Analisis Visual Konten Pada Kanal YouTube Food Vlogger Ria SW

research
  • 16 Oct
  • 2024

Analisis Visual Konten Pada Kanal YouTube Food Vlogger Ria SW

YouTube adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, berbagi, dan membuat video yang dapat diakses oleh banyak orang. Food vlogger adalah individu yang menggunakan platform video media sosial untuk berbagi pengalaman kuliner mereka serta menunjukkan keterampilan memasak dan kreativitas melalui video. Salah satu food vlogger terkenal di Indonesia adalah Ria Sukma Wijaya. Ria telah mengulas berbagai jenis makanan, baik lokal maupun internasional. Penelitian visual konten YouTube Ria SW melalui pendekatan semiotika Roland Barthes mengungkap bagaimana Ria SW memanfaatkan YouTube untuk menciptakan konten positif yang sarat dengan makna yang disampaikan melalui berbagai simbol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahwa objek dalam konten visual Ria SW tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga berkomunikasi melalui sistem tanda denotasi dan konotasi pada saluran YouTube-nya, dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotik. Melalui pendekatan ini, peneliti mengungkapkan realitas struktur tanda denotasi, konotasi, dan mitos terhadap pembentukan makna dalam video “Get Lost In Kichijoji” pada kanal YouTube food vlogger Ria SW.

Unduhan

 

REFERENSI

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

 

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

 

Amalia, T. W., & Satvikadewi, A. A. I. P. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad (Analisis Visual pada Akun Youtube @Arif Muhammad). Representamen, 6(01).

https://doi.org/10.30996/representamen.v6i01.3519

 

Andhita, P. R. (2021). Komunikasi Visual, Volume 1 (M. Fahmi (ed.); 1st ed.). Zahira Media Publisher. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ico5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=info:16u_bVh_HGIJ:scholar.google.com/&ots=326kB0KlHF&sig=7vABew2s39S_Hz2lbCq8tvOnhr4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

 

Aprilia, S., Murdiati, E., Duku, S., & Anwar, S. (2021). Pola Komunikasi Bahasa Youtuber dalam Konten Video Blog ( Vlog ) Kanal Ria SW. 10(2), 355–364.

 

Asfar, I. T. (2019). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5 No. 9(127), 14–18. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

 

Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administasi Kemennterian Agama RI. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 267–285. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i3.2615

 

Astuti, W. (2023). Analisis Perubahan gaya Kepemimpinan Atas Motivasi Kerja Karyawan di Klinik Miracle. Skripsi STIE Indonesia, 16–22. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

 

Bahri, N. F. (2020). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Masjid Keraton Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Jurnal Rupa, 4(2), 121. https://doi.org/10.25124/rupa.v4i2.2314

 

Damayanti, R. (2019). Gaya Bahasa Dalam Wacana Iklan Produk Kosmetik Di Facebook. Sarasvati, 1(1). https://doi.org/10.30742/sv.v1i1.659

 

Delliana, S., & Pratiwi, N. (2022). Pengaruh Konten Food Vlog Di Akun Youtube Ria Sw Terhadap Perilaku Konsumtif Subscriber. Jurnal Komunikatio, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30997/jk.v8i1.5558

 

Hikmah, J. (2020). Paradigm. Computer Graphics Forum, 39(1), 672–673. https://doi.org/10.1111/cgf.13898

 

Irawan, K. A., Triana, L., & Riyanto, A. (2024). Jargon Food Vlogger Pada Chanel Youtube Nex Carlos , Hobby Makan , Kubiler dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. 8, 4392–4397.

 

Kiagun, E. S., & Widiasanty, G. (2023). Pengaruh Konten Food Vlogger Channel Youtube Farida Nurhan Terhadap Minat Berwisata Kuliner. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 2(2), 138–159. https://doi.org/10.55047/jekombital.v2i2.573

 

Lukman Hakim, & Oktavia Monalisa. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Pocari Sweat Versi Ramadhan 1442 H. Mediakita, 6(2), 133–146. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.451

 

Muhammad Ramdhan. (2021). METODE PENELITIAN (A. A. Effendy (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara (CMN).

https://play.google.com/store/books/details?id=Ntw_EAAAQBAJ

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

 

Nisa, C., & Roita Sinaga. (2023). Analisis semiotika roland barthes terhadap nilai nasionalisme dalam novel titik nadir karya windy joana 1. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3, 4–8. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9139/4772

 

Nurdin, N. (2021). Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Busana Rimpu Wanita Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 699–707. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2670

 

Pratama, S., & Hermanu, D. H. (2023). Pengaruh Konten Video Youtube Den Dimas Terhadap Pembentukan Sikap sosial Remaja. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 7(2), 34. https://doi.org/10.33376/ik.v7i2.2069

 

Rosyidah, A., Hasanudin, C., & Marzuki, I. (2023). Pemanfaatan Media YouTube untuk Pembelajaran Mendongeng Era Digital. 2(1), 8–15. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/3288/736

 

Septiwi Rinjiani, Ballian Siregar, A. F. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PEMAKNAAN PELECEHAN SEKSUAL DALAM FILM SPOTLIGHT. 5 no 2. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v5i2.4740

 

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Alfabeta bandung.

 

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

 

Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DI KALANGAN PELAJAR. 5(1), 14–21.

 

Yulianti Devi, Andi Windah, D. M. (2019). PENINGKATAN KAPASITAS DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEREMPUAN PKK (PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA) MELALUI PENCIPTAAN USAHA STRATEGIS BERBASIS POTENSI DAERAH (STUDI PADA KELOMPOK PEREMPUAN PKK DESA SUKAJAYA LEMPASING KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWAR. http://repository.lppm.unila.ac.id/16950/

 

 

  1. Artikel Internet :

Anggraini, R. (2021, november 28). Beautynesia. From 4 Perjalanan Karier Ria SW yang Inspiratif, Food Vlogger yang Bercita-cita Jadi Sutradara: https://www.beautynesia.id/life/4-perjalanan-karier-ria-sw-yang-inspiratif-food-vlogger-yang-bercita-cita-jadi-sutradara/b-242537

 

pratama, G. p. (2021, juli 06). Pemerintah provinsi Bali - Dinas pendidikan kepemudaan dan olahraga SLB NEGERI 1 KARANGASEM . From YouTube itu apa sih?: https://slbn1karangasem.baliprov.go.id/youtube-itu-apa-sih/#:~:text=YouTube%20merupakan%20platform%20untuk%20menonton,Steve%20Chen%2C%20dan%20Jawed%20Karim

 

  1. Situs YouTube

a. Komunikasi Unitri. (2021, November 15). “Teori Semiotika Roland Barthes | Komunikasi Unitri”. https://youtu.be/D8zhkR6AcHs?si=YbfdMu0OHD7-JTBM

b. Draw My Life Indonesia. (2020, February 6). “RIA SW - DRAW MY LIFE INDONESIA”. https://youtu.be/XiO6HNcnuqQ?si=YWCG_uEVXyq705Cg