PERANAN PUBLIC RELATIONS OFFICER DALAM REBRANDING SIN PO TV UNTUK MEMBANGUN NEW IMAGE

research
  • 16 Oct
  • 2024

PERANAN PUBLIC RELATIONS OFFICER DALAM REBRANDING SIN PO TV UNTUK MEMBANGUN NEW IMAGE

Industri pertelevisian di Indonesia menghadapi persaingan ketat, mendorong stasiun televisi untuk terus berinovasi guna mempertahankan relevansi dan daya tariknya, salah satunya melalui rebranding. Penelitian ini mengkaji peran Public Relations Officer(PRO) dalam proses rebranding Sin Po TV untuk membangun new image yang lebih modern dan relevan. Sin Po TV, yang sebelumnya dikenal sebagai stasiun televisi dengan konten formal dan kurang menarik, berupaya merubah citra dengan mengganti nama program, merancang ulang program, dan meluncurkan kembali dengan tampilan lebih segar. PRO memegang peran kunci dalam strategi komunikasi ini, memastikan perubahan citra tersampaikan efektif kepada publik. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Sin Po TV, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa PRO penasehat ahli membantu manajemen Sin PO TV dalam memberikan masukkan dan ide mengenai strategi komunikasi rebranding perusahaan. Peran sebagai fasilitator komnunkasi dengan mengkomunikasikan rebranding kepada karyawan dan publik eksternal melalui media sosial dan website. Berperan sebagai pemecah masalah dengan mengevaluasi permasalahan. Dan berperan sebagi teknisi komunikasi dengan merancang isi pesan bagi publik internal dan eksternal.

Kata kunci: Public Relations Officer, rebranding, new image, Sin Po TV

Unduhan

 

  • Skripsi Shelly Julyana Cantika .pdf

    PERANAN PUBLIC RELATIONS OFFICER DALAM REBRANDING SIN PO TV UNTUK MEMBANGUN NEW IMAGE

    •   diunduh 33x | Ukuran 2,556,985

REFERENSI

Abadi, M. T. D., & Maharani, S. (2021). Manajemen Humas Rebranding Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ‘Aisyiyah Yogyakarta Menjadi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 15(1), 83–98. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.10049

Abdussamad, Z. (2021). METODE PENELITIAN KUALITATIF. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). Syakir Media Press. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Aditianingrum, A. K., & Adnan, R. (2023, April). Popularitas dan Komodifikasi Konten Televisi di Era Digital. Jurnal Analisa Sosiologi, 12(2), 284-309.

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. 1, 173–186.

Anggraini, C., & Setyanto, Y. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia, 3(2), 408. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6373

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Hanafiah, F. P., & Deskriptif, K. (2023). Rebranding bank kb bukopin dalam membangun brand image perusahaan. 17, 1216–1232.

Darmawan, I. H., Widjaja, F., Billy, I., & Kamil, I. (2024). Design Rebranding Cobek Bakar Surabaya. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(3), 62–65. https://doi.org/10.59837/e5hx4p33

Fikri Akbar, M., Evadianti, Y., & Asniar, I. (2021). Public relations. In Radiology (Vol. 244, Issue 2). Penerbita Ikatan Guru Indonesai (IGI) DIY. https://doi.org/10.1148/radiol.2442062077

Gosal, C. C., Ariyanto, H., Arini, B. D., Visual, D. K., Seni, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2020). PERANCANGAN REBRANDING PRODUK FASHION ECOPRINT RERAMBAN.

Indrajati, S. F., & Ruliana, P. (2020). Strategi Program Acara the Newsroom Dalam Meningkatkan Rating Program. Medium, 8(1), 66–77. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4841

Lagautu, J., Soegoto, A. S., & Sepang, J. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Matahari Department Store Mantos. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 751–760. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/22546

Levryn, P. K., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Di SPNF SKB Tarakan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1849. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1849-1860.2022

Maulidia, R. (2020). PERAN HUMAS PEMERINTAH SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PUBLIK (STUDI PADA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH KOTA BOGOR). 9–17.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Kukuh Masgumelar, N., Dyah Lestariningsih, N., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Arya Hutama, H., Jerison Boru, M., Fachrozi, I., Isaci Selestiano Rodriquez, E., Bayu Prasetyo, T., & Romadhana, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF,DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN OLAHRAGA. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1). Insight Mediatama.

