Mengingat pentingnya teknologi informasi dalam sebuah pemesanan, khususnya pemesanan backdrop secara online, penulis melakukan observasi pada salah satu platform yang cukup populer pada saat ini yaitu Ikk Wedding. Saat ini, dalam pemesanan backdrop masih sangat menyulitkan bagi customer dikarenakan minimnya informasi yang dapat dijadikan acuan dalam pemilihan backdrop yang menarik dan sesuai dengan biaya yang dimiliki oleh customer. Masalah lain yang sering terjadi adalah customer harus mendatangi beberapa vendor backdrop untuk menanyakan harga penyewaan backdrop dan melihat contoh desain backdropnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis akan membuat sebuah program pemesanan backdrop berbasis web yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi customer dalam mencari informasi terkait pemesanan backdrop. Penelitian ini bertujuan untuk dapat membantu pemilik usaha dalam pencatatan penyewaan backdrop, memperluas area promosi dalam penyewaan backdrop dan mempermudah dalam proses pemesanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan perangkat lunak dengan model waterfall dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Ruang lingkup penelitian ini meliputi front end dan back end.
Full Text
Bambang Sumantri, R. B., & Mahardika, F. (2020). Perancangan Basis Data Sistem Informasi Penjualan Barang (Studi Kasus: Minimarket “ABC” Sidareja). Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i1.16
Hartati, E. (2022). Sistem Informasi Transaksi Gudang Berbasis Website Pada Cv. Asyura. Klik - Jurnal Ilmu Komputer, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.56869/klik.v3i1.323
Hartiwati, E. N. (2022). Aplikasi Inventori Barang Menggunakan Java Dengan Phpmyadmin. Cross-Border, 5(1), 601–610.
Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Permatasari, H. P. (2022). Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108
Permana, R., Diana, S., & Yaurike, I. (2024). Implementasi Waterfall Method Pada Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Barang PT Vanilys Indo Patriot Jakarta. IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31294/imtechno.v5i1.2067
Ritonga, A., & Yahfizham Yahfizham. (2023). Studi Literatur Perbandingan Bahasa Pemrograman C++ dan Bahasa Pemrograman Python pada Algoritma Pemrograman. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(3), 56–63. https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i3.2863
Sastradipraja, C. K., & Munawar, Z. (2022). Konsep Dasar Teknologi Web (Hanhan Hanafiah Solihin (ed.)). Kaizen Media Publishing.
Satriyadi, A., & Amalia, R. (2023). Perancangan Sistem Inventory Barang Berbasis Web Pada Gudang (Studi Kasus Toko Manasikana). OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, Vol.2(1), 94–100.
Sugiharto, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Katalog Barang Elektronik Berbasis Android Menggunakan Unity 3D. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 6(1), 179–188. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i1.284
Usman, M. (2019). Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada PT. Ateja Multi Industri). Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10, 2.
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1– 5.