Representasi Feminisme Dalam Film Little Women (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

research
  • 19 Oct
  • 2024

Representasi Feminisme Dalam Film Little Women (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Film telah menjadi media yang kuat untuk menyampaikan pesan-pesan sosial dan budaya kepada masyarakat. Film sering kali menjadi wadah bagi ideologi dan perspektif gender, termasuk feminisme, untuk dipresentasikan dan diperdebatkan. Salah satu film yang menarik untuk dikaji dalam konteks ini adalah Little Women, sebuah adaptasi dari novel klasik karya Louisa May Alcott. Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi feminisme dalam film ini melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Fokus analisis adalah tanda-tanda dalam film, seperti dialog, adegan, dan simbol visual. Pendekatan Peirce melibatkan analisis representamen, objek, dan interpretant untuk memahami konsep feminisme yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 Scene pada film Little Women yang menampilkan makna feminisme, termasuk perjuangan untuk kesetaraan gender, kemandirian perempuan, dan kritik terhadap norma-norma patriarkal. Karakter Jo March menjadi simbol utama feminisme melalui tindakannya yang menantang peran tradisional perempuan dan mengejar aspirasinya. Kesimpulannya, film Little Women berhasil menyampaikan pesan-pesan feminisme secara mendalam dan kompleks, serta menunjukkan bagaimana film dapat menjadi alat efektif untuk menyuarakan isu-isu gender.

Kata Kunci: Feminisme, Semiotika, Representasi

Unduhan

 

REFERENSI

Aizid, R. (2024). Pengantar Feminisme. Anak Hebat Indonesia.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arya, P. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Intrans Publishing.

Ayomi, P. N. (2021). Gosip, Hoaks, dan Perempuan: Representasi dan Resepsi Khalayak Terhadap Film Pendek “Tilik.” https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2975/2/B07 Korespondensi   Rekam Tilik .pdf

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi. Zahir Publishing.

Fatimah. (2020). Semiotika dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). TallasaMedia.

Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indryani, I. I. (2021). Komunikasi Massa. CV. Penerbit Qiara Media.

Harinanda, S. A., & Junaidi, A. (2021). Representasi Feminisme Pada Film Disney Live-Action Mulan. Koneksi, 5(2), 269. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10299

Haryati. (2021). Membaca Film (Memaknai Representasi Etos Kerja Dari Film Melalui Analisis Semiotika). Bintang Pustaka Madani.

Ilaa, D. T. (2021). Feminisme dan Kebebasan Perempuan Indonesia dalam Filosofi. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 211–216. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.31115

Indriyani, R., & Rakhmawati, Y. (2018). Representasi Gender Tokoh Diana Dalam Film Wonder Woman. Semiotika, 12(2), 1–19. http://journal.ubm.ac.id/

Irman, I. A., Hairunnisa, & Alfando, J. (2021). Analisis Semiotika Dalam Film Parasite. Journal Ilmu Komunikasi, 9(3), 1–15.

Kanzulfikar, A. (2021). Representasi Kecantikan Dalam Ajang Miss Universe Tahun 2019. Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies, 1(2), 58–71. https://doi.org/10.24042/jwcs.v1i2.10642

Khairana, K., Lubis, M. W., Sazali, H., & Dalimunthe, M. A. (2022). Representasi Feminisme Pada Film Penyalin Cahaya Photochopier (Studi Kasus Keadilan Pada Pelaku Pelecehan Seksual) Kartika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 11438–11444.

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134. https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923

Milyane, T. M., Umiyati, H., Putri, D., Juliastuti, Akib, S., Daud, R. F., Dawami, Rosemary, R., Athalarik, F. M., Adiarsi, G. R., Puspitasari, M., Andi, Ramadhani, M. M., & Rochmansyah, E. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi (A. Masruroh (ed.)).

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). CV. Harfa Creative.

Pratista, H. (2020). Memahami Film (2nd ed.). Montase Press.

Purnama, N. C., Aritonang, A. I., & Wijayanti, C. A. (2021). Representasi Feminisme dalam Film Enola Holmes. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), 1–11.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Rustan, A., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Deepublish.

Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 93–119. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.17753

Silviani, I. (2019). Komunikasi Organisasi. PT. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=4DTeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=pengertian+komunikasi&ots=i1A8fEMsSR&sig=pH872pULxRyY6_a1063Z7Ll_zyo&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian komunikasi&f=false

Sugiarti, Andalas, E. F., & Bhakti, A. D. P. (2022). Representasi Maskulinitas Laki-laki dalam Cerita Rakyat Nusantara. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 181–196. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yustiana, M., & Junaedi, A. (2019). Representasi Feminisme dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Roland Barthes). Koneksi, 3(1), 118. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6154