Mutmainnah, N., Eriyanto, Triwibowo, W., & Salamah, U. (2020). Riset Khalayak Penonton Televisi: Pandangan Generasi Z tentang TVRI. TVRI. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SOSIAL POLITIK FISIP UI.

Nopita Sari, Mila Wahyuni, & Eka M. Taufani. (2019). Strategi Hubungan Masyarakat Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Jambi dalam Mempromosikan Program Acara. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 4(2), 189–216. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v4i2.38

Oslan, M. C., Tanudjaja, B. B., Kurniawan, D., Usaha, K., & Kecil, M. (2020). Perancangan Rebranding Rumah Wadai Pengertian Branding dan Rebranding. Jurnal DKV Adiwarna, 01(14), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8593%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/8593/7762

Patrisia, M., & Nugrahani, R. U. (2021). PENGARUH REBRANDING TERHADAP BRAND IMAGE PIXY THE EFFECT OF REBRANDING TO THE BRAND AIMAGE OF PIXY.

Pratama, M. A. A., Bastian, Y., Wulandari, Y. F., Murtiadi, M., & Caesariano, L. (2022). Rebranding Dalam Industri Media (Studi Kasus iNews TV). Jurnal Media Penyiaran, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.31294/jmp.v2i1.1158

Putri, D. R. L., Cahyani, A. N., Masturo, A. H., Haqiqi, A., & Jannah, N. M. (2022). Pendampingan dan Pengembangan UMKM di Kelurahan Kepanjenlor melalui Re-Branding. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 195–204.

Rahastine, M. P. (2019). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan Indonesia Dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta. EJournal Komunikasi, 12(1), 85–90.

Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (Iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4203

Rahmani, T. F., & Hidayat, D. (2024). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melakukan Rebranding Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam. 11(1), 73–80.

Rizki, M. F. (2020). Peranan Public Relations dalam Rebranding TVRI untuk Membentuk New Image. Jurnal Komunikasi Global, 8(2), 134–150. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i2.14931

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68. www.researchgate.net

Rumijati, A., Asfiah, N., & Ramadhani Fuadiputra, I. (2021). REBRANDING UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH PRODUK DI KELOMPOK USAHA MIKRO OLAHAN SUSU PADA IKATAN PENGUSAHA ‘AISYIYAH (IPAS). 03(01), 54–61.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sariswara, V. (2022). Strategi Rebranding Melalui Marketing Public Relation Pada Radio Musik Gen 98, 7 Fm. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 28, 701–710. http://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/6440%0Ahttp://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/viewFile/6440/3520

Sarosa, S. (2021). ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF. Anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia). https://books.google.co.id/books?id=YY9LEAAAQBAJ&dq=analisis+data+kualitatif+adalah&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.

Silviani, I. (2020). PUBLIC RELATIONS SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI KRISIS. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books/about/PUBLIC_RELATIONS_SEBAGAI_SOLUSI_KOMUNIKA.html?id=OyrbDwAAQBAJ&redir_esc=y

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Syamsu Lubis, A. (2019). Strategi Komunikasi Kitabisa. Vembria Rose Handayani1, Nindya Putri Pratama, 7(2), 28–35.

Tannaz, D., & Setyo Utami, L. S. (2019). Strategi Rebranding Citra pada Figur Publik (Studi pada Aktor Tio Pakusadewo). Prologia, 3(2), 498. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6397

Triana, C. C., Yulianti, A., Nuraeni, L. A., & Sayyidah, A. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Seorang Public relation dalam Berkomunikasi. Cebong Journal, 1(2), 34–40. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i2.13

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.