, S., Rahmat, A., Aidin, N., & Fikom -Umb, D. (2019). Suryaning, Abdul rahmad, Aidin: Strategi Publikasi PT Kereta Api Indonesia… Strategi Publikasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 1 Jakarta Dalam Menjaga Stabilitas Reputasi Perusahaan 1).

 Herdiana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Cimahi Jl Raya Cibeber No, D. , S.1, & Cimahi, K. (n.d.). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar Abstrak.

 Huang, G. (2020). Platform variation and content variation on social media: A dual-route model of cognitive and experiential effects. . Journal of Promotion Management, 26(3), 396–433.

Iqbal, M., Hasanuddin, U., Perintis, J., & Km10, K. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Fitur Instagram Dalam Meningkatkan Pertemanan Remaja SMA Negeri 1 Maros Di Era Digital . 08(02).

Iqlima Irwanti. (2024). ). Analisis Laporan Keuangan Menggunakan Metode Vertikal dan Metode Horizontal terhadap Kinerja Keuangan pada PT. XYZ Periode 2019 – 2023. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 2(3), 175–185.

Julyani, N. (2020). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN WADIAH PELAJAR BPRS ADAM BENGKULU DALAM MENINGKATKAN

NASABAH DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adam Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Jurnal, H., Asmar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al -Ma, L., Baturaja, A., Marita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al -Ma, Y., Baturaja Eka Joni Yansyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al -Ma, A., Baturaja Alamat, A., Mohammad Hatta No, J. , T. B., & Ogan Komering Ulu, K. (2023). Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Desa Pulau Panggung Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Tahun 2023. . 3(3).

Maulana Ibrahim, M., & Edi Irawan, R. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19. In Jurnal Representamen , 7(02).

Maulvi, H. R., Rizal, E., & Lusiana, E. (2023). Peran Media Sosial Bagi Humas Pemerintah. . Jurnal Komunikasi, 14(1), 92–101.

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By. U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. . MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Purwa, I. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MENUJU MASYARAKAT CERDAS BERPENGETAHUAN. MSIP, 2(1).

Rahmat, S., Nenggolan, P., & Ramli, E. (2023). EL-DARISA: Jurnal Pendidikan Islam IMPLEMENTASI PENILAIAN RANAH AFEKTIF BAGI GURU AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH HUBBUL BILAD TALANG MUANDAU.

Satria M, D., Zulfadli, Z., & Zuhri, A. (2023). The Role of Social Media in Increasing Political Literacy of Beginning Voters. Malikussaleh Social and Political Reviews. 4(2), 77.

Setiady, A., & Razali, G. (2023). The Role of Volunteers in Communication Strategies to Mitigate Residential Fires in Sector VII Setiabudi, South Jakarta City Peranan Relawan dalam Strategi Komunikasi untuk Menanggulangi Kebakaran Permukiman di Sektor VII Setiabudi Kota Jakarta Selatan. . In DIGICOMMTIVE : Journal of Communication Creative and Digital Culture, 1(1).

Subhah Nafsyah, A., Rahayu Maulidyah, S., Srirazki Nurlia, A., & Putri Adhyanti,(2022). ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BY.U SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI & KOMUNIKASI. . 2(2), 1– 11.

Talabessy, P. A. (2023). Hubungan Media Sosial Tiktok Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Va SDN 26 Kota Sorong (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong).

Titik, D., Agustina, D., Marta Prodi Manajemen, H., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). SOSIALISASI PROGRAM UNIVERSITAS BATAM KE SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) ISLAM NABILAH BATAM. JPIS, 1(2), 67–75.

Ultavia, A. B., Jannati, P., & Malahati, F. (2023). KUALITATIF : MEMAHAMI KARAKTERISTIK PENELITIAN SEBAGAI METODOLOGI. In Jurnal Pendidikan Dasar , 11(2).

Wardhana, A. A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). 

Yulianti, A., Nelis, A., Lubis, R., Oktaviani, A., Akbar, M., Novianti, I., & Hartono, T. (2023). PENGELOLAAN INFORMASI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI HUMAS SUSKA TV. 5(3).

Zidna Faojan Adim., & UIN Sunan Gunung Djati Bandung, M. (n.d.). Sosialisasi Kebijakan Pendidikan. In Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 2(2).