YouTube adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, berbagi, dan membuat video yang dapat diakses oleh banyak orang. Food vlogger adalah individu yang menggunakan platform video media sosial untuk berbagi pengalaman kuliner mereka serta menunjukkan keterampilan memasak dan kreativitas melalui video. Salah satu food vlogger terkenal di Indonesia adalah Ria Sukma Wijaya. Ria telah mengulas berbagai jenis makanan, baik lokal maupun internasional. Penelitian visual konten YouTube Ria SW melalui pendekatan semiotika Roland Barthes mengungkap bagaimana Ria SW memanfaatkan YouTube untuk menciptakan konten positif yang sarat dengan makna yang disampaikan melalui berbagai simbol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahwa objek dalam konten visual Ria SW tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga berkomunikasi melalui sistem tanda denotasi dan konotasi pada saluran YouTube-nya, dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotik. Melalui pendekatan ini, peneliti mengungkapkan realitas struktur tanda denotasi, konotasi, dan mitos terhadap pembentukan makna dalam video “Get Lost In Kichijoji” pada kanal YouTube food vlogger Ria SW.
Cover Skripsi
Full Skripsi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Amalia, T. W., & Satvikadewi, A. A. I. P. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad (Analisis Visual pada Akun Youtube @Arif Muhammad). Representamen, 6(01).
https://doi.org/10.30996/representamen.v6i01.3519
Andhita, P. R. (2021). Komunikasi Visual, Volume 1 (M. Fahmi (ed.); 1st ed.). Zahira Media Publisher. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ico5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=info:16u_bVh_HGIJ:scholar.google.com/&ots=326kB0KlHF&sig=7vABew2s39S_Hz2lbCq8tvOnhr4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Aprilia, S., Murdiati, E., Duku, S., & Anwar, S. (2021). Pola Komunikasi Bahasa Youtuber dalam Konten Video Blog ( Vlog ) Kanal Ria SW. 10(2), 355–364.
Asfar, I. T. (2019). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5 No. 9(127), 14–18. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administasi Kemennterian Agama RI. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 267–285. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i3.2615
Astuti, W. (2023). Analisis Perubahan gaya Kepemimpinan Atas Motivasi Kerja Karyawan di Klinik Miracle. Skripsi STIE Indonesia, 16–22. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Bahri, N. F. (2020). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Masjid Keraton Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Jurnal Rupa, 4(2), 121. https://doi.org/10.25124/rupa.v4i2.2314
Damayanti, R. (2019). Gaya Bahasa Dalam Wacana Iklan Produk Kosmetik Di Facebook. Sarasvati, 1(1). https://doi.org/10.30742/sv.v1i1.659
Delliana, S., & Pratiwi, N. (2022). Pengaruh Konten Food Vlog Di Akun Youtube Ria Sw Terhadap Perilaku Konsumtif Subscriber. Jurnal Komunikatio, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30997/jk.v8i1.5558
Hikmah, J. (2020). Paradigm. Computer Graphics Forum, 39(1), 672–673. https://doi.org/10.1111/cgf.13898
Irawan, K. A., Triana, L., & Riyanto, A. (2024). Jargon Food Vlogger Pada Chanel Youtube Nex Carlos , Hobby Makan , Kubiler dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. 8, 4392–4397.
Kiagun, E. S., & Widiasanty, G. (2023). Pengaruh Konten Food Vlogger Channel Youtube Farida Nurhan Terhadap Minat Berwisata Kuliner. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 2(2), 138–159. https://doi.org/10.55047/jekombital.v2i2.573
Lukman Hakim, & Oktavia Monalisa. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Pocari Sweat Versi Ramadhan 1442 H. Mediakita, 6(2), 133–146. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.451
Muhammad Ramdhan. (2021). METODE PENELITIAN (A. A. Effendy (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara (CMN).
https://play.google.com/store/books/details?id=Ntw_EAAAQBAJ
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nisa, C., & Roita Sinaga. (2023). Analisis semiotika roland barthes terhadap nilai nasionalisme dalam novel titik nadir karya windy joana 1. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3, 4–8. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9139/4772
Nurdin, N. (2021). Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Busana Rimpu Wanita Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 699–707. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2670
Pratama, S., & Hermanu, D. H. (2023). Pengaruh Konten Video Youtube Den Dimas Terhadap Pembentukan Sikap sosial Remaja. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 7(2), 34. https://doi.org/10.33376/ik.v7i2.2069
Rosyidah, A., Hasanudin, C., & Marzuki, I. (2023). Pemanfaatan Media YouTube untuk Pembelajaran Mendongeng Era Digital. 2(1), 8–15. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/3288/736
Septiwi Rinjiani, Ballian Siregar, A. F. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PEMAKNAAN PELECEHAN SEKSUAL DALAM FILM SPOTLIGHT. 5 no 2. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v5i2.4740
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Alfabeta bandung.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DI KALANGAN PELAJAR. 5(1), 14–21.
Yulianti Devi, Andi Windah, D. M. (2019). PENINGKATAN KAPASITAS DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEREMPUAN PKK (PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) MELALUI PENCIPTAAN USAHA STRATEGIS BERBASIS POTENSI DAERAH (STUDI PADA KELOMPOK PEREMPUAN PKK DESA SUKAJAYA LEMPASING KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWAR. http://repository.lppm.unila.ac.id/16950/
Anggraini, R. (2021, november 28). Beautynesia. From 4 Perjalanan Karier Ria SW yang Inspiratif, Food Vlogger yang Bercita-cita Jadi Sutradara: https://www.beautynesia.id/life/4-perjalanan-karier-ria-sw-yang-inspiratif-food-vlogger-yang-bercita-cita-jadi-sutradara/b-242537
pratama, G. p. (2021, juli 06). Pemerintah provinsi Bali - Dinas pendidikan kepemudaan dan olahraga SLB NEGERI 1 KARANGASEM . From YouTube itu apa sih?: https://slbn1karangasem.baliprov.go.id/youtube-itu-apa-sih/#:~:text=YouTube%20merupakan%20platform%20untuk%20menonton,Steve%20Chen%2C%20dan%20Jawed%20Karim
a. Komunikasi Unitri. (2021, November 15). “Teori Semiotika Roland Barthes | Komunikasi Unitri”. https://youtu.be/D8zhkR6AcHs?si=YbfdMu0OHD7-JTBM
b. Draw My Life Indonesia. (2020, February 6). “RIA SW - DRAW MY LIFE INDONESIA”. https://youtu.be/XiO6HNcnuqQ?si=YWCG_uEVXyq705Cg