Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Website Komunitas Literasi Kesehatan (Literalife)

research
  • 15 Oct
  • 2024

Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Website Komunitas Literasi Kesehatan (Literalife)

Kegiatan literasi sangat penting dalam meningkatkan wawasan masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa, terutama dalam menjaga pola hidup sehat melalui literasi kesehatan. Indonesia didominasi oleh generasi milenial yang kreatif, produktif, dan berintensitas tinggi dalam penggunaan teknologi digital, sehingga pendekatan kesehatan masyarakat berbasis teknologi menjadi sangat relevan. Tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) dalam aplikasi kesehatan sangat penting untuk menciptakan produk digital yang efektif. Peneliti mengembangkan proyek komunitas literasi kesehatan melalui pendekatan Design Thinking, dimulai dengan riset mendalam dan merancang antarmuka pengguna yang menarik dan fungsional. Tujuan proyek ini adalah memberdayakan komunitas kesehatan dengan menyediakan akses literasi kesehatan dan fasilitas diskusi interaktif. Metodologi Design Thinking meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test untuk memahami pengguna dan masalah mereka serta mengembangkan solusi yang relevan. Dengan menghasilkan perancangan Design pada sebuah website yang memfasilitasi jurnal kesehatan, diskusi, dan interaksi pengguna, meningkatkan efisiensi dan kenyamanan komunitas online dalam berbagi pengetahuan kesehatan.

Unduhan

 

  • file_cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 16x | Ukuran 46,209

REFERENSI

Akbar, M. L., Usman, A., & Budiman, A. (2023). Rancang Bangun Desain Ui/Ux Pada
Pembuatan Startup Aplikasi Selfcare Berbasis Website. Jurnal Ilmu Komputer
…, 2, 158–172.
Alfan, M. M., & Wahjuni, E. S. (2020). Hubungan Literasi Kesehatan Dengan
Kebiasaan Perilaku Sehat Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri
Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 133–137.
Angela, L., & Erandaru, E. (2022). STUDI PERBANDINGAN TEORI DAN
PRAKTEK PROSES PERANCANGAN UI/UX di ARYANNA. Jurnal DKV
Adiwarna, 1, 10.
Ardiansyah, M. F., & Rosyani, P. (2023). Perancangan Ui / Ux Aplikasi Banten Online
Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan,
1(4), 166–177.
Arisa, N. N., Fahri, M., Putera, M. I. A., & Putra, M. G. L. (2023). Perancangan
Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking.
Teknika, 12(1), 18–26. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.549
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan
Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi
Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714
Hasbi. (2020). Memahami Cara Kerja Design Thinking. JurnalPost.
https://jurnalpost.com/memahami-cara-kerja-design-thinking/10503/
Ifroh, R. H., & Ervina, L. (2022). Sosialisasi Teknik Pemberdayaan Masyarakat
Bidang Kesehatan Pada Kaum Muda Berbasis Literasi Digital. LOGISTA - Jurnal
Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 86.
https://doi.org/10.25077/logista.6.1.86-90.2022
Pristantiningdiah, R. (2020). Perancangan User Experience Aplikasi E-health
Pelayanan Kesehatan Dan Kecantikan Dengan Metode Lean UX Dan Usability
Testing (Studi Kasus: Klinik Dr. Riris). In Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55248
Purwanto, D., & Utomo, F. S. (2024). Implementasi Metode Design Thinking dalam
Proses Perancangan Desain UI / UX Aplikasi “ Rumah Tani .” 01(01), 41–50.
Putri, S. A., Sari, D. I., Marzuki, K., & Taryana, A. (2022). Penerapan Design Thinking
Eco-Boba dalam Pemanfaatan Limbah Cacahan Plastik dan Kemasan Paket Ecommerce. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review,
3(2), 71–81. https://doi.org/10.37195/jtebr.v3i2.80
144
Ridwansyah, A. R., Dinata, C., Savitri, N., Rahmawati, N., Herdiana, N., & Rahman,
A. (2022). Perancangan UI / UX Pada Aplikasi V Menggunakan Metode Design
Thinking. MDP Student Conference 2022, 1(1), 504–511.
Rizma, A., Putri, R., & Indriyanti, A. D. (2023). Evaluasi Usability User Interface dan
User Experience pada Aplikasi M . Tix dengan Metode Usability Testing ( UT )
dan System Usability Scale ( SUS ). Journal of Emerging Information Systems
and Business Intelligence Universitas Negeri Surabaya, 04(02), 21–32.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/51791
Salsabila, D. P., Pradini, R. S., Khudori, A. N., Apu, C., Biahdilah, A., & Septiana, Y.
(2024). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Klinik Gigi
Menggunakan Metode Design Thinking Pertumbuhan teknologi untuk mengelola
layanan dan rekam memuaskan pelayanan bagi pasien yang informasi saat ini
memberikan dampak yang begitu pesat kepa. 14(1), 61–71.
Saputra, D., & Kania, R. (2022). Implementasi Design Thinking untuk User
Experience Pada Penggunaan Aplikasi Digital. Relawan Jurnal Indonesia,
13(01), 174–178.
Setyawan, dodiet aditya. (2021). Tahta Media Group v.penelitian.
Studio animasi. (2024). Infinite Frameworks Studios. Google Maps.
https://www.google.com/maps/place/Infinite+Frameworks+Studios/@1.186604
6,104.096717,17z/data=!4m6!3m5!1s0x31da27e2d49ca1fd:0xd608a06b37beeaf
!8m2!3d1.1865992!4d104.0992919!16s%2Fg%2F1pzrv1p0h?entry=ttu
Tim Microcredential Kemendikbud. (2021). Panduan Singkat Magang dan Studi
Independen Bersertifikat Untuk Mahasiswa. Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia, 1–29. https://drive.google.com/file/d/1WyMBoQqUnZNShNwnIao5aBA42PF0RYF/view
Trianggoro, T. B., & Wahjuni, E. S. (2020). Survei Literasi Kesehatan Pada
Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan
Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 205–209.
Zahra’s team. (2024a). Opinion Scale. Maze. https://app.maze.co/projects/235295746/
mazes/235302320/results?tab=results
Zahra’s team. (2024b). Prototype Test. Maze. https://app.maze.co/projects/
235295746/mazes/235302320/results?tab=result