STRATEGI KOMUNIKASI PADA AKUN TIKTOK @radar_bekasi DALAM MENYEBARKAN INFORMASI UNTUK MASYARAKAT BEKASI

research
  • 16 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PADA AKUN TIKTOK @radar_bekasi DALAM MENYEBARKAN INFORMASI UNTUK MASYARAKAT BEKASI

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna membuat video berdurasi 15-60 detik dengan berbagai fitur seperti musik, stiker, filter, dan efek kreatif lainnya. Melalui media sosial, individu dapat berpartisipasi, berbagi, dan mengekspresikan kreativitas mereka dengan cepat dan mudah. Media sosial memberikan informasi terbaru setiap hari untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, dan dapat berfungsi sebagai alat pengaruh atau kekuasaan. Akun TikTok @radar_bekasi dikenal karena konten beragamnya, seperti video viral, kompilasi, fakta-fakta, berita terkini, dan hiburan. Penelitian mengenai strategi komunikasi di akun TikTok @radar_bekasi melalui Teori Agenda Setting Maxwell McCombs dan Donald L. Shaw bertujuan untuk mengungkap bagaimana Radar Bekasi memanfaatkan TikTok untuk menciptakan konten informatif dan aktual dalam menyebarkan informasi untuk masyarakat Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun TikTok @radar_bekasi menggunakan strategi komunikasi yang efektif dalam mengenali sasaran komunikasi yang tepat, pemilihan media yang sesuai, dan pengkajian pesan yang jelas dan akurat yang didukung oleh wawancara berisi pernyataan dari beberapa informan.

Unduhan

 

REFERENSI

Akbar, A. (2019). Efektifitas Youtube sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi pada Serambi on TV). Efektifitas YouTube Sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi Pada Serambi on TV, 16(02), 1–112. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5845/4/Ali Akbar.pdf

 

Ananda, M. R. (2021). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 7(1), 578. https://doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019

 

Asfuri, N. B., Inda, M., Rika, Y. A., Luncana, F. S., & Harbono. (2023). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaki Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakramat Karanganyar. Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(1), 15–29.

 

Bahari, R. (2022). Efektivitas Konten Youtube Yantosrw Backpaker Sebagai Media Informasi Dan Pembelajaran Di Kalangan Mahasiswa Prodi Ilmu …. http://repository.uin-suska.ac.id/64757/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/64757/2/SKRIPSI ROBBY DWI BAHARI.pdf

 

Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Junral Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715–1718.

 

Effendy, E., Siregar, E. A., Fitri, P. C., & Damanik, I. A. S. (2023). Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4343–4349.

 

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

 

Faisal Bakti, A., & Meidasari, V. E. (2020). Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(1), 188–199.

 

Gantiano, H. E. (2020). Analisis Dampak Strategi Komunikasi Non Verbal. Dharma Duta, 17(2), 80–95. https://doi.org/10.33363/dd.v17i2.392

 

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

 

Jayanata, G. (2022). Dampak Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 Di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 1–79. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8366

 

Kharisna, D., Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2021). Pemanfaatan youtube sebagai sarana menyebarluaskan berita.

 

Komunikasi, J., Politik, I., Fitria, Z. R., Komunikasi, J., & Politik, I. (2024). Retorika Retorika. 7482, 114–135.

 

Lukitoyo, P. S., Pratiwi, D., Pandiangan, M., & Siregar, A. R. (2024). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan tentang Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Sejarah. 4, 5665–5676.

 

Mayangsari, M. S. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI RADAR BEKASI SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK MELALUI PRMANFAATAN MEDIA SOSIAL. https://elibrary.bsi.ac.id/skripsi/E24420230055I11/strategi-komunikasi-radar-bekasi-sebagai-media-informasi-publik-melalui-prmanfaatan-media-sosial

 

Muqoffa, A. N. F., Mawar, M., & Serikandi, N. (2022). Manfaat Sosial Media dalam E-Government di Indonesia. Jurnal JISPENDIORA, 1(3), 34–41.

 

Novita Sari, M., & Jalwis, J. (2023). Nilai Dakwah dalam Parno Adat Turun Mandi di Desa Mukai Mudik Kecamatan Siulak Mukai. Journal of Da’wah, 2(1), 83–99. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2597

 

Pratama, J. (2019). Strategi Komunikasi Departemen KomunikasiPerusahaan Dan Promosi Pt DirgantaraIndonesia (Persero).

 

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

 

Radarbekasi.id. (2023). redaksi. https://radarbekasi.id/redaksi/

 

Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248

 

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (Aidil Amin Effendy (ed.); 1st ed.). Cipta Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Ntw_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&ots=f3mKbLMx8B&sig=toykR3Pifu0aGTPOIp34HwW5ql8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

 

Safitri, R., Alfira, N., Tamitiadini, D., Febriani,  nufian s, & Dewi,  wayan weda asmara. (2021). Analisis sesntimen: metode alternatif penelitian big data (1st ed.). UB Press. https://play.google.com/store/books/details?id=TVdmEAAAQBAJ

 

Saide, S. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI COACHING CLINIC SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) DALAM PENCAPAIAN HASIL MUSRENBANG DI KANTOR BAPPELITBANGDA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. 1, 4–6.

 

Silviani, D. I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Intregrated Marketing Communication(IMC) (D. I. Silviani (ed.); 1st ed.). Scopindo Media Pustaka. https://play.google.com/books/reader?id=CTFAEAAAQBAJ&pg=GBS.PR2&hl=id

 

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

 

Sulistiyo, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (R. Much (ed.); p. 117). PT Salim Media Indonesia, 2023. https://books.google.co.id/books?id=nJm8EAAAQBAJ&pg=PA83&source=gbs_selected_pages&cad=1#v=onepage&q&f=false

 

Sumarni, Y., & Darwis, Y. (2024). Pelaksanaan Pelayanan Pemerintah Nagari dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat ( Studi kasus pelayanan informasi Pemerintah nagari alahan nan tigo , kecamatan Asam Jujuhan , Dharmasraya ). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 01(03), 338–347. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jiksp/article/view/654

 

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

 

Zaini Miftach. (2020). PENGARUH AKUN INSTAGRAM @NU.CHANNELS TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PARA PENGIKUTNYA. November, 53–54.

 

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2019). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Metode Penelitian. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://www.researchgate.net/profile/Cut-Zellatifanny/publication/332168438_TIPE_PENELITIAN_DESKRIPSI_DALAM_ILMU_KOMUNIKASI/links/5f8ea114a6fdccfd7b6e9d1a/TIPE-PENELITIAN-DESKRIPSI-DALAM-ILMU-KOMUNIKASI.pdf